Jenis Jenis Kegiatan Pramuka Berbagai Tingkatan

Posted on

Sedangkan kumpulan dari beberapa nama barung disebut dengan nama perindukan. Pemimpin  barung utama disebut dengan Sulung, yang mana juga menjadi pemimpin di perindukan.

  1. Tingkat Pramuka Penggalang

Dalam tingkatan pramuka penggalang anggotanya berusia mulai dari usia 11 hingga 15 tahun.



Disebut dengan pramuka penggalang karena merujuk pada istilah penggalangan perjuangan rakyat Indonesia untuk mempersatukan diri dalam memperjuangkan kemerdekan Republik Indonesia.

Dalam tingkatan pramuka penggalang juga dibagi menjadi 3 tigkatan yaitu ramu, rakit, dan terap.

Satuan terkecil dari tingkat gerakan pramuka penggalang disebut dengan nama regu. Dalam satu regu terdiri dari 5 (lima) hingga 10 (sepuluh) anggota penggalang, yang mana terdiri dari anggota regu dan pemimpin regu atau pinru. Sedangkan satuan dari beberapa regu disebut dengan pasukan. Pemimpin regu juga memiliki pemimpi regu utama yang disebut pratama.

Baca juga: Program Tahunan Dan Program Semester Guru SD

  1. Tingkat Pramuka Penegak

Tingkatan pramuka penegak adalah tingkatan pramuka yang anggotanya terdiri dari rentan usia 16 hingga 19 tahun. Disebut dengan pramuka penegak karena merujuk pada istilah penegakkan kemerdekaan Indonesia.

Dalam tingkatan pramuka penegak juga dibagi mejadi dua tingkatan yaitu penegak bintara dan penegak laksana.

Satuan terkecil dari gerakan pramuka penegak disebut nama sangga. Dalam satu sangga terdiri dari 7 (tujuh) atau 10 (sepuluh) anggota pramuka penegak. Setiap sangga dipimipin oleh seorang pemimpi yang disebut pemimpi sangga. Pemimpin sangga juga disebut pemimpin sangga utama atau pradana. Pradana ini juga bertugas untuk memimpin sebuah ambalan.

  1. Tingkat Pramuka Pandega

Tingkatan pramuka yang terakhir adalah tingkat pramuka pandega.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *