Jenis Jenis Kegiatan Pramuka Berbagai Tingkatan

Posted on



  • Perkemahan

Perkemahan pramuka merupakan salah satu bentuk kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan di luar ruangan atau out door dengan menginap.

  • Penjelajahan

Penjalahan ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan pada gerakan pramuka tingkat penggalang. Dalam setiap jenjang atau tingkatan disedikan medan penjelajahan yang berbeda – beda.

Penjelajahan dilakukan di alam terbuka dengan cara beregu atau mandiri. Saat melakukan kegiatan penjelajahan anggota pramuka menggunakan kompas dan peta sebagai petunjuk, serta melakukan beberapa praktek atau tantangan yang harus dilalui dalam perjalanan penjelajahan.

Kegiatan penjelajahan ini dibuat agar anggota pramuka tidak mengalami kesulitan dan lebih siap menghadapi alam terbuka untuk bertahan hidup.

Baca juga: Materi MPLS SMP SMA Tahun 2021-2022

  1. Pertemuan untuk Pramuka Penegak

Kegiatan atau pertemuan yang diikuti oleh anggota gerakan Pramuka Penegak.



  • Raimuna

Raimuna merupakan kegiatan pramuka yang diikuti oleh anggota pramuka tingkat penegak dan pandega dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka, seperti Raimuna Ranting, Raimuna Cabang, Raimuna Daerah, dan Raimuna Nasional. Raimuna berasal dari dua kata yaitu “Rai” dan “Muna” yang artinya adalah pertemuan antara ketua suku dalam suatu forum yang menghasilkan suatu tujuan suci untuk kepentingan bersama.

  • Gladian Pimpinan Satuan

Merupakan kegiatan pramuka yang diikuti oleh anggota gerakan pramuka pada tingkat penegak dan pandega yang diselenggarakan gugus depan, kwatir ranting, atau kwartir cabang. DinPinSat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dalam bidang managerial dan leader ship.

  • Perkemahan

Perkemahan di sini merupakan kegiatan yang diikuti oleh anggota gerakan pramuka penegak dan pendega. Kegiatan ii diselenggarakan secara regular dengan tujuan untuk mengevaluasi hasil selama proses latihan di gugus depan dalam satu periode. Seperti Perkemahan Sabtu Minggu (persami), Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (perjusami), dan lain sebagainya.

  • Perkemahan Wirakarya

Perkemahan wikakarya merupakan salah bentuk pertemuan atau kegiatan yang diikuti oleh anggota gerakan pramuka tingkat penegak dan pendega. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk perkemahan besar, dalam rangka mengadakan interaksi dengan masyarakat dan ikut serta dalam proses pembangunan di masyarakat.

  • Perkemahan Bhakti

Perkemahan Bhakti Peti merupakan kegiatan pramuka yang diikuti oleh anggota gerakan pramuka tingkat penegak dan dan pendega yang dilakukan dalam rangka pengaplikasian pengetahuan serta pengalamannya selama mengadakan pembinaan.



  • Peran Saka (Perkemahan Antar Peran Saka)

Perkemahan yang diikuti oleh anggota gerakan pramuka tingkat penegak dan pendega yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka dalam bentuk perkemahan besar. Peran Saka dapat diselenggarakan apabila diikuti minimal oleh dua Satuan Karya Pramuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.