Contoh Kegiatan Remaja Masjid

Posted on

Kegiatan Remaja Masjid Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi tentang kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh organisasi remas atau remaja masjid.

Sebelum kita membahas tentang kegiatan yang dilakukan oleh remaja masjid, apakah di sini kalian sudah banyak yang tau apa yang dimaksud dengan remaja masjid?



Remaja masjid merupakan suatu organisasi remaja yang mana terdiri atau menghimpun remaja – remaja muslim yang aktif mendatangi masjid untuk beribadah atau sholat berjamaah di masjid.

Peran utama dari remas atau remaja masjid ini adalah untuk memakmurkan masjid. Memakmurkan masjid bisa dilakukan dengan banyak hal seperti dengan melakukan kegiatan yang memiliki orientasi pada masjid.

Baca Juga : Penjelasan Takmir Masjid Dan Marbot Masjid

Baca Juga : Cara Melakukan Sujud Tilawah Yang Benar

Tidak seperti pengurus masjid yang terbentuk secara manajerial atau dengan terencana. Remas atau remaja masjid terbentuk secara tidak tersengaja yang dipengaruhi oleh faktor – faktor sosial dari jemaah masjid itu sendiri.

Remaja masjid yang beranggotakan remaja muslim ini memiliki semangat yang sangat membara untuk membangkitkan suasana masjid.

Nah, apakah kalian tau apakah kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh remaja masjid?

Untuk penjelasan lebih lengkapnya tentang kegiatan yang dilakukan oleh remas atau remaja masjid,  mari kita simak penjelasan berikut ini.

Bentuk Kegiatan Remaja Masjid

Berikut kami informasikan tentang kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh remaja masjid, antara lain sebagai berikut:

1. Sholawat burdah dan pengajian

Kegiatan ini dilakukan setiap seminggu sekali di malam minggu, kami membaca sholawat burdah setelah itu diisi pengajian kitab.

2. Kerja bakti

Kegiatan ini biasa dilakukan untuk menyambut hari raya, contohnya ramadhan , idul fitri, idul adha dan kelahiran Nabi Muhammad SAW.

3. Santunan Yatim Piatu

Dilakukan pada tanggal 10 Muharram, kami mengadakan santunan yatim piatu atau biasa disebut hari syuro.

4. Maulid Nabi Muhammad SAW

Pada tanggal 12 Rabi’ul Awal kami mengadakan lomba menghias panjang, dzikir antar Desa dan mengundang tamu dari luar provinsi, masyarakat disini sangat antusias untuk menyambut kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga : Cara Login Simas Kemenag 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.