Kepanjangan Dan Tugas CEO, COO, CFO, CMO, CTO

Posted on

Posisi keempat dari sebuah perusahan ternama didapatkan oleh chief marketing officer yang merupakan kepanjangan dari CMO. Dilihat dari namanya tentu Anda sudah paham bahwa posisi ini bekerja dalam segala hal mengenai marketing atau pemasaran. Jadi sudah pasti bahwa perusahaan tidak akan bisa mengalami perkembangan tanpa melakukan promosi dan pemasaran yang baik.



Disinilah peran CMO yang merupakan seorang penanggung jawab dan pengambil keputusan mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan pemasaran. Lantas bagaimana dengan pekerjaan marketing direktur? Isilah CMO dan marekting direktur ini seringkali dipertanyakan. Hal ini memang sangat membingungkan, karena banyak yang mengatakan sama dan tidak sama.

cmo

Namun jika Anda mencari informasinya lebih detail, kedua istilah ini bukan merupakan posisi yang sama. Jabatan CMO pada sebuah perusahaan dianggap lebih tinggi jika dibandingkan dengan marketing director. Hal ini karena tanggung jawab dan tugas CMO yang jauh lebih luas. Apalagi CMO juga tergolong dalam pemimpin perusahaan yang memiliki peran sangat penting bersama dengan CEO, COO, dan CFO.

Tugas yang harus dijalankan oleh seorang CMO sendiri sangat beragam. Karena merupakan seorang chief (ketua), maka peran utamanya adalah sebagai penanggung jawab. Sementara untuk tugasnya sendiri lebih fokus untuk mengawai seluruh perencanaan, pelaksanaan, pengembangan, kendala, dan juga forecast mengenai kegiatan pemasaran di waktu mendatang.

CTO (Chief Technology Officer)

CTO (Chief Technology Officer)

Chief technology officer adalah kepanjangan dari CTO yang merupakan seorang wakil direktur yang memiliki tanggung jawab secara penuh atas segala macam teknologi dan informasi pada sebuah perusahaan. Wakil direktur dengan posisi ini baru saja muncul di beberapa tahun terakhir karena teknologi dari internet sudah mengalami perkembangan dan aplikasi cloud yang memberikan layanan semakin maju ditambah dengan adanya startup dunia digital yang sudah pasti akan menjadikan posisi ini sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan.



Akan tetapi, CTO tidak hanya ada di berbagai perusahaan yang bergerak dalam dunia digital saja seperti produk internet atau aplikasi semacamnya, tetapi juga ada di perusahaan yang bergerak dalam model bisnis lain. Seperti misalnya perusahaan retail yang membutuhkan CTO dengan tujuan untuk mendukung informasi antar cabang supaya berjalan dengan baik dan tanpa adanya perusahaan. Jabatan CTO ini pada umumnya akan diangkat dan diberhentikan oleh CEO suatu perusahaan.

Baca juga: Pengertian Dan Tujuan Organisasi

Itulah pembahasan mengenai CEO, COO, CFO, CMO, dan CTO yang merupakan unsur pimpinan pada sebuah perusahaan. Beberapa posisi tersebut juga biasa disebut dengan istilah C-Levels. Istilah ini merujuk pada posisi puncak sebuah perusahaan (startup). Sebelum bisa mencapai pada titik tersebut, pastinya akan ada beberapa tahapan karier yang harus dilewati.

Leave a Reply

Your email address will not be published.