Contoh Kerangka Berpikir

Posted on

Contoh Kerangka Berpikir – Penelitian adalah suatu kegiatan untuk mencari pengetahuan yang biasa dilakukan dengan metode penelitian.

Sedangkan metode penelitian sendiri adalah cara yang dilakukan oleh peneliti untuk dapat menemukan pengetahuan yang dilakukan dengan cara ilmiah.

Suatu proses dapat dikatakan ilmiah apabila suatu kegiatan pencarian pengetahuan mempunyai ciri-ciri rasional, empiris, dan sistematis.



Lalu apakah yang dimaksud rasional, empiris, dan sistematis?

  1. Rasional memiliki arti bahwa kegiatan yang dilakukan dalam penelitian bisa dibilang masuk akal.
  2. Empiris mempunyai arti bahwa cara yang dilakukan untuk mendapatkan data-data atau informasi bisa ditangkap dengan panca indra. Atau dengan kata lain juga bisa diamati. Terlihat dan nampak.
  3. Sistematis memiliki arti bahwa sebuah pengetahuan bisa didapat dengan langkah-langkah tertentu yang logis.

Dalam melakukan sebuah penelitian, maka seorang peneliti harus melakukannya dengan langkah-langkah yang sistematis. Ada beberapa urutan yang wajib dipahami oleh peneliti. Seperti menentukan masalah, mencari solusi, menentukan variabel, dan menghubungkan antara variabel satu dengan variabel yang lainnya. Harus dilakukan dengan benar.

Baca juga : Contoh Makalah Sederhana Untuk SMP SMA

Pada penelitian, ada sebuah hal yang sangat menentukan jalannya penelitian. Hal yang dimaksud disini adalah kerangka berpikir. Apakah kerangkah berpikir itu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *