Kesan Dan Pesan Untuk Perpisahan Guru

Posted on

Kesan Dan Pesan Perpisahan Guru – Sekolah lebih dari sekadar tempat untuk menimba ilmu. Di sana kita bertemu dengan banyak teman, guru ataupun orang lain. Akan tetapi setiap pertemuan tentu ada sebuah perpisahan.



Saat masa kita untuk belajar di sekolah habis, maka kita akan dinyatakan lulus dan harus berpisah dengan lingkungan sekolah beserta teman-teman maupun tenaga pengajar yang ada di sana. Dan saat hal itu tiba, kita akan meneruskan petualangan kita. Entah sebagai siswa di jenjang yang lebih tinggi, mahasiswa, pekerja, pengusaha dan lain-lain.

Meski begitu, sekolah selalu memberikan kesan bagi kita, begitu juga dengan guru. Guru menjadi salah satu sosok yang begitu banyak memberikan kesan bagi para siswa. Sehingga adanya perpisahan tentu menjadi momen yang begitu emosional bagi para siswa maupun guru.

perpisahan kelas

Oleh karenanya tidak ada salahnya untuk memberikan kesan dan pesan saat perpisahan dengan guru dan sekolah. Hal ini sangat lazim dilakukan ketika para siswa segera lulus. Biasanya para siswa memberikan kesan dan pesan mereka kepada seorang atau beberapa guru, baik lewat tulisan maupun disampaikan secara langsung secara lisan. Lalu sebenarnya kesan dan pesan itu apa?

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas lebih lanjut seputar kesan dan pesan. Kita awali dari pengertian kesan dan pesan terlebih dahulu.

Pengertian Kesan dan Pesan

Kesan dan pesan merupakan tanggapan yang biasa diminta dari seseorang sesudah mengikuti suatu kegiatan yang menjadi bentuk respon atas pengalaman yang didapat selama kegiatan tersebut. Penjabaran masing-masing bisa pembaca simak di bawah ini.



Kesan adalah pernyataan seseorang yang mengandung penilaian pribadi mengenai pengalaman yang diperolehnya selama mengikuti suatu kegiatan atau sesudah mendengarkan suatu informasi.

Baca juga: Contoh Puisi Pendek Tentang Ibu

Sedangkan pesan adalah pernyataan pribadi seseorang yang memuat saran atau bujukan kepada lawan bicara terhadap kualitas dari suatu kegiatan atau pernyataan sebelumnya. Dengan harapan lawan bicara bisa melakukan perbaikan terhadap aspek-aspek tertentu dari kegiatan atau pernyataan tersebut.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kesan dan pesan dikategorikan ke dalam kelompok kata benda (nomina). Menurut KBBI, kesan dapat didefinisikan sebagai berikut:

kesan pesan perpisahan

  1. Jejak atau bekas
  2. Sesuatu yang terpikirkan atau dirasakan setelah melihat, mengalami atau pun mendengarkan sesuatu hal
  3. Kata turunan dari kesan ini antara lain berkesan (verba), mengesan (verba), mengesankan (verba), terkesan (verba) dan lain sebagainya.

Sedangkan pesan menurut KBBI adalah sebagai berikut:

  1. Suatu nasihat, perintah, amanat dan semacamnya yang disampaikan melalui orang lain.
  2. Suatu nasihat, wasiat atau perkataan lainnya yang diucapkan terakhir kali
  3. Dalam artian sehari-hari pesan juga bisa bermakna pesanan, sesuatu yang dipesankan.

Dari definisi di atas bisa disimpulkan bahwa pesan adalah amanat atau nasihat yang disampaikan. Sedangkan kesan adalah hal-hal yang dirasakan sesudah mengalami sesuatu hal.



Contoh Kesan dan Pesan untuk Guru

Kesan setiap siswa terhadap guru tentu bisa beragam. Ada yang senang, segan atau justru takut karena guru yang bersangkutan sangat tegas dan disiplin. Kita bisa menyampaikan kesan dan pesan sesuai dengan angan kita yang disampaikan lewat gaya bahasa kita sendiri.

kesan pesan guru

Kita bisa menyampaikannya kepada siapa saja. Entah guru mata pelajaran matematika, bahasa Indonesia, olahraga, kesenian, PPL atau bahkan guru yang kita anggap galak. Yang tak boleh dilupakan sampaikan kesan dan pesan dalam bahasa yang baik.

Bagaimanapun juga guru adalah orang yang lebih tua dari kita dan mempunyai banyak jasa sehingga kita menjadi pribadi yang lebih baik dan pandai dari sebelum kita masuk ke sekolah. Hanya saja tidak jarang kita bingung harus menyampaikan kata-kata yang seperti apa untuk guru-guru kita.

Tidak perlu gelisah, berikut ini ada beberapa contoh kesan dan pesan yang bisa kita sampaikan kepada guru kita. Perlu dicatat bahwa kalimat-kalimat di bawah ini adalah contoh. Kesan yang pembaca rasakan dan pesan yang ingin disampaikan kepada seorang guru tentu bisa berbeda-beda. Oleh karenanya jadikan contoh di bawah ini sebagai referensi bagi pembaca untuk menyusun kesan dan pesan versi pembaca sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *