Kesan Dan Pesan Untuk Perpisahan Guru

Kesan Dan Pesan Perpisahan Guru – Sekolah lebih dari sekadar tempat untuk menimba ilmu. Di sana kita bertemu dengan banyak teman, guru ataupun orang lain. Akan tetapi setiap pertemuan tentu ada sebuah perpisahan.

Saat masa kita untuk belajar di sekolah habis, maka kita akan dinyatakan lulus dan harus berpisah dengan lingkungan sekolah beserta teman-teman maupun tenaga pengajar yang ada di sana. Dan saat hal itu tiba, kita akan meneruskan petualangan kita. Entah sebagai siswa di jenjang yang lebih tinggi, mahasiswa, pekerja, pengusaha dan lain-lain.

Meski begitu, sekolah selalu memberikan kesan bagi kita, begitu juga dengan guru. Guru menjadi salah satu sosok yang begitu banyak memberikan kesan bagi para siswa. Sehingga adanya perpisahan tentu menjadi momen yang begitu emosional bagi para siswa maupun guru.

perpisahan kelas

Oleh karenanya tidak ada salahnya untuk memberikan kesan dan pesan saat perpisahan dengan guru dan sekolah. Hal ini sangat lazim dilakukan ketika para siswa segera lulus. Biasanya para siswa memberikan kesan dan pesan mereka kepada seorang atau beberapa guru, baik lewat tulisan maupun disampaikan secara langsung secara lisan. Lalu sebenarnya kesan dan pesan itu apa?

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas lebih lanjut seputar kesan dan pesan. Kita awali dari pengertian kesan dan pesan terlebih dahulu.

Pengertian Kesan dan Pesan

Kesan dan pesan merupakan tanggapan yang biasa diminta dari seseorang sesudah mengikuti suatu kegiatan yang menjadi bentuk respon atas pengalaman yang didapat selama kegiatan tersebut. Penjabaran masing-masing bisa pembaca simak di bawah ini.

Kesan adalah pernyataan seseorang yang mengandung penilaian pribadi mengenai pengalaman yang diperolehnya selama mengikuti suatu kegiatan atau sesudah mendengarkan suatu informasi.

Baca juga: Contoh Puisi Pendek Tentang Ibu

Sedangkan pesan adalah pernyataan pribadi seseorang yang memuat saran atau bujukan kepada lawan bicara terhadap kualitas dari suatu kegiatan atau pernyataan sebelumnya. Dengan harapan lawan bicara bisa melakukan perbaikan terhadap aspek-aspek tertentu dari kegiatan atau pernyataan tersebut.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kesan dan pesan dikategorikan ke dalam kelompok kata benda (nomina). Menurut KBBI, kesan dapat didefinisikan sebagai berikut:

kesan pesan perpisahan

  1. Jejak atau bekas
  2. Sesuatu yang terpikirkan atau dirasakan setelah melihat, mengalami atau pun mendengarkan sesuatu hal
  3. Kata turunan dari kesan ini antara lain berkesan (verba), mengesan (verba), mengesankan (verba), terkesan (verba) dan lain sebagainya.

Sedangkan pesan menurut KBBI adalah sebagai berikut:

  1. Suatu nasihat, perintah, amanat dan semacamnya yang disampaikan melalui orang lain.
  2. Suatu nasihat, wasiat atau perkataan lainnya yang diucapkan terakhir kali
  3. Dalam artian sehari-hari pesan juga bisa bermakna pesanan, sesuatu yang dipesankan.

Dari definisi di atas bisa disimpulkan bahwa pesan adalah amanat atau nasihat yang disampaikan. Sedangkan kesan adalah hal-hal yang dirasakan sesudah mengalami sesuatu hal.

Contoh Kesan dan Pesan untuk Guru

Kesan setiap siswa terhadap guru tentu bisa beragam. Ada yang senang, segan atau justru takut karena guru yang bersangkutan sangat tegas dan disiplin. Kita bisa menyampaikan kesan dan pesan sesuai dengan angan kita yang disampaikan lewat gaya bahasa kita sendiri.

kesan pesan guru

Kita bisa menyampaikannya kepada siapa saja. Entah guru mata pelajaran matematika, bahasa Indonesia, olahraga, kesenian, PPL atau bahkan guru yang kita anggap galak. Yang tak boleh dilupakan sampaikan kesan dan pesan dalam bahasa yang baik.

Bagaimanapun juga guru adalah orang yang lebih tua dari kita dan mempunyai banyak jasa sehingga kita menjadi pribadi yang lebih baik dan pandai dari sebelum kita masuk ke sekolah. Hanya saja tidak jarang kita bingung harus menyampaikan kata-kata yang seperti apa untuk guru-guru kita.

Tidak perlu gelisah, berikut ini ada beberapa contoh kesan dan pesan yang bisa kita sampaikan kepada guru kita. Perlu dicatat bahwa kalimat-kalimat di bawah ini adalah contoh. Kesan yang pembaca rasakan dan pesan yang ingin disampaikan kepada seorang guru tentu bisa berbeda-beda. Oleh karenanya jadikan contoh di bawah ini sebagai referensi bagi pembaca untuk menyusun kesan dan pesan versi pembaca sendiri.

Kesan dan Pesan Untuk Guru

Kesan : Saya kagum dengan bapak atau ibu guru yang telah mengajar kami selama  ini, karena bapak ibu guru telah memberikan yang terbaik untuk kami dan mampu meningkatkan  motivasi kami dalam belajar lebih giat dan selalu semangat menghadapi sulitnya mata pelajaran yang diberikan oleh bapak ibu guru. Saya bangga dengan bapak ibu guru pahlawan tanpa tanda jasa.

Pesan : Jangan bosan untuk mendidik siswa siswi yang  kurang dalam ilmu pengetahuan dan sikap yang kurang sopan kepada bapak ibu guru. Jadikan kami sebagai motivasi untuk meningkatkan kecerdasan anak  bangsa dan berbudi luhur, selain itu lebih bersabar dalam menghadapi siswa siswi yang sulit untuk dinasehati.

Kesan dan Pesan Untuk Guru Pembimbing

Kesan : Saya kagum dengan bapak atau ibu guru yang telah mengajar kami selama  ini, karena bapak ibu guru telah memberikan yang terbaik untuk kami dan mampu meningkatkan  motivasi kami dalam belajar lebih giat dan selalu semangat menghadapi sulitnya mata pelajaran yang diberikan oleh bapak ibu guru. Saya bangga dengan bapak ibu guru pahlawan tanpa tanda jasa.

Pesan : Jangan bosan untuk mendidik siswa-siswi yang  kurang dalam ilmu pengetahuan dan sikap yang baik. Serta selalu berikan pengajaran non-materi yang bisa membuat siswa-siswa sukses di kemudian hari.

kesan untuk guru

Kesan dan Pesan Untuk Guru Singkat

Pesan : terimakasih sudah membimbing saya, maaf kalau selama ini saya punya salah. semoga ilmu yang sudah ibu/bapak kasih di balas oleh allah.

Kesan : guru selalu ada untuk membimbing saya, menunjukkan apa yang benar dan yang salah.

Kesan dan Pesan Untuk Guru PPL

Kesan : senang sekali bisa berkenalan dan mendapatkan ilmu dari kakak semua. pesan saya, kalau mengajar jangan galak-galak ya, anggaplah kami sebagai teman.

Pesan : bila kelak jadi guru, jangan beri PR banyak-banyak ya. beban kami di sekolah sudah banyak. Dan, jagalah komunikasi yang baik dengan siswa di sekolah kakak nanti, karena kalian adalah orang tua kami di sekolah. Yang menjaga kami seperti keluarga.

Kesan dan Pesan Untuk Guru PPL

Pesan : Guru PPL jangan lupain kita-kita ya, .maaf kalo kita ada salah dari segi ucapan maupun batin. Guru PPL tetep harus jadi apa yang aku kenal sekarang.

kesan : Terimakasih Guru PPL telah mau menuangkan sedikit ilmunya kepada kita semua. Terimakasih juga sudah mengajar kami dengan tulus dan ikhlas

Kesan dan Pesan Untuk Guru Killer

Kesan : sangat disiplin, tegas, tapi membuatku jadi waspada dan mempersiapkan semuanya sebelum masuk kelas

Pesan : pertahankan sikap tegas tapi kalau bisa siswa jangan dibuat takut yang membuat kelas jadi membosankan

Kesan dan Pesan Untuk Guru Terbaik

Kesan : selama Ibu guru mengajar disini kami merasa senang. Ibu mengajar dengan jelas dan mudah dipahami. Shingga banyak ilmu yang telah kami dapat dari Ibu. Kami sangat sedih karena akhirnya harus berpisah dengan Ibu.

Pesan: pesan dari kami adalah Ibu guru jangan pernah melupakan kami. Selain itu kami berpesan agar bu guru tetap menjadi pribadi yang baik, ramah dan kelak mendapat pekerjaan dan menjadi guru yang difavoritkan dan disenangi murid-muridnya.

Cara Memberikan Kesan Pertama yang Baik

pesan untuk guru

Kesan pertama adalah hal yang sangat penting dari suatu pertemuan. Sebab hal ini bisa mempengaruhi banyak hal. Seperti bagaimana kelanjutan hubungan kita dengan orang lain yang kita temui, kenangan tentang diri kita sendiri di mata orang lain dan lain sebagainya.

Di sekolah, kita sebagai seorang siswa tidak hanya dituntut untuk menimba ilmu saja. Kita juga dituntut untuk berperilaku dengan baik terhadap semua orang, baik teman, guru, hingga karyawan di sekolah.

Tidak hanya siswa saja, tenaga pengajar dan semua ‘warga sekolah’ juga perlu memberikan kesan yang baik. Lalu bagaimana cara memberikan kesan pertama yang baik bagi orang lain?

Cara Berpakaian

Cara berpakaian bisa menunjukkan siapa diri kita. Oleh karenanya penting bagi kita untuk berpakaian yang rapi. Di sekolah sendiri berpakaian yang rapi sudah menjadi kewajiban.

Senyum

Senyuman bisa membuat kesan pertama menjadi positif dan menunjukkan hal bahagia. Seperti yang diketahui, ekspresi wajah umumnya merupakan aspek pertama yang diperhatikan orang saat mereka membuat penilaian awal.

Maka dari itu penting bagi kita untuk menunjukkan ekspresi yang ramah dan senang. Di samping itu menurut Dale Carnegie, motivator pengembangan diri dari Amerika Serikat mengungkapkan bahwa kita harus terlihat senang ketika bertemu orang lain dan mengharapkan mereka senang bertemu dengan kita.

Menunjukkan Minat yang Tulus

Kita bisa memberikan kesan yang baik jika benar-benar bersemangat dan tertarik pada orang yang ingin kita kenal lebih dalam. Bagi siswa penting untuk menerima semua materi yang disampaikan guru dengan baik. Sedangkan bagi guru penting untuk menunjukkan ketulusan niatnya untuk mengajar murid-muridnya dengan penuh rasa tanggungjawab.

Berusaha untuk Bijaksana

Perlu dicatat bahwa tindakan akan lebih bermakna dari kata-kata. Kita perlu memastikan bahwa sikap kita sopan dan tidak sampai menyinggung perasaan orang lain.

Bahasa Tubuh

Memperhatikan bahasa tubuh juga tak kalah penting. Menjaga sikap selama kegiatan belajar dan mengajar bisa membuat aktivitas belajar bisa berlangsung dengan nyaman tanpa canggung.

Yang juga tak kalah penting jangan menunjukkan suasana hati yang buruk. Sebab suasana hati bisa mempengaruhi bagaimana kesan kita pada orang lain. Hal ini juga bisa mengganggu proses belajar dan mengajar.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan seputar kesan dan pesan perpisahan guru. Seperti yang kami singgung di atas setiap siswa memiliki kesan dan pesan yang berbeda terhadap guru. Sehingga ungkapan kesan dan pesan masing-masing siswa tentu tidak akan sama.

Tidak perlu ragu untuk menuangkan apa yang ada di dalam pikiran kita. Asalkan penyampaiannya dilakukan dengan baik dan benar, serta tidak menyinggung perasaan orang lain. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment