Kode Registrasi Dapodik Paud, SD Dan SMP

Posted on

Kode Registrasi Dapodik Paud, SD Dan SMP Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang Kode Registrasi Dapodik Paud, SD, dan SMP.



Pada asrtikel ini tidak hanya menyajikan tetang penjelasan apa itu koe registrasi Dapodik melainkan juga langkah – langkah untuk mengecek kode registrasi dapodik dengan cara yang mudah sehingga kalian pun bisa lebih mudah untuk memahaminya.

Baca juga: Cara Verifikasi Akun PTK Dapodik

Kode Registrasi Dapodik

Sebelum melakukan atau memulai instalasi Aplikasi Dapodik versi terbaru, pastikan bahwa satuan pendidikan sudah memiliki kode registrasi. Kode registrasi ini nantinya akan digunakan dalam proses instalasi.

Kode registrasi ini diperoleh melalui Admin Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota untuk jenjang Paud – Dikmas / SD / SMP, dan Admin Dinas pendidikan provinsi untuk jenjang SLB/ SMA/ SMK.

Kode Registrasi adalah kunci yang digunakan untuk memuat data sekolah. Kode registrasi ini diberikan kepada satuan pendidikan yang telah terdaftar di PDSPK – K dan memiliki NSPN. Karena sifatnya yang unik , setiap sekolah akan memiliki kode registrasi yang berbeda – beda antara sekolah satu dengan sekolah lainnya.

Baca juga: Cara Sinkron Dapodik Terbaru 2022

Fungsi Kode Registrasi Dapodik

Dalam menjalankan aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) ada beberapa yang memerlukan pengentrian kode registrasi Dapodik, antara lain sebagai berikut:



  1. Kode registrasi digunakan apabila mau mengunduh data prefill Dapodik atau prefill rapor
  2. Kode registrasi digunakan pada saat melakukan proses instalasi Aplikasi Dapodik (melakukan registrasi) baik dilakukan secara online maupun offline
  3. Saat melakukan sinkronisasi pun memebutuhkan kode registrasi Dapodik
  4. Kode Registrasi juga digunakan untuk melihat data individu sekolah pada progres pegiriman

Itulah penjelasan dan fungsi dari kode registrasi Dapodik, bagaimana cara untuk mendapatkan kode registrasi Dapodik dan apa saja syarat untuk mendapatkan kode registrasi Dapodik? Mari simak penjelasan di bawah ini.

Baca juga: Cara Cetak SPTJM Dapodik Terbaru 2022

Syarat – syarat untuk Mendapatkan Kode Registrasi Dapodik

Sebelum memulai langkah – langkah untuk mendapatkan kode registrasi, setiap satuan pendidikan harus memperhatikan syarat – syarat yang digunakan sebagi prosedur untuk mendapatkan kode registrasi Dapodik.

Berikut syarat – syarat untuk mendapatkan kode registrasi Dapodik antara lain sebagai berikut:

  1. Setiap satuan pendidikan harus telah memiliki NPSN atau Nomor Pokok Sekolah Nasional yang diterbitkan Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSP-K)
  2. Operator sekolah harus melakukan registrasi atau pendaftaran pada laman https://sdm.data.kemdikbud.go.id dengan melampirkan Surat Tugas atau SK Penugasan Operator sekolah (file dalam bentuk * .pdf)

Baca juga: No Registrasi Akta Kelahiran Di Dapodik

Langkah – langkah Mendapatkan Kode Registrasi di Dapodik

Untuk mendapatkan kode registrasi di Dapodik harus mealui langkah – langkah di bawah ini. Berikut langkah – langkah untuk mendapatkan kode registrasi di Dapodik antara lain sebagai berikut:

(1) Langkah Pertama

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mendapatkan kode registrasi adalah dengan cara membuka lokal disk C. Bisa dilakukan dengan cara klik dari “Start” dari mana pun bagaimana kebiasaan masing – masing membuka file di komputer. Sebagai contoh buka dari Start antara lain

  • Silahkan klik “Start” kemudian klik “Computer” , perhatikan gambar di bawah ini
  • Lalu klik bagian “Local Disk C”

(2) Langkah Kedua

Langkah selanjutnya adalah mencari data Dapodik dengan membuka folder yang bertuliskan “Program Files (x86)” seperti gambar di bawah ini.



Lalu carilah data Dapodik pada program files, program files (x86), atau pada program files dengan nama yang lainnya, intinya data Dapodik / Dapodikdasmen yang kalian miliki pasti ada di menu program files. Silahkan klik menu “Program Files”  seperti gambar di atas yang mengeklik “Program Files (x86)”

(3) Langkah Ketiga

Kemudian silahkan cari folder atas nama “Dapodik” lalu klik untuk membukanya.

(4) Langkah Keempat

Jika sudah membuka folder Dapodik lalu klik “Webserver”

lalu lanjut klik “Logs”

(5) Langkah Kelima

Selanjutnya klik “Access” maka akan terbuka acces yang akan ditampilakn dalam bentuk notepad. Seperti gambar di bawah ini.

(6) Langkah Keenam

Lalu silahkan klaian cari kode registrasi dengan cara seperti gambar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *