Landasan Filosofis Pendidikan Di Indonesia

Posted on

Filosofi Pendidikan РPada artikel ini kami akan membahas lebih jauh mengenai landasan filosofis pendidikan di Indonesia. Sebelum kita kupas lebih dalam, akan lebih baik jika kita mengetahui pengertian landasan filosofis pendidikan terlebih dahulu.



Pengertian Landasan Filosofis Pendidikan

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), landasan memiliki arti alas, bantalan, paron (alas untuk menempa, terbuat dari besi). Di samping itu landasan juga bisa diartikan sebagai pondasi.

Dari pengertian ini bisa disimpulkan bahwa landasan merupakan suatu alas atau dasar pijakan dari sesuatu hal. Selain itu juga dapat diartikan sebagai titik tumpu atau titik tolak dari sesuatu hal. Sedangkan dalam hal pendidikan, landasan yang dimaksud merupakan yang bersifat konseptual.

filosofis pendidikan

Landasan yang bersifat konseptual pada dasarnya identik dengan asumsi, yakni gagasan, kepercayaan, prinsip, pendapat atau pernyataan yang telah dianggap benar, dan dijadikan titik tolak dalam rangka berpikir dan/atau dalam rangka bertindak.

Sedangkan filosofis berasal dari bahasa Yunani yang terdiri atas suku kata philein/philos yang berarti cinta dan sophos/sophia yang artinya kebijaksanaan, ilmu, hikmah atau kebenaran. Filsafat bisa diartikan sebagai suatu pengetahuan yang mencoba untuk memahami hakikat segala sesuatu untuk mencapai kebenaran dan kebijaksanaan.

Baca juga: Soko Guru Demokrasi Universal

Sedangkan pendidikan sendiri pada hakikatnya adalah humanisasi. Seperti yang diketahui, tujuan utama pendidikan adalah terwujudnya manusia ideal atau manusia yang dicita-citakan sesuai nilai-nilai dan norma-norma yang dianut.



Dari definisi di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa landasan filosofis pendidikan adalah asumsi filosofis yang dijadikan titik tolak dalam rangka studi dan praktik pendidikan. Landasan filosofis pendidikan menjadi hal yang penting dan harus dipelajari dalam dunia pendidikan. Sebab pendidikan bersifat normatif dan perspektif.

Di samping itu dengan filosofis pendidikan kita akan mengetahui apa, mengapa dan bagaimana kita melakukan pelajaran, siapa yang kita ajar dan mengenai hakikat belajar. hal tersebut merupakan satu perangkat prinsip yang menuntun kita dalam melakukan tindakan profesional lewat kegiatan dan masalah-masalah yang dihadapi sehari-hari.

Peran Landasan Filosofis Pendidikan

Asumsi yang dijadikan titik tolak dalam rangka pendidikan bersumber dari banyak hal. Seperti agama, filsafat, ilmu dan hukum atau yuridis. Berdasarkan sumbernya jenis landasan pendidikan bisa diidentifikasi dan dikelompokkan menjadi empat macam. Antara lain landasan filosofis pendidikan, landasan religius pendidikan, landasan ilmiah pendidikan dan landasan hukum atau yuridis pendidikan.

landasan pendidikan

Landasan Filosofis Pendidikan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, landasan filosofis pendidikan merupakan asumsi-asumsi yang berasal dari filsafat yang menjadi titik tolak dalam pendidikan. Ada banyak filsafat yang dijadikan titik tolak dalam pendidikan, seperti idealisme, realisme, pragmatisme, Pancasila dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.