Landasan Struktur Koperasi Di Indonesia

Posted on

Landasan Koperasi Di Indonesia – Kedudukan koperasi yang ada di Indonesia mulai mendapatkan perhatian lebih ketika pemerintah orde baru mengesahkan UU No. 12 Tahun 1967 yakni tentang berdirinya departemen koperasi.

Penguatan dasar hukum koperasi semakin mengalami peningkatan terutama pada tahun 1992, pemerintah mulai mengesahkan UU No.25 Tahun 1992 tentang koperasi. Penerbitan UU yang baru ini adalah bentuk amandemen dan sebagai pengganti UU No. 12 Tahun 1967, dimana keberadaan UU yang baru ini menempatkan kedudukan koperasi menjadi sama atau sejajar dengan PT, CV, Perusahaan perseorangan dan Firma yang merupakan bentuk badan usaha mandiri.

landasan koperasi adalah



Menurut UU No.25 Tahun 1992, pengertian koperasi adalah suatu badan usaha yang mempunyai keanggotaan atau badan hukum koperasi yan dimana dalam penerapan kegiatan koperasi harus selalu berpedoman pada prinsip-prinsip koperasi yang memiliki tujuan sebagai penggerak ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan.

Baca juga: Pengertian Koperasi Lengkap

Landasan Struktur Koperasi di Indonesia

Penerapan koperasi harus mempunyai pedoman dalam menentukan arah kebijakan yang dapat memberikan manfaat bagi semua anggota koperasi. Disamping itu dalam pelaksanaan kegiatan koperasi harus berdasarkan landasan-landasan koperasi Indonesia. Adapun landasan landasan koperasi di Indonesia adalah sebagai berikut :

  1. Landasan Idill

Pancasila adalah landasan idiil koperasi. Dilihat dari penerapan Pancasila sebagai dasar negara yang memberikan pedoman dan sumber hukum sehingga akan bermanfaat untuk banyak golongan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *