Menyusun Langkah-Langkah Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013

Posted on

Menyusun Langkah-Langkah Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013 – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang cara menyusun atau langkah – langkah pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013, yang akan memuat mulai dari penjelasan dan disertai dengan contohnya RPP yang bisa teman – teman download dengan mudah.



Proses pembelajaran pada kurikulum 2013 lebih mengacu pada keaktifan peserta didik. Bukan berarti guru tidak memiliki peran dalam proses pembelajaran, namun guru lebih pasif atau menjadi monitor kelas agar peserta didik menjadi lebih aktif.

Selain itu guru juga sudah tidak lagi menjelaskan konsep atau materi dengan panjang lebar, namun peserta didik dibantu oleh guru dalam menemukan konsep.

Guru sebagai seseorang yang menjembatani peserta didik dengan ilmu dan pengetahuan dituntut untuk lebih meningkatkan kekreatifitasan dan profesionalitas seorang guru dalam menerapkan kurikulum 2013.

Dalam menerapkan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 tentunya diperlukan langkah – langkah yang sistematis agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancer sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Baca juga: Peran Guru Dalam Pendidikan Pembelajaran

Langkah – langkah Pembelajaran

Langkah – langkah pembelajaran yang akan diterapkan di dalam kelas harus dirancang terlebih dahulu sebelum digunakan. Hal ini dilakukan agar proses pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan rules dan bisa mencapai tujuan dari pembelajaran.

Rancangan sebelum melakukan proses pembelajaran itu disebut dengan Rencana Penerapan Pembelajaran atau yang biasa kita kenal dengan RPP. Rencanan pelaksanaan pembelajaran ini merupakan seperangkat rencana kegiatan dalam satu semester yang wajib dimiliki oleh seorag guru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.