Macam Macam Surat Niaga Dan Fungsinya

Posted on

Untuk surat penawaran ini, penjual diharuskan pandai dalam menawarkan barang atau jasa yang mereka miliki dengan menggunakan bahasa yang menarik dan jelas. Sehingga hal ini akan menarik minat para pembeli untuk membeli barang atau jasa yang telah ditawarkan.



Surat penawaran umumnya dibuat berdasarkan atas keperluan pribadi perusahaan maupun sebagai balasan untuk surat permintaan penawaran. Apabila dibuat untuk surat balasan, maka surat penawaran harus mengacu pada informasi yang diberikan oleh pihak penjual atau pengirim surat permintaan penawaran. Surat penawaran umumnya disertai dengan daftar harga atau brosur untuk menyakinkan pembeli.

  1. Surat Permintaan Penawaran

Surat jenis ini umumnya dikirim oleh calon pembeli yang ditunjukan kepada penjual yang pada umumnya berisi permintaan penawaran suatu produk baik itu barang atau jasa kepada penjual. Surat permintaan penawaran ini umumnya akan diterbitkan apabila calon pembeli tertarik dengan produk barang atau jasa yang diinformasikan melalui surat perkenalan. Akan tetapi, surat permintaan penawaran juga bisa dituslis berdasarkan inisiatif perusahaan.

Dalam surat permintaaan penawaran umumnya berisi mengenai permintaan penjelasan secara detail atau rinci tentang suatu barang atau jasa yang akan dibeli. Inti utama dari surat permintaan penawaran adalah nama dan harga produk, cara pembayaran dan cara pengiriman atau penyerahan barang dan detail lainnya yang dianggap penting.

  1. Surat pesanan

Surat pesanan

Surat pesanan merupakan jenis surat yang dikeluarkan oleh pembeli dan ditujukan kepada pihak penjual untuk keperluan pemesanan atau permintaan barang atau jasa yang akan dibeli. Surat jenis ini umumnya dibuat beradasarkan iklan dan surat penawaran ini memang sangat dibutuhkan perusahaan.

Inti dari surat jenis  pesanan adalah harus dilengkapi nama dan jenis barang yang akan dibeli lengkap beserta harga dan juga cara pembayaran. Jika pembayaran dilakukan melalui transfer bank, maka pembeli diharuskan untuk menyertakan bukti transfer dalam surat pesanan.



  1. Surat Konfirmasi Pesanan

Surat konfirmasi pesanan diterbitkan oleh penjual untuk dapat memberitahukan pembeli perihal pesanan mereka. Inti dari surat konfirmasi pesanan adalah memberikan secara detail mengenai barang pesanan oleh pembeli seperti nama dan jenis barang, jumlah pembelian, syarat jual beli, dan harga barang.

  1. Surat pemberitahuan pengiriman barang

Surat pemberitahuan pengiriman barang ini diterbitkan oleh penjual apabila kedua belah pihak menyetujui transaksi jual beli tersebut. Disamping itu, surat ini juga memiliki tujuan untuk memberitahukan kepada pembeli bila pesanan sudah siap dikirim. Tujuan lainnya adalah supaya pembeli mengetahui tentang kondisi barang pesanan dan siap menerima barang yang akan dikirim.

Pada umumnya surat jenis ini dibuat untuk pengiriman dari jarak jauh dan dalam partai besar. Dalam surat jenis ini juga akan dijelaskan secara detail mengenai jenis dan jumlah barang, serta metode pengiriman yang dipakai dan perkiraan proses pengiriman barang untuk bisa sampai ke pembeli. Surat pemberitahuan pengiriman barang juga dilengkapi dengan dokumen pengiriman, packing list dan asuransi jika diperlukan.

  1. Surat penolakan pesanan

Surat penolakan umumnya akan dikirimkan oleh penjual jika mereka tidak dapat memenuhi permintaan pembeli karena suatu hal. Supaya tidak mengecewakan pembeli, surat penolakan pesanan ini harus dikirim sesegera mungkin.

  1. Surat pengaduan

surat pengaduan

Leave a Reply

Your email address will not be published.