Macam Macam Surat Niaga Dan Fungsinya

Posted on

Surat pengaduan akan dikirim oleh pembeli kepada penjual karena adanya ketidaksesuaian barang yang sudah mereka terima. Ketidaksesuaian ini bisa berupa barang yang rusak, kualitas dan jumlah barang yang tidak cocok dengan pesanan.



  1. Surat jawaban pengaduan

Jika penjual menerima surat pengaduan, maka penjual harus segera menjawab surat tersebut dengan surat jawaban pengaduan. Inti dari surat jawaban pengaduan adalah ucapan rasa terima kasih untuk surat pengaduan dari pembeli serta memberikan keputusan untuk dapat menyelesaikan persoalan pengaduan tersebut.

  1. Surat penagihan

Surat penagihan

Surat penagihan akan dibuat karena transaksi jual beli yang dilakukan dengan memakai sistem utang. Surat penagihan akan diterbitkan oleh penjual dan ditujukan kepada pembeli  dengan tujuan untuk membayar utang mereka karena telah jatuh tempo atau diluar perjanjian.

  1. Surat pengiriman pembayaran

Jika pembeli sudah menerima barang yang mereka pesan sebelumnya dan tidak ada komplain mengenai barang yang sudah diterima, maka pembeli diharuskan untuk melakukan pembayaran. Surat pengiriman pembayaran akan diterbitkan karena pembayaran dilakukan non-tunai. Pada surat ini harus dilengkapi jumlah uang yang sudah dibayarkan, cara pembayaran, serta bukti pembayaran.

  1. Surat penangguhan pembayaran

Surat penangguhan pembayaran dibuat berdasarkan inisiatif dari pembeli karena menerima surat penagihan. Jenis surat ini berisi pernyataan tentang adanya sebuah hal yang membuat pembeli tidak dapat membayara sesuai dengan perjanjian. Dalam surat penangguhan pembayaran juga berisi permohonan penjadwalan ulang pembayaran yang sudah dijanjikan.

  1. Surat jawab penangguhan pembayaran

Surat jenis ini dibuat oleh penjual dengan tujuan untuk menjawab permohonan penangguhan pembayaran dari pembeli. Isi dari surat jawab penangguhan pembayaran adalah persetujuan maupun penolakan untuk penangguhan tesebut.



Mengetahui tentang jenis-jenis surat niaga akan sangat bermanfaat terlebih lagi jika anda merupakan seorang pengusah. Jenis-jenis surat niaga memang sangat dibutuhkan dalam kegiatan jual beli antar perusahaan ataupun didalam perusahaan dengan anak cabangnya.

Baca juga: Pengertian Ekonomi Makro

Hal-Hal yang Penting Diperhatikan Dalam Membuat Surat Niaga

Membuat Surat Niaga

Sebelum membuat surat niaga maka ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan, diantaranya yaitu:

  • Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin membuat sebuah surat niaga, salah satunya adalah menyebutkan maksud dan tujuan dibuatnya surat tersebut. Seperti misalnya dalam membuat surat pesanan, disini kita harus menyebutkan surat pemesanan berdasarkan adanya penawaran.
  • Dalam menulis surat niaga juga harus mencantumkan jenis dan jumlah produk atau jasa yang ingin dipesan. Usahakan untuk membuat daftar pesanan yang rapi dan benar supaya nantinya lebih mudah untuk memeriksanya.
  • Harus menjelaskan bagaimana cara pengiriman barang atau jasa yang akan dipesan.
  • Menjelaskan bagaimana cara membayar barang atau jasa tersebut.
  • Bahkan dalam membuat surat niaga ini juga harus menyebutkan bagaimana cara membungkus yang diinginkan.

Ciri-Ciri Surat Niaga

Ciri-Ciri Surat Niaga

Leave a Reply

Your email address will not be published.