Contoh Bacaan Mad Silah Qasirah, Ayat Dan Suratnya

Posted on

Contoh Bacaan Mad Silah Qasirah, Ayat Dan Suratnya Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang bacaan tajwid Mad Silah Qasirah yang disertai dengan contoh – contohnya.



Dalam membaca ayat suci Al Qur’an terdapat aturan – aturan yang perlu diperhatikan. Seperti memperhatikan tempat keluarnya atau pelafalan huruf dan juga sifat – sifat yang dimiliki oleh huruf tersebut.

Ilmu untuk mempelajari  bagaimana cara untuk mngucapkan atau membunyikan huruf – huruf yang terdapat di dalam kitab suciAl – Qur’an maupun bukan disebut disebut dengan Ilmu Tajwid.

Ada banyak sekali hukum tajwid yang digunakan untuk membaca Al – Qur’an, salah satunya adalah bacaan Mad.

Baca juga: Bacaan Sholawat Allahumma Sholli Sholatan

Baca juga: Arti La Taghdob Walakal Jannah (Pembahasan Hadits)

Hukum bacaan Mad merupakan salah satu hukum bacaan yang mana memiliki arti memperpanjang atau menambah. Di dalam hukum bacaan mad ini pun terdapat berbagai macam hukum bacaan mad,salah satunya adalah Mad Silah Qasirah.

Apakah di antara kalian sudah tau apa yang dimaksud dengan Mad Silah Qasirah?



Mari simak penjelasan tentang Mad Silah Qasirah berikut ini.

Baca juga: Gambar Fauna Yang Simple Dan Mudah Digambar

Baca juga: Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir

Pengertian Mad Silah Qashirah

Menurut bahasa, silah artinya hubungan sedangkan qashirah artinya pendek. Jadi secara istilah Mad Silah Qashirah adalah bacaan mad yang terjadi pada huruf ha’ dhomir yang bertemu dengan huruf berharakat dan dibaca pendek karena ada ha’ dhomir yang dihubungkan dengan huruf sukun atau tasydid.

Atau dapat diartikan juga mad silah qashirah secara istilah merupakan sebuah hukum bacaan yang terjadi apabila ha’ dhamir yang tidak didahului oleh sukun, tidak didahului oleh bacaan panjang, tidak diikuti sukun, serta tidak diikuti hamzah.

Ada banyak sekali makna – makn lainnya yang bisa menggambarkan hukum bacaan mad silah qashirah ini, namun inti dari pengertiannya pun kami kira sama saja.



Hukum Bacaan Mad Silah Qashirah

Suatu bacaan dihukumi dibaca Mad Silah Qashirah adalah ketika ada ha’ dhomir  ( ــهُ \ ــهِ \ هُ \ هِ ) yang berada sesudah huruf yang berharakat, kecuali waqaf atau huruf sukun atau mati yang mana tidak perlu dihubungkan dengan huruf setelahnya, seperti bacaan tasydid atau huruf yang sukun atau mati.

Hukum dari bacaan tajwid Mad Silah Qashirah adalah dibaca dengan panjang 1 alif atau sama dengan 2 rakaat atau 2 ketukan yang panjangnya seperti panjang dari Mad Thobi’i.

Leave a Reply

Your email address will not be published.