Contoh Bacaan Mad Silah Tawilah

Posted on

Contoh Bacaan Mad Silah Tawilah Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang bacaan tajwid Mad Silah Tawilah yang disertai dengan contoh – contohnya.



Terdapat aturan – aturan yang perlu diperhatikan dalam membaca ayat suci Al Qur’an. Seperti memperhatikan tempat keluarnya huruf atau cara pelafalan huruf dan juga sifat – sifat yang dimiliki oleh huruf tersebut.

Kalian pasti sudah banyak yang mengenal ilmu tajwid. Ilmu untuk mempelajari  bagaimana cara untuk mngucapkan atau membunyikan huruf – huruf yang terdapat di dalam kitab suciAl – Qur’an maupun bukan disebut disebut dengan Ilmu Tajwid.

Baca juga: Contoh Bacaan Mad Silah Qasirah, Ayat Dan Suratnya

Baca juga: Bacaan Sholawat Allahumma Sholli Sholatan

Di dalam tajwid ada banyak sekali hukum bacaan yang harus diterapkan ketika kita membaca Al – Qur’an, salah satu hukum bacaanya adalah bacaan Mad.

Di dalam tajwid hukum bacaan Mad merupakan salah satu hukum bacaan yang mana memiliki arti diperpanjang atau menambahkan .

Di dalam hukum bacaan mad ini pun terdiri dari berbagai macam hukum bacaan mad, seperti mad thobi’i, mad jaiz munfashil, mad silah qasirah, mad silah thawilah, dan masih banyak lagi.



Pada artikel kali ini, sesuai dengan judul yang tertera kami akan fokus dalam membahas mad silah tawilah.

Apakah di antara kalian sudah tau apa yang dimaksud dengan Mad Silah Qasirah?

Mari simak penjelasan tentang Mad Silah Qasirah berikut ini.

Baca juga: Arti La Taghdob Walakal Jannah (Pembahasan Hadits)

Baca juga: Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir

Pengertian Mad Silah Tawilah

Mad silah tawilah menurut bahasa adalah kata mad itu sendiri berarti panjang, kata shilah berarti hubungan. Sedangkan menurut istilah, mad silah tawilah itu sendiri adalah sebuah mad tambahan yang disebabkan oleh Ha’ dhomir.

Ha’ dhomir merupakan kata ganti benda atau orang ketiga tunggal. Ha’ dhomir ini bisa juga disebut dengan ha’ kinayah. Ha’ kinayah merupakan ha’ tambahan yang menunjukkan mufrod mudhzakar ghoib atau orang ketiga tunggal.



Mad silah tawilah atau mad silah thowilah merupakan salah satu dari hukum bacaan tajwid yang termasuk dalam golongan tajwid hukum bacaan mad. Menurut istilah, mad silah thawilah ini merupakan hukum bacaan yang apabila setelah ha’ dhomir terdapat hamzah qothi.

Jadi dapat disimpulkan bahwa syarat terjadinya hukum bacaan mad silah thawilah adalah adanya huruf hamzah setelah ha’ dhomir,

Baca juga: Doa Hamdan Syakirin Dan Artinya

Leave a Reply

Your email address will not be published.