Contoh Makalah Komunikasi

Posted on

Makalah Komunikasi – Dalam menyusun sebuah makalah akan banyak menemui hambatan dan kesulitan oleh karena itu dibutuhkan motivasi dan dorongan yang kuat dari berbagai pihak. Salah satu hambatan biasanya adalah data yang sulit diperoleh dan para stakeholder yang sulit untuk berkerja sama.



Di bawah ini ada beberapa contoh makalah komunikasi yang tentunya banyak terdapat kekurangan. Diperlukan beberapa penyesuaian untuk Anda yang juga sedang mengerjakan tugas untuk membuat makalah tentang komunikasi. Langsung saja, berikut ini makalahnya bisa Anda jadikan referensi.

makalah tentang komunikasi

                                                                                          BAB 1

                                                                            PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Mungkin sebagian dari anda masih belum tahu pengertian dari komunikasi. Komunikasi merupakan salah satu dari aktivitas manusia yang dikenali oleh semua orang tetapi hanya sedikit orang yang bisa mendefenisikannya secara jelas dan memuaskan. Komunikasi mempunyai berberapa variasi definisi yang tak terhingga yaitu berbicara satu  sama lain, televisi, penyebaran informasi, dan masih banyak lagi.



Isilah komunikasi berasal dari bahasa latin communication yaitu dari kata communis yang memiliki arti sama makna tentang sesuatu hal. Atau dengan kata lain, suatu peristiwa komunikasi dapat berlangsung jika orang-orang yang terlibat di dalamnya mempunyai kesamaan persepsi atau makna tentang sesuatu hal yang dikomunikasikan. Sebagai istilah, komunikasi berarti sebagai penyampaian dan penerimaan pesan atau informasi di antara dua orang atau lebih dengaan menggunakan simbol verbal dan non verbal.

Menurut Ruben dan Stewerdn berpendapat bahwa komunikasi merupakan sebuah proses yang melibatkan individu-individu dalam suatu hubungan kelompok, organisasi, dan masyarakat yang merespon dan menciptakan pesan untuk beradaptasi dengan lingkungan antara satu sama lain. Sedangkan dalam paradigma Laswell menyatakan bahwa komunikasi itu harus mempunyai komunikator, pesan, media, komunikan, dan efek.

Teori komunikasi matematis dari Shannon dan Wever (1949;Weaver, 1949b) telah diterima secara luas untuk menjadi salah satu dasar berkembangnya ilmu komunikasi. Teori ini merupakan contoh yang sangat jelas dari mahzab proses, yang memandang bahwa komunikasi sebagai transmisi pesan. Pemikiran mereka telah berkembang selama perang dunia II di dalam Bell Telephone Laboratories di Amerika Serikat, dan mereka lebih fokus untuk mencari jalan bagaimana supaya saluran-saluran komunikasi bisa digunakan seefisien mungkin. Bagi mereka saluran utama yaitu kabel telepon dan gelombang radio.

Mereka membuat suatu teori yang akan memungkinkan mereka untuk mendekati permasalahan terkait bagaimana mereka mengirimkan informasi dalam jumlah maksimal pada saluran yang ada, dan bagaimana cara mengukur kapasitas suatu saluran untuk membawa informasi. Konsentrasi pada saluran dan kapasitasnya sesuai bagi semua akademisi yang mempunyai latar belakang matematika dan mesin, tetapi mereka juga mengatakan bahwa teori mereka bisa diterapkan secara luas pada keseluruhan pertanyaan yang berkaitan dengan komunikasi manusia.

makalah komunikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.