Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Manajemen – Dalam suatu perusahaan diperlukan adanya manajemen yang baik. Tidak hanya itu, bahkan untuk urusan terkecil pun kita butuh manajemen. Misalnya manajemen waktu supaya waktu kita tidak terbuang percuma.



Lantas apa itu manajemen? Soal pengertian manajemen ada banyak sekali ahli yang mengemukakan pendapat. Pendapat ahli tentang definisi manajemen sangat beragam. Akan tetapi pada intinya saja. Maka dari itu pada kesempatan ini kami akan berikan pembahasan tentang manajemen, baik secara umum, etimologi, menurut pendapat ahli, fungsi manajemen dan unsur-unsur manajemen.

pengertian manajemen

Pengertian Manajemen

Secara umum manajemen adalah suatu proses untuk mengatur sesuatu yang dilakukan oleh sekelompok orang atau organisasi untuk mencapai tujuan organisasi tersebut dengan cara bekerjasama memanfaatkan sumber daya yang dimiliki.

Secara etimologi, manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ‘menagement’, yang berarti seni dalam mengatur dan melaksanakan. Manajemen juga bisa diartikan sebagai upaya perencanaan, pengkoordinasian, pengorganisasian maupun pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien.

Efektif yang dimaksud dalam konteks ini adalah untuk mencapai tujuan sesuai dengan perencanaan dan efisien untuk melaksanakan pekerjaan dengan benar dan terorganisir.

Baca juga: Fungsi Dan Manfaat Manajemen

Hani Handoko berpendapat ada tiga alasan utama mengapa manajemen dibutuhkan, yakni:

  • Manajemen diperlukan agar tujuan pribadi dan organisasi dapat tercapai
  • Berikutnya, manajemen juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan antara tujuan-tujuan, sasaran, dan kegiatan, yang saling bertentangan dari pihak yang punya kepentingan dalam organisasi.
  • Manajemen dibutuhkan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas suatu kerja organisasi

Suatu organisasi yang sedang berkembang memerlukan manajemen dalam beberapa hal. Seperti manajemen strategi, manajemen sumber daya manusia, produksi, pemasaran dan lain-lain.



definisi manajemen

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Ada cukup banyak definisi manajemen menurut pendapat ahli. Pendapat-pendapat ini memiliki perbedaan, namun pada intinya sama sehingga bisa kita jadikan referensi untuk memahami apa itu manajemen.

  • Mary Parker Follet

Mary Parker Follet menyampaikan pendapat bahwa manajemen adalah sebuah seni dalam menyelesaikan pekerjaan lewat orang lain. Dengan kata lain seorang manajer memiliki tugas untuk mengatur dan mengarahkan orang lain guna mencapai tujuan suatu organisasi.

  • George R. Terry

Pengertian manajemen menurut George R. Terry adalah sebuah proses yang khas, yang terdiri dari beberapa tindakan, seperti perencanaan, pengorganinasian, menggerakkan, dan pengawasan. Seluruh hal tersebut dilakukan untuk menentukan dan mencapai target atau sasaran yang ingin dicapai dengan memanfaatkan semua sumber daya. Termasuk sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

  • Henry Fayol

Manajemen menurut Henry Fayol adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengawasan atau kontrol terhadap sumber daya yang ada supaya mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

  • Ricky W. Griffin

Definisi manajemen adalah sebuah proses perencanaan, proses organisasi, proses koordinasi dan proses kontrol terhadap sumber daya untuk meraih tujuan dengan efektif dan efisien. Efektif artinya tujuan bisa tercapai sesuai rencana. Sementara efisien artinya tugas dijalankan dengan benar, teroganisir, dan selesai sesuai jadwal.



  • Lawrence A. Appley

Arti manajemen menurut Lawrence A. Appley adalah sebuah keahlian yang dimiliki seseorang atau organisasi untuk menggerakkan orang lain supaya bersedia melakukan sesuatu.

  • Oey Liang Lee

Manajemen merupakan ilmu atau seni dalam perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengendalian terhadap sumber daya yang ada guna mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

  • Hilman

Manajemen bisa diartikan sebagai fungsi untuk mencapai suatu tujuan lewat perantara kegiatan orang lain serta mengawasi usaha-usaha setiap individu guna mencapai tujuan yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.