Manfaat Penelitian Adalah

Posted on

Contoh Manfaat Penelitian – Selamat datang di website kami. Setelah membahas tentang cara menyusun karya ilmiah penelitian, kali ini kami akan membahas salah satu bagian yang tak kalah pentingnya yaitu contoh manfaat penelitian. Namun sebelum itu kami akan membahas terlebih dulu mengenai cara membuat tujuan penelitian.



Bagaimana cara membuat tujuan penelitian yang tepat?

Pertanyaan ini akan sering muncul ketika anda sudah selesai untuk membuat rumusan masalah. Pada pembahasan sebelumnya kami sudah menuliskan cara membuat latar belakang, dan cara membuat rumusan masalah. Apabila anda belum membacanya maka kami menyarankan kepada anda untuk membacanya terlebih dahulu.

Pengertian Tujuan Penelitian

Sebelum memulai untuk membuat dan memberikan contoh-contoh dari tujuan penelitian. Saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Tujuan Penelitian itu sendiri. Tujuan penelitian adalah kalimat yang dapat menunjukan indikasi kearah mana penelitian dilakukan atau data-data serta informasi apa yang akan dicapai dari penelitian tersebut. Bentuk kalimat dari tujuan penelitian yaitu berupa pertanyaan yang konkrit. Jadi bukan berupa kalimat tanya. Kalau untuk kalimat tanya itu sama seperti rumusan masalah.

Baca juga : Contoh Populasi Dan Sampel

Perlu anda ketahui bahwa tujuan penelitian ini ada tiga macam bentuknya. Penelitian umumnya memiliki tujuan untuk menemukan ilmu yang baru, mengembangkan pengetahuan yang sudah ada dan menguji pengetahuan yang ada.

Sementara itu, beberapa ahli menyebutkan bahwa Tujuan penelitian dapat dibedakan menjadi :



  1. Eksploratif adalah penelitian yang memiliki tujuan untuk menemukan suatu pengetahuan baru yang belum pernah ada.
  2. Verivikatif adalah penelitian yang memiliki tujuan untuk menguji suatu teori yang sudah ada. Sehingga akan ditemukan sebuah hasil penelitian yang bisa menggugurkan atau memperkuat pengetahuan atau teori yang sudah ada.
  3. Development atau pengembangan adalah penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan penelitian yang sudah ada.

Ada pula yang membagi tujuan penelitian menjadi umum dan khusus. Jadi terdiri atas dua macam, yakni tujuan umum dan khusus, berikut ini adalah penjelasan selengkapnya:

  • Tujuan umum yaitu tujuan penelitian secara keseluruhan dari yang ingin dicapai dalam penelitian itu sendiri.
  • Tujuan khusus yaitu tujuan yang lebih spesifik. Umumnya menggunakan kata-kata operasional sehingga akan lebih jelas untuk dicapai. Tujuan khusus ini biasanya juga menjadi dari tujuan umum.

Meskipun demikian dalam sebuah penelitian atau penulisan karya tulis ilmiah, tujuan umum dan khusus tidak diharuskan ada. Namun jika tujuan umum yang kita buat sudah spesifik maka kita  sudah tidak perlu lagi untuk membuat tujuan khususnya. Begitu juga sebaliknya, jika kita sudah membuat tujuan khusus yang spesifik maka sudah tidak perlu lagi membuat tujuan umum. Hanya cukup menuliskan dengan tujuan penelitian saja. Lantas bagaimana cara menuliskan tujuan penelitian?

Leave a Reply

Your email address will not be published.