Lafadz Masya Allah Tulisan Dan Artinya, Sebagai Pengingat Kita Kepada Allah

Posted on

Masya Allah Arab Dan Artinya – Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang bacaan lafadz mashaa allah disertai dengan artinya.



Lafadz masya allah tentunya sudah sangat sering kita dengar ataupun kita ucapkan. Sebagai umat muslim pasti sering sekali mengucapkan masya allah ketika melakukan komunikasi di kehidupan seharai – hari.

Baca juga: Lafadz Laa Ilaaha Illallah Tulisan Arab, Latin Dan Artinya

Baca juga: Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nashir, Penulisan dan Keutamaannya

Lafadz masya allah ini digunakan untuk mengungkapkan atau mengekspresikan banyak hal seperti rasa kagum, rasa senang, bersyukur, rasa sedih dan lain sebagainya.

Namun, di sisi lain lafadz masya allah juga menjadi pengingat bahwasanya segala sesuatu yang dapat kita capai atau yang kita kagumi semuanya adalah ciptaan Allah. Menjadi pengingat bahwa kita hanyalah seorang mahkluk yang tidak ada apa – apanya tanpa campur tangan Allah Swt.



Lafadz masya allah apabila dituliskan dalam tulisan Arab adalah sebagai berikut :

مَا شَاءَ ٱللَّٰهُ

Yang artinya : “Inilah yang dikehendaki Allah Swt”

Baca juga: Arti Lillahi Taala Dan Tulisan Arabnya

Baca juga: Arti Kata Meja Dalam Bahasa Arab

Tulisan arab masya allah ini terdapat pada ayat suci Al Qur’an tepatnya di dalam Surat Al Kahfi ayat 39 yang berbunyi,



وَلَوْلَآ اِذْ دَخَلْتَ جَنَّتَكَ قُلْتَ مَا شَاۤءَ اللّٰهُ ۙ لَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللّٰهِ ۚاِنْ تَرَنِ اَنَا۠ اَقَلَّ مِنْكَ مَالًا وَّوَلَدًاۚ – ٣٩

Artinya: Dan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, la quwwata illa billah” (Sungguh, atas kehendak Allah, semua ini terwujud), tidak ada kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah, sekalipun engkau anggap harta dan keturunanku lebih sedikit daripadamu.

Seperti yang sudah dikataka sebelumnya bahwa masya allah merupakan pengingat bagi kita atas kekuasaan Allah Swt. Maka sudah seharusnya jika kita mengungkapkan rasa kagum, rasa senang, rasa gembira kita mengucapkan masya allah.

Selain masya allah, juga bisa mengucapkan subhanallah, alhamdulillah, allahuakbar, dll apabila melihat sesuatu hal yang dikagumi atau dibanggakan. Agar kita tidak sombong dan tetap mengingat kekuasaan Allah.

Baca juga: Bacaan Taawudz Auudzu Billaahi Minasy-syaithoonir Rojiim, Minta Perlindungan Dari Allah SWT

Baca juga: Tulisan Arab La Haula Wala Quwwata Illa Billahil Aliyil Adzim

Itulah yang dapat kami sampaikan tentang arti dari kata masya allah dan juga artinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang membacanya. Aamiin yaa robbal alamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.