Pengertian Masyarakat Ekonomi ASEAN

Posted on

MEA Adalah – Kerjasama apabila dilihat tujuannya adalah upaya yang dilakukan untuk mencapai suatu hasil yang lebih besar. Hal ini juga berlaku dengan kerjasama yang terjalin antar negara, yaitu untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih memberikan banyak manfaat entah itu dalam aspek ekonomi, politik, sosial budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi.



Pastinya setiap negara sadar akan kekurangan yang dimilikinya seperti dalam keterbatasan sumber daya manusia ataupun sumber daya energi, sehingga hal ini terpaksa membuat mereka bergantung pada negara lain melalui sebuah kerja sama Internasional.

Inilah yang menjadi alasan utama terbentuknya organisasi-organisasi dunia seperti OPEC, IMF, dan ASEAN.  Untuk ASEAN, organisasi yang satu ini lahir pada 8 Agustus 1967 yang digagas dan beranggotakan negara Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand.

Lalu perubahan keanggotaan ASEAN sudah mulai berkembang setelah masuknya Brunei, Kamboja, Myanmar, dan Vietnam ke dalam anggota ASEAN.

masyarakat ekonomi asean

Dengan adanya organisasi ASEAN ini telah merubah peta kekuatan ekonomi dunia yang sebelumnya hanya berpusat pada Amerika dan China. Melalui ASEAN banyak sekali kebijakan dan kesepakatan yang mulai bermunculan untuk membawa perubahan terhadap pertumbuhan ekonomi Asia, dan yang sering dibicarakan sekarang ini adalah MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN).

Gagasan terbentuknya MEA sudah direncanakan pada tahun 1997 lalu melalui KTT di malaysia, pada waktu gagasan muncul karena didasari atas keinginan terwujudnya  kawasan baru yang mempunyai kemakmuran, kestabilan politik, dan pertumbuhan ekonomi yang bersaing.



Kemudian gagasan ini semakin menguat hingga sampai diadakan lagi KTT di Bali pada bulan Oktober tahun 2003 yang menghasilkan kesepakatan MEA untuk tercapai di tahun 2020 kemarin.

Perubahan gelombang ekonomi yang sangat tak menentu yang telah terjadi pada  Eropa dan Amerika, menjadi penyebab utama perubahan pelaksanaan MEA.

MEA yang awal mulanya direncakan pada tahun 2010 telah mengalami perubahan setelah adanya kesepakatan dari anggota, yakni pelaksanaanya semakin dipercepat pada tahun 2015.

Baca juga: Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

Pengertian Masyarakat Ekonomi ASEAN

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau ASEAN Economic Community (AEC) adalah suatu sistem untuk mendapatkan sebuah kesepakatan dalam mengintegrasikan ekonomi antar negara ASEAN.

Dilihat dari namanya, sudah sangat jelas sekali bahwa fokus dari MEA ini adalah bidang ekonomi. Ekonomi sendiri mempunyai peran penting dalam kemajuan sebuah negara, dan MEA merupakan media yang paling tepat untuk dapat bersaing dengan ekonomi Amerika, Eropa, dan China.

Terkait dengan perluasan ekonomi, MEA sudah merencanakan peta ekonomi baru yang sangat menguntungkan bagi negara-negara ASEAN yakni dengan membukan pasar perdagangan bebas.



Dibukanya perdagangan bebas ini, maka akan semakin mengurangi kesulitan-kesulitan yang selama ini menjadi penghalang dalam kegiatan ekspor impor seperti peraturan bea cukai.

ekonomi asean

Di Indonesia sendiri MEA sudah mulai diberlakukan pada bulan Desember 2015, walaupun pada awalnya menimbulkan banyak kekhawatiran bagi kebanyakan orang akan daya saing yang dimiliki oleh tenaga kerja dan masyarakat, tetapi hal ini tidak menjadi suatu halangan, karena pada intinya MEA merupakan peluang bagi sebuah negara untuk lebih produktif lagi dalam kegiatan ekonomi dan bagi masyarakat yang merupakan pelaku usaha adalah momen yang paling tepat untuk memperkenalkan brand dalam negeri ke dunia Internasional.

Salah satu langkah Indonesia dalam menghadapi MEA adalah dengan menumbuhkan sektor-sektor UKM, semenjak sebelum atau sesudah MEA diberlakukan, pemerintah sangat gencar dalam memberikan dorongan untuk meningkatkan peran dari UKM dalam memperluas pasar domestik dan internasioan.

Disamping itu, pemerintah juga memberikan program-program edukasi baik dalam sarana dan perasarana yang akan memudahkan UKM untuk lebih meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan juga modernisasi kegiatan usaha.

Tujuan Masyarakat Ekonomi ASEAN

Adanya MEA adalah mewujudkan pertumbuhan seutuhanya yang tidak hanya didasarkan  atasa kepentingan ekonomi saja, tetapi juga membangun kehidupan masyarakat supaya mampu untuk mengatasi perubahan yang bisa saja terjadi pada aspek sosial dan lainnya.

pengertian mea

Adapun tujuan dari kesepakatan MEA secara menyeluruh adalah sebagai berikut :

  1. Memperkuat Hubungan antar negara ASEAN

Pada umumnya, antar negara satu dengan negara yang lainnya akan memiliki suatu ketergantungan. Jenis ketergantungan dalam hal ekonomi suatu negara ialah adanya kegiatan ekspor impor, keterbatasan sumber daya menjadi alasan paling utama yang mendasari kegiatan ekspor impor ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *