Pengertian Masyarakat Ekonomi ASEAN

Posted on

Dibukanya perdagangan bebas ini, maka akan semakin mengurangi kesulitan-kesulitan yang selama ini menjadi penghalang dalam kegiatan ekspor impor seperti peraturan bea cukai.



ekonomi asean

Di Indonesia sendiri MEA sudah mulai diberlakukan pada bulan Desember 2015, walaupun pada awalnya menimbulkan banyak kekhawatiran bagi kebanyakan orang akan daya saing yang dimiliki oleh tenaga kerja dan masyarakat, tetapi hal ini tidak menjadi suatu halangan, karena pada intinya MEA merupakan peluang bagi sebuah negara untuk lebih produktif lagi dalam kegiatan ekonomi dan bagi masyarakat yang merupakan pelaku usaha adalah momen yang paling tepat untuk memperkenalkan brand dalam negeri ke dunia Internasional.

Salah satu langkah Indonesia dalam menghadapi MEA adalah dengan menumbuhkan sektor-sektor UKM, semenjak sebelum atau sesudah MEA diberlakukan, pemerintah sangat gencar dalam memberikan dorongan untuk meningkatkan peran dari UKM dalam memperluas pasar domestik dan internasioan.

Disamping itu, pemerintah juga memberikan program-program edukasi baik dalam sarana dan perasarana yang akan memudahkan UKM untuk lebih meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan juga modernisasi kegiatan usaha.

Tujuan Masyarakat Ekonomi ASEAN

Adanya MEA adalah mewujudkan pertumbuhan seutuhanya yang tidak hanya didasarkan  atasa kepentingan ekonomi saja, tetapi juga membangun kehidupan masyarakat supaya mampu untuk mengatasi perubahan yang bisa saja terjadi pada aspek sosial dan lainnya.

pengertian mea



Adapun tujuan dari kesepakatan MEA secara menyeluruh adalah sebagai berikut :

  1. Memperkuat Hubungan antar negara ASEAN

Pada umumnya, antar negara satu dengan negara yang lainnya akan memiliki suatu ketergantungan. Jenis ketergantungan dalam hal ekonomi suatu negara ialah adanya kegiatan ekspor impor, keterbatasan sumber daya menjadi alasan paling utama yang mendasari kegiatan ekspor impor ini.

Disinilah letak pentingnya menjalin kerjasama dengan bangsa lain, selain dapat meningkatkan perekonomian suatu negara ternyata juga akan memberikan dampak pada kemajuan dalam bidang sosial.

Terbentuknya ASEAN adalah suatu realisasi dari kerjasama yang didasari atas visi dan status sosial yang sama sebagai rakyat Asia dalam menatap perkembangan ekonomi di masa yang akan datang dan sebagai wadah untuk bisa saling menguatkan perekenomian supaya suatu negara mampu bersaing dengan negara-negara lain.

Dengan hadirnya ASEN Sebagai media untuk menjalin kerjasama, maka akan memberikan dampak pada peningkatan hubungan antar negara-negara ASEAN.

Dalam kondisi seperti ini maka akan mempermudah untuk membuka potensi baru dalam menarik investasi, kerjasama pembangunan infrastruktur, dan menciptakan sinergi terhadap fasilitas-fasilitas yang akan memberikan ruang untuk mempermudah terjalinnya kerjasama dalam berbagai bidang.



  1. Mewujudkan Sistem Perbankan

Dengan terbukanya pasar perdagangan bebas akan memberikan peluang besar untuk semakin memperluas jaringan dan pasar dalam memperkenalkan keunggulan-keunggulan bersaing yang dimiliki oleh lembaga-lembaga dalam negri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.