Pengertian Masyarakat Ekonomi ASEAN

Posted on

Dan berkaitan dengan politik luar negeri diharapkan mampu meningkatkan peran dan terintegrasi baik dalam menjalin kerjasama dengan dunia luar.



dampak mea

  1. Sosial Budaya

Dalam menciptakan sebuah masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap nilai-nilai kemanusiaan, MEA memiliki peran dalam membuat wadah yang dapat digunakan untuk membentuk suatu masyarakat yang menjunjung tinggi nilai sosial budaya.

Tujuan dari peran tersebut adalah menunjukkan rasa solidaritas dan kepekaan sosial antar negara, sehingga dengan saling menjaga sikap ini, maka akan membangun harmonisasi dalam membentuk kepedulian terhadap perkembangan berbagai kehidupan sosial masyarakat.

Tujuan lain dari peran ini adalah untuk mewujudkan kesejahteraan dan perlindungan masyarakat agar tercipta kehidupan yang berkeadilan dalam menjamin terwujudnya hak dari masing-masing masyarkat, sehingga akan terbentuk suatu masyarakat yang memiliki kesetaraan dalam berbagai aspek sosial, budaya, dan hukum.

Baca juga: Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi

Kesimpulan

Tujuan MEA secara menyeluruh adalah untuk meningkatkan hubungan antara negara ASEAN dengan melakukan banyak kerjasama di berbagai bidang:

1. Mewujudkan sistem perbankan yang lebih terpadu mengingat mobilitas kegiatan produksi jauh lebih fleksibel di berbagai negara.
2. Menciptakan sebuah standard platform sistem keuangan yang memiliki tujuan dalam kemudahan distribusi produksi
3. Meningkatkan ketahanan pangan, sosial, dan budaya dengan cara menjaga dan karakter dan rasa kemanusiaan yang tinggi dalam bermasyarakat.



Pembahasan mengenai Masyarakat Ekonomi Asean di atas semoga dapat menambah wawasan dan membantu menyelesaikan tugas di kampus / sekolah. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.