Materi MOS SD, SMP, SMA Terbaru

Posted on

Materi MOS SD, SMP, SMA 2022 – 2023 – Menjelang tahun pelajaran baru 2022-2023 setiap sekolah dipastikan akan melakukan kegiatan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) yang dimulai dari tingkat kanak-kanak seperti PAUD atau TK, Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK/MA) dan bahkan tingkat universitas.



MOPD (Masa Orientasi Peserta Didik) sebenarnya merupakan sebutan baru karena sebelumnya biasa disebut dengan MOS (Masa Orientasi Siswa), dan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). Saat melaksanakan kegiatan tersebut umumnya akan disampaikan beberapa materi penting dengan tujuan untuk menambah wawasan bagi siswa terhadap lingkungan di sekolah barunya.

Maka dari itu, kami disini akan bagikan materi MOS untuk SD, SMP, dan SMA sederajat yang bisa Anda gunakan sebagai persiapan atau referensi. Namun sebelum itu kita akan bahas terlebih dahulu mengenai pengertian MOS. Langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Baca juga: Materi MPLS SMP Dan SMA

Pengertian MOS (Masa Orientasi Siswa)

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa MOS dan MOPD pada intinya memiliki arti yang sama, MOS adalah singkatan dari masa orientasi siswa sedangkan MOPD merupakan masa orientasi peserta didik.  MOS merupakan suatu kegiatan penting yang dilakukan oleh setiap sekolah ketika memasukti tahun pelajaran baru dengan tujuan untuk menyambut kedatangan siswa siswi baru.

Kegiatan MOS biasanya banyak dijumpai pada tingkat pendidikan SMP dan SMA, namun tak jarang juga dilaksanakan di tingkat pendidikan SD. Hampir seluruh sekolah yang ada di Indonesia baik itu sekolah negeri ataupun swasta pada umumnya melaksanakan kegiatan ini karena untuk memperkenalkan almamater dan sekolah pada peserta didik baru. Pada perguruan tinggi kegiatan yang serupa seperti MOS ini biasa disebut dengan OSPEK (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus).



Orientasi sendiri berarti suatu perkenalan. Perkenalan dalam hal ini meliputi perkenalan lingkungan fisik sekolah dan lingkungan sosial sekolah. Adapun contoh lingkungan fisik sekolah yaitu sarana dan prasaran sekolah, seperti misalnya jalan untuk menuju sekolah, halaman sekolah, tempat bermain yang ada di sekolah, lapangan olahraga, gedung, perlengkapan sekolah, dan berbagai fasilitas lainnya yang disediakan oleh sekolah. Sementara yang termasuk contoh lingkungan sekolah adalah kepala sekolah, guru, staff dan juga teman-teman.

Selain memiliki tujuan untuk memperkenalkan siswa terhadap lingkungan baru, MOS juga dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. Masa pengenalan lingkungan sekolah biasanya akan dilaksankan oleh siswa yang merupakan anggota dari  OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah). Dalam hal ini guru hanya memiliki peran sebagai pengawas, asisten dan memantu kegiatan selama MPLS dilaksanakan.

Siswa akan meninggalkan lingkungan sekolah yang lama kemudian digantikan dengan lingkungan yang baru dan penghuni baru. Dengan adanya MOS, maka siswa atau peserta didik baru diharapkan mampu untuk menghadapi lingkungan dan budaya baru disekolah yang sudah pasti sangat berbeda dengan sekolah yang sebelumnya.

Materi MOS Tahun Pelajaran 2022/2023

Materi MOS terbagi menjadi 2, yakni materi wajib dan materi pilihan. Berikut ini adalah beberapa contoh materi MOS 2020/2021 yang biasa disampaikan saat melaksanakan kegiatan MOPD (Masa Orientasi Peserta Didik) yang dilengkapi dengan keterangannya sebagai berikut ini:

Materi Wajib

  1. Wawasan Wiyata Mandala

Materi wajib yang pertama dalam kegiatan MOS adalah wawasan wiyata mandala. Peserta didik akan mendapatkan pengetahuan mengenai arti dan makna dari wawasan wiyata mandala. Selain itu, dalam materi ini juga akan dibahas mengenai unsur-unsur wiyata mandala. Bahkan pemateri juga akan memberikan informasi lebih detail tentang sekolah dan fungsinya, supaya peserta didik menjadi paham apa saja tujuan mereka berangkat ke sekolah setiap hari.



Hal tersebut secara tidak langsung akan mengurangi tingkat kemalasan peserta didik saat sekolah. Mereka juga memiliki tujuan yang jelas mengapa mereka harus berangkat ke sekolah.

  1. Pramuka

Peserta didik akan dijelaskan mengenai betapa pentingnya mengikuti kegiatan pramuka yang diadakan oleh sekolah. Sebab, hal ini merupakan sebuah proses pendidikan yang di lakukan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan sekolah dengan harapan saat mengikuti kegiatan pramuka ini bisa membentuk watak, akhlak, budi pekerti luhur, menjadi warga negara yang memiliki jiwa pancasila, setia dan patuh kepada NKRI serta menjadi masyarakat yang baik dan berguna.

  1. Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

Dalam materi ini peserta didik juga akan dijelaskan mengenai betapa pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara. Hal ini karena adanya pengaruh globalisasi belakangan ini serta panasnya suhu politik yang ada di Indonesia membuat kebanyakan orang lebih mementingkan dirinya sendiri. Bahkan mereka lebih mementingkan golongannya  jika dibandingkan dengan bangsa dan negaranya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *