Materi MOS SD, SMP, SMA Terbaru

Posted on



Hal tersebut secara tidak langsung akan mengurangi tingkat kemalasan peserta didik saat sekolah. Mereka juga memiliki tujuan yang jelas mengapa mereka harus berangkat ke sekolah.

  1. Pramuka

Peserta didik akan dijelaskan mengenai betapa pentingnya mengikuti kegiatan pramuka yang diadakan oleh sekolah. Sebab, hal ini merupakan sebuah proses pendidikan yang di lakukan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan sekolah dengan harapan saat mengikuti kegiatan pramuka ini bisa membentuk watak, akhlak, budi pekerti luhur, menjadi warga negara yang memiliki jiwa pancasila, setia dan patuh kepada NKRI serta menjadi masyarakat yang baik dan berguna.



  1. Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

Dalam materi ini peserta didik juga akan dijelaskan mengenai betapa pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara. Hal ini karena adanya pengaruh globalisasi belakangan ini serta panasnya suhu politik yang ada di Indonesia membuat kebanyakan orang lebih mementingkan dirinya sendiri. Bahkan mereka lebih mementingkan golongannya  jika dibandingkan dengan bangsa dan negaranya sendiri.

Oleh karena itu, sekarang ini peserta didik disiapkan sebaik mungkin untuk memajukan bangsa dan negaranya sendiri. Mereka pun harus memiliki kesadaran berbangsa dan  bernegara yang baik sehingga nantinya bisa berguna bagi bangsa dan negara.

  1. Belajar Efektif

Peserta didik  juga akan mendapatkan materi tentang bagaimana cara belajar efektif. Sehingga mereka tidak akan merasa bosan saat membaca buku pelajaran ataupun mengerjakan tugas. Seperti yang kita tahu bahwa teknologi sekarang ini sudah semakin canggih, inilah yang kemudian membuat siswa menjadi malas untuk belajar. Mereka lebih suka suka untuk menonton video online dan bahkan main game di android.

Tak heran, zaman sekarang ini sudah ada banyak sekali anak SD yang mendapat fasitas HP android dari orang tuanya, bahkan HP tersebut terkadang lebih bagus daripada hp yang dimiliki oleh gurunya sendiri.

  1. Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter merupakan hal penting yang harus ditegakkan di lingkungan sekolah. Hal ini telah diatur dalam Permendikbud Nomor 20 tahun 2018 mengenai penguatan pendidikan karakter dalam satuan pendidikan formal. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan pendidikan karakter?

Penguatan pendidikan karakter merupakan gerakan pendidikan yang merupakan tanggung jawab setiap pendidikan dengan tujuan untuk menguatkan karakter peserta didik dengan melalui harmonisasi hati, olah rasa, olah pikir, dan olahrga dengan melibatkan serta kerja sama yang dilakukan antar satuan pendidikan, keluarga, dan juga masyarakat yang menjadi bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental.

  1. Tata Krama Siswa

Tata krama siswa juga menjadi materi yang tak kalah penting untuk diberikan kepada siswa. Hal ini karena kebanyakan akhlak peserta didik sekarang sudah mulai merosot dan luntur, sehingga tata krama yang dimiliki seorang siswa kepada temannya, gurunya, dan juga orang tuanya menjadi hal penting untuk ditegakkan kembali.

Jangan sampai terjadi hal-hal buruk seperti yang ada pada berita-berita di media nasional yang sudah beredar belakangan ini, dimana siswa tidak memiliki tata krama sama sekali karena berani memukul gurunya sendiri.

  1. Memperkenalkan Kurikulum Pendidikan (Kurikulum 2013)

Materi selanjutnya adalah memperkenalkan kurikulum pendidikan terbaru yaitu kurikulum 2013 atau yang biasa disebut dengan K-13. Kurikulum 2013 memang tergolong kurikulum yang masih baru dan diberlakukan oleh pemerintah untuk semua jenjang pendidikan.  Pada kurikulum 2013 ini telah mengalami perubahan secara besar-besaran mengenai materi pembelajaran yang diberikan untuk peserta didik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *