Materi MPLS SMP SMA Tahun 2021-2022

Posted on

Materi MPLS SMP SMA Tahun 2021-2022  – Saat memasuki tahun ajaran baru setiap sekolah sudah pasti akan melakukan proses penerimaan siswa siswi baru. Sekolah juga berharap bisa mendapatkan banyak siswa baru, yang dimana mereka biasanya akan melakukan suatu promosi supaya bisa menarik minat siswa baru untuk bisa mendaftar di sekolah yang sesuai dengan yang diharapkan.



Dalam penerimaan siswa baru, sekolah akan menyiapkan beberapa hal penting untuk melaksanakan PPDB. Salah satunya adalah menyiapkan formulir pendaftaran baru dan membuat brosur PPDB. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi secara lebih jelas mengenai persyaratan dan pengenalan sekolah tentang kelebihan atau keunggulan dari sekolah yang ingin dituju.

Apabila penerimaan siswa baru sudah selesai dilakukan maka tahapan berikutnya adalah memberikan materi tentang program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Materi ini sangat dibutuhkan oleh siswa baru sehingga mereka nantinya bisa mengetahui aturan yang diberlakukan pada sekolah tersebut. Disamping itu, mereka juga akan memiliki wawasan baru sehingga bisa mengenal dan beradaptasi dengan baik di lingkungan sekolah tersebut.

Materi MPLS ini memang penting untuk diberikan kepada siswa baru karena memiliki tujuan utama untuk memberikan pengenalan mengenai situasi dan kondisi sekolah yang ingin ditempatinya.  Bahkan juga bisa melatih mental siswa baru sehingga bisa berinteraksi dengan lingkungan dan warga sekolah.

Penting untuk diketahui bahwa MPLS harus sesuai dengan permendikbud nomor 18 tahun 2016. Pada lampiran III Permendikbud ini telah dijelaskan tentang berbagai kegiatan dan atribut yang tidak diperbolehkan dalam pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah.

Adapun beberapa contoh kegiatan yang dilarang adalah memberikan tugas kepada siswa baru yang harus membawa sebuah produk dengan merk tertentu, menghitung suatu hal yang tidak bermanfaat (menghitung gula, nasi, semut, dsb), memakan dan meminum minuman sisa yang bukan merupakan milik masing-masing siswa baru, menghukum siswa baru dengan hukuman yang kurang mendidik seperti menyiram air dan hukuman yang bersifat fisik atau melakukan tindak kekerasan.



Sementara untuk atribut yang dilarang yaitu menyuruh siswab baru untuk membawa tas belanja plastik, tas karung, kaos kaki yang warnanya tidak simetris, aksesoris kepala yang  tidak wajar, papan nama yang memiliki bentuk rumit dan menyulitkan dalam proses pembuatannya atau berisi konten yang kurang bermanfaat.

Baca juga: Materi MOS SD, SMP, SMA

Materi MPLS 2021/2022

Sesuai dengan pasal 11 berdasarkan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 ini, menandakan bahwa Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 55 Tahun 2014 mengenai Masa Orientasi Siswa Baru di sekolah tidak diberlakukan lagi. Dengan begitu maka pada tahun pelajaran 2020-2021 nantinya seluruh materi kegiatan MPLS bagi siswa baru harus mengacu pada Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published.