Materi MPLS SMP SMA Tahun 2021-2022

Posted on

Materi MPLS SMP SMA Tahun 2021-2022  – Saat memasuki tahun ajaran baru setiap sekolah sudah pasti akan melakukan proses penerimaan siswa siswi baru. Sekolah juga berharap bisa mendapatkan banyak siswa baru, yang dimana mereka biasanya akan melakukan suatu promosi supaya bisa menarik minat siswa baru untuk bisa mendaftar di sekolah yang sesuai dengan yang diharapkan.



Dalam penerimaan siswa baru, sekolah akan menyiapkan beberapa hal penting untuk melaksanakan PPDB. Salah satunya adalah menyiapkan formulir pendaftaran baru dan membuat brosur PPDB. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi secara lebih jelas mengenai persyaratan dan pengenalan sekolah tentang kelebihan atau keunggulan dari sekolah yang ingin dituju.

Apabila penerimaan siswa baru sudah selesai dilakukan maka tahapan berikutnya adalah memberikan materi tentang program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Materi ini sangat dibutuhkan oleh siswa baru sehingga mereka nantinya bisa mengetahui aturan yang diberlakukan pada sekolah tersebut. Disamping itu, mereka juga akan memiliki wawasan baru sehingga bisa mengenal dan beradaptasi dengan baik di lingkungan sekolah tersebut.

Materi MPLS ini memang penting untuk diberikan kepada siswa baru karena memiliki tujuan utama untuk memberikan pengenalan mengenai situasi dan kondisi sekolah yang ingin ditempatinya.  Bahkan juga bisa melatih mental siswa baru sehingga bisa berinteraksi dengan lingkungan dan warga sekolah.

Penting untuk diketahui bahwa MPLS harus sesuai dengan permendikbud nomor 18 tahun 2016. Pada lampiran III Permendikbud ini telah dijelaskan tentang berbagai kegiatan dan atribut yang tidak diperbolehkan dalam pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah.

Adapun beberapa contoh kegiatan yang dilarang adalah memberikan tugas kepada siswa baru yang harus membawa sebuah produk dengan merk tertentu, menghitung suatu hal yang tidak bermanfaat (menghitung gula, nasi, semut, dsb), memakan dan meminum minuman sisa yang bukan merupakan milik masing-masing siswa baru, menghukum siswa baru dengan hukuman yang kurang mendidik seperti menyiram air dan hukuman yang bersifat fisik atau melakukan tindak kekerasan.



Sementara untuk atribut yang dilarang yaitu menyuruh siswab baru untuk membawa tas belanja plastik, tas karung, kaos kaki yang warnanya tidak simetris, aksesoris kepala yang  tidak wajar, papan nama yang memiliki bentuk rumit dan menyulitkan dalam proses pembuatannya atau berisi konten yang kurang bermanfaat.

Baca juga: Materi MOS SD, SMP, SMA

Materi MPLS 2021/2022

Sesuai dengan pasal 11 berdasarkan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 ini, menandakan bahwa Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 55 Tahun 2014 mengenai Masa Orientasi Siswa Baru di sekolah tidak diberlakukan lagi. Dengan begitu maka pada tahun pelajaran 2020-2021 nantinya seluruh materi kegiatan MPLS bagi siswa baru harus mengacu pada Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016.

Materi Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi siswa baru untuk SMP, SMA, dan SMK tahun pelajaran 2021/2022. Pada permendikbud nomor 18 tahun 2016 terdapat 3 lampiran penting sebagai acuan dalam membuat materi kegiatan pengenalan lingkungan sekolah sebagai berikut ini:

A. Silabus Pengenalan Lingkungan Bagi Siswa Baru

  1. Mengenali Potensi Diri Siswa Baru

Yang dimaksud dengan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah dalam hal ini adalah kegiatan wajib dan pilihan. Contoh kegiatan wajib adalah mengisi formulir siswa baru oleh orang tua atau wali. Adapun kegiatan pilihannya adalah diskusi konseling. Memperkenalkan kegiatan ekstra kurikuler yang ada di sekolah dan siswa harus aktif dalam setiap diskusi.



  1. Membantu Siswa Baru Untuk Beradaptasi dengan Lingkungan

Selanjutnya adalah membantu siswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, seperti misalnya terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasaran sekolah. Sementara untuk kegiatannya adalah sebagai berikut:

Wajib:

  • Kegiatan untuk mengenalkan warga sekolah;
  • Kegiatan untuk mengenalkan berbagai visi dan misi, program, kegiatan, cara dalam pembelajaran, dan tata tertib sekolah;
  • Kegiatan untuk memperkenalkan fasilitas sarana dan prasarana dengan menggunakan prinsip persamaan hak semua siswa;
  • Memperkenalkan stakeholders sekolah yang lainnya.

Pilihan:

  • Memperkenalkan tata cara dan etika makan, tata cara dalam menggunakan fasilitas toilet, tata cara dalam berpakaian dan menggunakan sepatu.
  • Mengajak siswa baru untuk mengelilingi seluruh area sekolah, sekaligus menjelaskan masing-masing fasilitas, sarana, dan prasarana yang ada di sekolah dan kegunaannya.
  • Memberikan informasi mengenai berbagai fasilitas umum yang ada di sekitar sekolah.
  • Memberikan informasi mengenai kewajiban dalam menjaga fasilitas, sarana, dan prasarana sekolah serta berbagai fasilitas umum.
  • Kegiatan simulasi sebagai penanggulangan bencana.
  • Memberikan informasi mengenai daerah yang rawan di sekitar lingkungan sekolah.
  • Kegiatan untuk mengenalkan manfaat dan dampak dari adanya teknologi informasi, termasuk sanksi yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan yang bersangkutan.
  1. Menciptakan Motivasi, Semangat, dan Cara Belajar Efektif Sebagai Siswa Baru

Wajib:

  • Simulasi dalam menyelesaikan suatu masalah untuk menciptakan motivasi dan semangat belajar siswa
  • Kegiatan untuk memperkenalkan etika komunikasi, termasuk tata cara dalam menyapa atau berbicara dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar

Pilihan:

  • Memperkenalkan metode pembelajaran berupa quantum learning (speed reading, easy writing, mind mapping, dan super memory system).
  • Mengundang narasumber dari berbagai profesi untuk membagikan pengalaman.
  • Kegiatan untuk memperkenalkan kewirausahaan.
  1. Mengembangkan Interaksi Positif Antarsiswa dengan Warga Sekolah Lainnya

Wajib:

  • Membiasakan salam, senyum, sapa, sopan, dan santun.
  • Mengenalkan etika pergaulan antara siswa, siswa dengan guru ataupun tenaga kependidikan seperti misalnya sikap simpati, empatil, saling menghargai dan sportif.

Pilihan:

  • Kegiatan atraksi setiap kelas, seperti perlombaan dalam bidang kesenian dan olahraga.
  • Kegiatan yang bisa menciptakan keakraban antara siswa dengan warga sekolah seperti misalnya dengan mengadakan permainan atau diskusi kelompok.
  1. Menumbuhkan Perilaku Positif

Beberapa perilaku positif yang dimaksud adalah kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk menciptakan adanya nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong yang ada pada diri siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *