Membuat Daftar Isi Untuk Makalah

Cara Membuat Daftar Isi Makalah – Daftar isi adalah suatu rangkaian dari banyak judul yang terdapat pada setiap Bab dan pada umumnya daftar isi akan dilengkapi dengan nomor halaman. Selain digunakan pada makalah, skripsi, thesis, karya ilmiah dan penelitian yang lainnya, ternyata daftar isi juga digunakan pada karya tulis fiksi seperti novel dan komik.

Daftar isi pada novel atau karya fiksi biasanya mempunyai format yang tidak sama dan jauh lebih simple karena tidak disertai titik-titik, tetapi ada pula yang menggunakan titik-titik. Hal ini tentunya sangat berbeda sekali dengan karya tulis ilmiah yang daftar isinya harus disusun rapi.

Daftar isi memiliki fungsi untuk dapat memudahkan para pembaca dalam mencari judul-judul dan juga halaman yang ingin dituju. Dalam sebuah daftar isi jika dicantumkan nomor halaman, maka daftar isi tersebut tidak bisa disebut sebagai daftar isi, namun hanya sebagai kerangka tulisan saja.

Baca juga : Contoh Makalah Yang Sederhana

Cara Pemberian Nomor pada Daftar Isi

Pemberian nomor pada judul tentu tidak sama. Untuk Kata Pengantar, Abstrak dan Daftar Isi akan menggunakan penomoran angka romawi. Untuk lebih jelasnya, anda bisa simak contoh berikut ini.

Contoh :

KATA PENGANTAR………………………………..i

DAFTAR ISI……………………………………..ii

Sementara itu, penomoran untuk bagian isi seperti BAB 1, BAB 2, BAB 3 dan DAFTAR PUSTAKA akan menggunakan penomoran angka.

Contoh

BAB  1 PENDAHULUAN………………………………………………1

  1. Latar belakang……………………………………….2
  2. Rumusan masalah…………………………………3
  3. Tujuan penelitian……………………………4
  4. Manfaat penelitian………………………5

BAB II TINJAUAN PUSTAKA dan PEMBAHASAN………………………..6

  1. Tinjauan pustaka…………………….7
  2. Pembahasan………………….8

BAB IV PENUTUP…………………………….9

  1. Kesimpulan………………………………10
  2. Saran………………………………….11

DAFTAR ISI…………………………12

Dalam penyusunan daftar isi ini anda harus benar-benar teliti terutama dalam penomoran, hal ini supaya tidak akan terjadi kesalahan dalam penomoran halaman. Supaya lebih terlihat rapi maka pembuatan daftar isi harus menggunakan aplikasi pengolah kata seperti  misalnya Ms. Word atau aplikasi sejenisnya. Bagi yang masih pemula dalam membuat makalah seperti dalam  penyusunan daftar isi seringkali asal-asalan dan tidak rapi, pembuatan titik-titik hanya dibuat secara manual dengan cara pencet tombol titik pada keybord sehingga hasilnya pun tidak rapi. Lalu bagaimana cara membuat daftar isi menggunakan Ms. Office Word?

Cara Membuat Daftar Isi Menggunakan Ms. Word

Perlu anda ketahui bahwa cara membuat daftar isi makalah otomatis di Ms. Word tidaklah sulit, anda hanya perlu melakukan dua langkah. Langkah yang pertama adalah membuat judul dan sub judul pada halaman yang anda buat untuk dimasukkan dalam daftar isi. Langkah yang kedua adalah mengoperasikan Microsoft Word untuk membuat daftar isi berdasarkan judul dan sub judul yang sudah anda buat sebelumnya. Nah untuk lebih jelasnya, kami akan menjelaskan secara teknis dibawah ini.

  1. Pilih Judul dan Sub Judul untuk daftar isi

Apabila anda sudah membuat judul dan sub judul pada tulisan yang anda buat, maka pilih judul dan sub judul yang akan anda gunakan untuk daftar isi dengan cara memblok judul dan sub judul.

  1. Mengoperasikan office menggunakan format Heading

Setelah itu pilih Style Heading 1 untuk daftar isi sebagai judul dan Heading 2 sebagai sub judul. Yang harus anda ketahui bahwa ada cara yang berbeda antara Ms.Word yang lama dengan Ms. Word yang baru. Berikut adalah penjelasannya :

  • Pada Ms. Word 2003 atau yang sebelumnya : Klik Style box pada menu Formatting lalu pilih Heading 1
  • Pada Ms. Word 2007, 2010 dan 2013 : pada menu Home, klik Heading 1 pada grup stye

Heading Untuk Membuat Daftar Isi

Format Heading 1 hanya akan digunakan untuk judul pada setiap bab. Sementara itu, untuk sub judul anda bisa menggunakan heading 2, heading 3, dan selanjutnya. Untuk warna, jenis dan juga ukuran huruf bisa anda ubah sendiri sesuai keinginan anda. Caranya adalah dengan klik menu Modify pada heading tersebut. Ada juga perbedaan langkah-langkah dalam membuat daftar isi antar Microsoft Word versi yang lama dan baru, maka dari itu perhatikan langkah-langkah berikut ini.

Membuat Daftar Isi Pada Microsoft Word 2003 dan Versi sebelumnya

Setelah judul dan subjdul sudah dipilih untuk dijadikan sebagai daftar isi, maka langkah yang selanjutnya adalah membuat daftar isi. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Klik pada halaman yang kosong dimana anda ingin meletakkan daftar isi pada tulisan anda
  2. Kemudian tampilkan jendela Table Of Contents dengan cara buka Insert Index and Tables (Word 2000) atau bisa juga Insert Reference Index and Tables (Word 2002 dan 2003_
  3. Klik pada tab Table of Contents lalu klik OK

Membuat Daftar Isi pada Microsoft Word 2007, 2010 dan 2013

  1. Pilih menu references lalu klik table of contents
  2. Lalu pilih opsi pertama dan kedua yang terdapat pada menu tersebut. Setelah itu secara otomatis akan membuat daftar isi sesuai dengan judul dan sub judul yang anda pilih.
  3. Jika anda ingin membuat daftar isi secara manual, maka anda bisa pilih opsi nomor tiga. Namun opsi yang ketiga ini tidak kami sarankan karena akan membutuhkan banyak waktu dan bahkan langkah dalam memilih judul dan sub judul akan percuma.
  4. Selain ketiga pilihan diatas, anda juga bisa memilih opsu Custom Table of Contents pada bagian bawah untuk membuat daftar isis sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Jika anda sudah melakukan langkah-langkah di atas, maka pada halaman kosong yang sudah anda pilih akan langsung muncul daftar isi yang berisi judul dan sub judul yang sudah anda blok sebelumnya. Jika anda tidak puas dengan hasil format Office, maka anda juga bisa mengeditnya. Caranya sangat mudah, ikuti langkah-langkah dibawah ini :

Cara Merubah Tampilan Daftar Isi

Setelah kamu mengikuti langkah – langkah membuat daftar isi secara otomatis pada Ms. Word dan berhasil. Lalu kamu merasa ukuran, warna, jenis teks maupun jarak spasi tidak sesuai dengan keinginan, maka kamu bisa merubahnya seperti yang telah dibahas diatas. Caranya sebagai berikut :

Untuk merubah huruf, jangan menggunakan menu format > paragraph atau menu format > font. Karena hal tersebut akan merusak susunan daftar isi. Lalu jangan lakukan merubah huruf dengan cara manual. Tetapi ubah huruf yang kamu inginkan pada Header agar tampilannya konsisten.

Selain melakukan perubahan huruf judul dan sub judul, kamu juga bisa merubah pada tampilan daftar isi. Pertama buka jendela pengaturan daftar isi kemudian pilih Table of Contents dan Ikuti langkah – langkah sebagai berikut :

  • Pada Microsof Word 2000 : klik daftar isi tersebut kemudian buka Insert > Table of Contents
  • Pada Microsoft 2002 dan 2003 : klik daftar isi tersebut kemudian buka Insert > References > Table of Contents

Pada Microsoft Word 2007 ke atas : klik daftar isi lalu buka References > Table of Contens > Insert Table of Contents

Ketika jendela pengaturan daftar isi terbuka, kamu bisa mengubah beberapa elemen dari daftar isi. Pertama yang perlu di ubah yaitu tingkatan judul dan sub judul. Secara default biasanya Ms. Word akan menampilkan tiga tingkatan judul dan sub judul pada daftar isi. Kamu bisa menambah atau menguranginya sesuai dengan tingkatan judul dan sub judul di daftar isi yang kamu buat.

Cara mengubah daftar isi selanjutnya yaitu dengan cara mengubah style dari daftar isi yang kamu buat. Secara default terdapat dua pilihan style yang bisa kamu gunakan. Tetapi kamu juga bisa membuat style sendiri atau mendownload style lainnya di situs resmi Microsoft Office.

Tips dan Trik Membuat Daftar Isi

Kamu sudah paham membuat daftar isi secara otomatis dengan baik, mudah bukan ? Nah selanjutnya pada bagian ini kamu akan belajar beberapa tips dan trik tingkat lanjut agar daftar isi yang kamu buat semakin sempurna lagi. Ikuti dan pahami langkah-langkahnya sebagai berikut :

Cara Update Daftar Isi

contoh daftar isi otomatis

Ketika kamu sudah membuat daftar isi dan terdapat judul atau sub judul baru, maka judul dan sub judul tersebut tidak bisa muncul secara otomatis di daftar isi. Kamu harus memperbaruinya. Cara untuk memperbarui daftar isi itu terdapat dua cara, yaitu :

Cara pertama, :

  • Letakkan kursor pada halaman daftar isi
  • Kemudian tekan tombol F9 pada keyboard.

Cara kedua secara manual, :

  • Pilih menu References,
  • Kemudian klik Update Table. Selalu gunakan pilihan ‘Update entire table’.
  • Perbedaan Teks Daftar Isi Dengan Teks Yang Lain

Daftar isi yang telah dibuat akan dianggap field dan bukan sebagai teks biasa oleh computer. Lalu untuk membedakan hal itu, kamu bisa membuat field tersebut dengan memberi tanda warna abu – abu. Apakah warna abu – abu tersebut akan ikut tercetak melalui printer ? Tenang, warna tersebut tidak akan ikut tercetak. Caranya cukup mudah membuat field, yaitu :

  • Pada Ms. Word 2003 dan sebelumnya : buka Tools > Options > View, lalu ubah opsi Field Shading menjadi Always
  • Pada Ms. Word 2007 : buka logo Office, pilih Word Options > Advanced, kemudian pada bagian Show Documet Content ubah Field Shading menjadi Always
  • Pada Ms. Word 2010 ke atas : buka File > Options > advanced, kemudian pada bagian Show Document Content ubah Field Shading menjadi Always.

Demikian tutorial membuat daftar isi secara otomatis menggunakan aplikasi Microsoft Office Word. Dengan begitu, pembuatan daftar isi yang awalnya menggunakan cara manual yang harus scroll atas bawah sekarang sudah bisa dilakukan secara otomatis yang hasilnya lebih rapi, lebih cepat dan efisien. Selamat mencoba dan jangan lupa ajari teman – teman mu, agar kesulitan mereka dalam pembuatan daftar isi bisa teratasi.

Baca juga : Contoh Analisis Jurnal

Contoh Daftar Isi Makalah

Saya melihat bahwa di internet banyak makalah yang tidak menggunakan daftar isi. Menurut saya itu kurang baik. Jika jumlah halaman sudah lebih dari 3, maka sebagiknya menggunakan daftar isi untuk lebih memudahkan pembaca. Berikut ini contoh daftar isi makalah yang bisa kamu jadikan acuan menyusun makalah:

Contoh Daftar Isi Makalah Bahasa Indonesia

Contoh Daftar Isi Proposal

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL…………………………………………………………………………… i
LEMBAR PENGESAHAN…………………………………………………………………. ii
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………… iii
DAFTAR GAMBAR…………………………………………………………………………. vi
DAFTAR TABEL……………………………………………………………………………… vii
DAFTAR LAMPIRAN………………………………………………………………………. viii
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………………. 1
1.1 Latar Belakang………………………………………………………………..1
1.2 Rumusan Masalah……………………………………………………………7
1.3 Tujuan Penelitian……………………………………………………………..7
1.4 Hipotesis…………………………………………………………………………7
1.5 Manfaat Penelitian…………………………………………………………… 1

BAB II TINJAUAN PUSTAKA……………………………………………………….. 8
2.1. Tinjauan tentang Manggis (Garcinia mangostana Linn.)……..8
2.1.1. Klasifikasi………………………………………………………………8
2.1.2. Nama Daerah………………………………………………………….8
2.1.3. Penyebaran Tanaman……………………………………………….8
2.1.4. Morfologi……………………………………………………………….8
2.1.5. Kandungan Kimia……………………………………………………9
2.1.6. Kegunaan……………………………………………………………….10
2.2. Tinjauan tentang Ekstrak………………………………………………….11
2.2.1. Definisi Simplisia…………………………………………………….11
2.2.2. Definisi Ekstrak………………………………………………………12
2.2.3. Pelarut……………………………………………………………………12
2.2.4. Metode Pembuatan Ekstrak………………………………………12
2.3. Tinjauan tentang Uji Toksisitas…………………………………………14
2.3.1. Tujuan Uji Toksisitas……………………………………………….15
2.3.2. Macam Uji Toksisitas………………………………………………16
2.4. Tinjauan tentang Hati……………………………………………………….18
2.4.1. Anatomi Fisiologi Hati……………………………………………..21
2.4.2. Histologi Hati………………………………………………………….22
2.4.3. Fungsi Hati……………………………………………………………..23
2.4.4. Deteksi Kerusakan Hati……………………………………………24
2.4.5. Tinjauan tentang Parameter Kerusakan Hati……………….27
2.5. Tinjauan tentang Ginjal……………………………………………………27
2.5.1. Anatomi Fisiologi Ginjal………………………………………….28
2.7.2. Fungsi Ginjal…………………………………………………………..28
2.5.3. Deteksi Kerusakan Ginjal…………………………………………29
2.6. Tinjauan tentang enzim GOT dan GPT………………………………30
2.7. Tinjauan tentang BUN (Blood Ureum Nitrogen)…………………30
2.8. Tinjauan tentang Kreatinin……………………………………………..30
2.9. Tinjauan tentang Darah…………………………………………………..31
2.9.1. Tinjauan tentang Hemoglobin………………………………….32

2.9.2. Tinjauan tentang Leukosit……………………………………….33
2.9.3. Tinjauan tentang Trombosit…………………………………….33
2.10. Tinjauan tentang Elektrolit…………………………………………….33
2.10.1. Natrium (Na+)………………………………………………………35
2.10.2. Kalium (K+)…………………………………………………………35
2.10.3. Kalsium (Ca++)………………………………………………………36
2.10.4. Magnesium (Mg++)………………………………………………..36
2.10.5. Klorida (Cl-)………………………………………………………….37
2.11. Tinjauan tentang Total Protein………………………………………..38
2.12. Tinjauan tentang Hewan Coba Tikus (Rattus norvegicus)….. 38
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL……………………………………………… 41
BAB IV BAHAN, ALAT, DAN METODE PENELITIAN…………………… 44
4.1. Bahan Penelitian…………………………………………………………….. 44
4.1.1. Bahan Tanaman………………………………………………………. 44
4.1.2. Bahan Kimia dan Bahan Lain…………………………………… 44
4.1.3. Hewan Percobaan……………………………………………………. 44
4.2. Alat Penelitian………………………………………………………………… 45
4.3. Metode Penelitian…………………………………………………………… 45
4.3.1. Rancangan Percobaan……………………………………………… 45
4.3.2. Pembuatan Ekstrak Etanol 96% Garcinia mangostana 46
4.3.3. Pemilihan Dosis Uji Toksisitas Subkronik…………………. 46
4.3.4. Penyiapan Bahan Uji………………………………………………. 47
4.3.5. Penyiapan Hewan Coba……………………………………………
4.3.6. Perlakuan terhadap Hewan Coba………………………………. 47
4.37. Pengambilan Darah Hewan Coba………………………………. 48
4.3.8. Pengambilan Organ Hati dan Ginjal………………………….. 48
4.3.9. Pemeriksaan Serum Hewan Coba……………………………… 49
4.3.10. Pemeriksaan Hematologi……………………………………….. 52
4.3.11 Pembuatan Preparat Histopatologi Hati dan Ginjal…….. 53
4.3.12 Analisis Data………………………………………………………… 55
4.3.13 Skema Penelitian…………………………………………………… 57
BAB V RANCANGAN PELAKSANAAN PENELITIAN………………….. 59
5.1 Tempat Penelitian……………………………………………………………. 59
5.2 Waktu Penelitian…………………………………………………………….. 59
5.3 Jadwal Penelitian…………………………………………………………….. 59
5.4 Anggaran Biaya Penelitian……………………………………………….. 60

DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………………………… 61

DAFTAR GAMBAR

2.1 Pohon dan buah manggis…………………………………………………………… 9
2.2 Struktur kimia xanthone dan turunannya………………………………………… 10
2.4 Anatomi fisiologi Hati…………………………………………………………………. 18
2.5 Gambaran Histopatologi Hati Hewan Coba Tikus dengan Kondisi Normal………………………………………………………………………………………..23
2.6 Gambaran Histopatologi Hati Hewan Coba Tikus dengan Kondisi Degenerasi…………………………………………………………………………………..23
2.7 Gambaran Histopatologi Hati Hewan Coba Tikus dengan Kondisi Nekrosis……………………………………………………………………………………..24
2.8 Gambar Ginjal…………………………………………………………………………….. 25
2.9 Gambar nefron……………………………………………………………………………. 26
2.10 Gambaran Histopatologi Ginjal Hewan Coba Tikus dengan Kondisi Normal……………………………………………………………………………………….30
2.11 Gambaran Histopatologi Ginjal Hewan Coba Tikus yang mengalami degenerasi…………………………………………………………………………………..31
2.12 Gambaran Histopatologi Ginjal Hewan Coba Tikus yang mengalami nekrosis dan kongesti…………………………………………………………………..31
3.1 Skema kerangka konseptual………………………………………………………….. 43
4.1 Skema pembuatan bahan uji…………………………………………………………. 57
4.2 Skema uji toksisitas subkronik………………………………………………………. 58

Contoh Daftar Isi Karya Tulis Ilmiah

Leave a Comment