Membuat Daftar Isi Untuk Makalah

Posted on

Cara Membuat Daftar Isi Makalah – Daftar isi adalah suatu rangkaian dari banyak judul yang terdapat pada setiap Bab dan pada umumnya daftar isi akan dilengkapi dengan nomor halaman. Selain digunakan pada makalah, skripsi, thesis, karya ilmiah dan penelitian yang lainnya, ternyata daftar isi juga digunakan pada karya tulis fiksi seperti novel dan komik.



Daftar isi pada novel atau karya fiksi biasanya mempunyai format yang tidak sama dan jauh lebih simple karena tidak disertai titik-titik, tetapi ada pula yang menggunakan titik-titik. Hal ini tentunya sangat berbeda sekali dengan karya tulis ilmiah yang daftar isinya harus disusun rapi.

Daftar isi memiliki fungsi untuk dapat memudahkan para pembaca dalam mencari judul-judul dan juga halaman yang ingin dituju. Dalam sebuah daftar isi jika dicantumkan nomor halaman, maka daftar isi tersebut tidak bisa disebut sebagai daftar isi, namun hanya sebagai kerangka tulisan saja.

Baca juga : Contoh Makalah Yang Sederhana

Cara Pemberian Nomor pada Daftar Isi

Pemberian nomor pada judul tentu tidak sama. Untuk Kata Pengantar, Abstrak dan Daftar Isi akan menggunakan penomoran angka romawi. Untuk lebih jelasnya, anda bisa simak contoh berikut ini.

Contoh :

KATA PENGANTAR………………………………..i



DAFTAR ISI……………………………………..ii

Sementara itu, penomoran untuk bagian isi seperti BAB 1, BAB 2, BAB 3 dan DAFTAR PUSTAKA akan menggunakan penomoran angka.

Contoh

BAB  1 PENDAHULUAN………………………………………………1

  1. Latar belakang……………………………………….2
  2. Rumusan masalah…………………………………3
  3. Tujuan penelitian……………………………4
  4. Manfaat penelitian………………………5

BAB II TINJAUAN PUSTAKA dan PEMBAHASAN………………………..6

  1. Tinjauan pustaka…………………….7
  2. Pembahasan………………….8

BAB IV PENUTUP…………………………….9



  1. Kesimpulan………………………………10
  2. Saran………………………………….11

DAFTAR ISI…………………………12

Dalam penyusunan daftar isi ini anda harus benar-benar teliti terutama dalam penomoran, hal ini supaya tidak akan terjadi kesalahan dalam penomoran halaman. Supaya lebih terlihat rapi maka pembuatan daftar isi harus menggunakan aplikasi pengolah kata seperti  misalnya Ms. Word atau aplikasi sejenisnya. Bagi yang masih pemula dalam membuat makalah seperti dalam  penyusunan daftar isi seringkali asal-asalan dan tidak rapi, pembuatan titik-titik hanya dibuat secara manual dengan cara pencet tombol titik pada keybord sehingga hasilnya pun tidak rapi. Lalu bagaimana cara membuat daftar isi menggunakan Ms. Office Word?

Cara Membuat Daftar Isi Menggunakan Ms. Word

Perlu anda ketahui bahwa cara membuat daftar isi makalah otomatis di Ms. Word tidaklah sulit, anda hanya perlu melakukan dua langkah. Langkah yang pertama adalah membuat judul dan sub judul pada halaman yang anda buat untuk dimasukkan dalam daftar isi. Langkah yang kedua adalah mengoperasikan Microsoft Word untuk membuat daftar isi berdasarkan judul dan sub judul yang sudah anda buat sebelumnya. Nah untuk lebih jelasnya, kami akan menjelaskan secara teknis dibawah ini.

  1. Pilih Judul dan Sub Judul untuk daftar isi

Apabila anda sudah membuat judul dan sub judul pada tulisan yang anda buat, maka pilih judul dan sub judul yang akan anda gunakan untuk daftar isi dengan cara memblok judul dan sub judul.

  1. Mengoperasikan office menggunakan format Heading

Setelah itu pilih Style Heading 1 untuk daftar isi sebagai judul dan Heading 2 sebagai sub judul. Yang harus anda ketahui bahwa ada cara yang berbeda antara Ms.Word yang lama dengan Ms. Word yang baru. Berikut adalah penjelasannya :

  • Pada Ms. Word 2003 atau yang sebelumnya : Klik Style box pada menu Formatting lalu pilih Heading 1
  • Pada Ms. Word 2007, 2010 dan 2013 : pada menu Home, klik Heading 1 pada grup stye

Heading Untuk Membuat Daftar Isi

Format Heading 1 hanya akan digunakan untuk judul pada setiap bab. Sementara itu, untuk sub judul anda bisa menggunakan heading 2, heading 3, dan selanjutnya. Untuk warna, jenis dan juga ukuran huruf bisa anda ubah sendiri sesuai keinginan anda. Caranya adalah dengan klik menu Modify pada heading tersebut. Ada juga perbedaan langkah-langkah dalam membuat daftar isi antar Microsoft Word versi yang lama dan baru, maka dari itu perhatikan langkah-langkah berikut ini.

Membuat Daftar Isi Pada Microsoft Word 2003 dan Versi sebelumnya

Setelah judul dan subjdul sudah dipilih untuk dijadikan sebagai daftar isi, maka langkah yang selanjutnya adalah membuat daftar isi. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *