Cara Mencari NISN SD

Posted on

Cara Mencari NISN SD – Jika Anda memiliki anak yang sedang bersekolah, baik di SD, SMP atau SMA tentu mengenal apa itu NISN. NISN adalah singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional. NISN ini diberikan kepada siswa saat masuk ke jenjang Sekolah Dasar.



NISN adalah kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa. Sesuai dengan deskripsi tersebut, NISN setiap siswa tidak akan sama. Jadi siswa-siswa di seluruh sekolah Indonesia maupun sekolah Indonesia di luar negeri mempunyai NISN yang berbeda-beda.

NISN sendiri terdiri dari 10 angka, yakni 3 angka di awal yang merupakan tanggal lahir. Kemudian 7 angka di akhir adalah angka unik yang diberikan langsung oleh pemerintah dan dilakukan secara otomatis memakai mesin komputer yang tersedia di layanan pusat NISN.

Siswa maupun sekolah bisa mencari dan menemukan Nomor Induk Siswa Nasional secara daring atau online lewat website dengan mudah. Hal ini tentu saja memudahkan banyak pihak ketimbang memakai sistem manual.

Hanya saja tidak semua orang familiar dengan teknologi modern. Sehingga semua pihak perlu mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Termasuk cara mencari NISN online. Akan tetapi tenang saja, pada pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi lengkap seputar tutorial mencari NISN siswa. Akan tetapi terlebih dahulu kita bahas apa saja fakta menarik seputar NISN online.

Fakta NISN Online

Tujuan utama adanya NISN online adalah untuk memberikan memudahkan kepada seluruh pihak yang berkepentingan. Di samping fleksibilitas dan efisiensi, ada beberapa alasan lain yang melatarbelakangi adanya NISN online. Berikut adalah beberapa fakta mengenai NISN online.



Verifikasi Siswa Secara Konsisten dan Berstandar

Jumlah penduduk menjadi salah satu alasan yang membuat lahirnya NISN online. Seperti yang diketahui, Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia.

Jika tidak ada sistem canggih yang telah terstandarisasi untuk mengelola Nomor Induk Siswa Nasional tentu akan sangat merepotkan dan melelahkan. Sebab mulai dari siswa TK, SD, SMP, MA/SMA/SMK harus terdata dengan baik dan wajib mempunyai NISN.

Baca juga: Cara Tarik Data Dapodik Terbaru

NISN online memungkinkan pemerintah untuk mengelola nomor induk siswa dari data yang didistribusikan langsung oleh Pusat Data dan Statistika Kementerian Dinas Pendidikan secara nasional. Sistem yang dipakai merupakan sistem komputerisasi daring tingkat tinggi yang memungkinkan pemerintah untuk mengelola maupun memverifikasi seluruh siswa di Indonesia.

Sistem Pendukung Program Dapodik

NISN online termasuk dalam bagian program Dapodik atau Data Pokok Pendidikan yang disusun oleh Kemendikbud. Sistem tersebut tidak dibuat tanpa persiapan sama sekali. Justru dibuat dengan standarisasi tinggi memakai pengkodean yang rumit. Oleh karenanya tidak semua orang dapat mengelola sistem tersebut.

Siswa yang mendapatkan NISN biasanya mendapat kode identitas unik yang berlaku selamanya. Kode tersebut terdiri 10 digit angka, yang 3 digit pertama merupakan tahun kelahiran. Sedangkan 7 digit terakhir merupakan kode unik.



Fasilitas pembagian kode dilakukan dengan sistem otomatis oleh komputer. Sehingga walaupun ada siswa yang dilahirkan di tahun yang sama, nomor induk mereka tidak akan sama.

Diawasi Staf Tenaga Informasi Berkompeten

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, NISN online menggunakan sistem komputerisasi. Sehingga pengawasannya harus dilakukan secara ketat. Semua data yang tersimpan termasuk data rahasia yang tidak boleh disebarkan begitu saja.

Cara Mencari NISN Online

Berikutnya kita bahas mengenai cara mengecek NISN daring. Ada dua cara yang bisa Anda manfaatkan. Yakni mencari lewat NISN atau nama. Berikut akan kami jelaskan satu per satu.

Baca juga: Cara Mencari NISN Berdasarkan Nama Siswa

Cara Cek NISN Lewat Pencarian NISN

  1. Yang perlu Anda lakukan adalah mengakses situs referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/. Setelah itu Anda akan melihat home page pencarian NISN.
  2. Ada beberapa kolom kosong yang perlu diisi. Data yang perlu diisi sangat singkat, yakni NISN dan nama lengkap ibu kandung. Kedua data ini harus diisi dengan tepat, tidak boleh ada kesalahan angka atau huruf sebab hal tersebut akan mempengaruhi pencarian.
  3. Jika formulir selesai diisi, isi kolom kode Captcha sesuai dengan kode yang terlihat di atasnya.
  4. Sesudah itu klik tombol “Cari Data”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *