Cara Mengatasi NISN Ganda Peserta Didik

Posted on

Cara Mengatasi NISN Ganda Peserta Didik – Pada artikel kali ini kami akan menyajikan informasi tentang Cara Mengatasi NISN atau (Nomor Induk Siswa Nasional) Ganda pada Peserta Didik.



 

NISN merupakan nomor yang bersifat unik yang diberikan kepada peserta didik secara nasional dimana setiap peserta didik memiliki nomor yang berbeda – beda.

NISN juga bisa disebut sebagai nomor identitas bagi peserta didik karena di dalam NISN memuat identita seperti nama, tempat tanggal lahir, serta nama ibu kandung dari peserta didik.

Baca juga: Mencari NISN Berdasarkan Nama Siswa

NISN Ganda

Verval PD merupakan salah satu sitem pendataan yang digunakan utuk memperbaiki data pada sistem pendataan dengan intervace baru.

Namun nyatanya Verval hanya mampu memperbaiki data pada pendataan saja, tidak untuk mengatasi NISN ganda.



Jika satuan pendidikan mengalami NISN ganda maka solusinya hanyalah berkoordinasi langsung dengan Operator Dinas setempat.

Penyebab NISN Ganda

Tentu ada alasan tertentu yang menjadi penybab dari NISN ganda, antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Karena tidak melakukan mutasi pada satuan pendidikan seblumnya, jadi jika melakukan tarik ulang data maka akan menyebabkan data ganda.
  2. Penginputan data peserta didik yang sama pada satuan pendidikan yang berbeda namun dengan cara entry data yang berbeda (yang satu melalui tarik data, yang satu dengan entry manual).

Baca juga: Cara Mencari NISN SD

Solusi NISN Ganda

Tentu pasti ada solusi dalam setiap permasalahan. Begitu juga dengan permasalahan NISN ganda ini.

Ada beberapa hal yang harus diperatikan oleh operator dalam satuan pendidikan dalam menangani permasalahan NISN ganda seperti ini, antara lain:

  1. Apabila NISN ganda dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) maka dianjurkan untuk menghubungi pihak PKBM atau klaim NISN melalui tim Varvel PD kabupaten setempat.
  2. Apabila NISN ganda dengan Madrasah maka dianjurkan untuk mengklaim NISN atau melakukan konfirmasi dengan pihak madrasah.
  3. Apabila NISN ganda dengan sekolah atau satuan pendidikan lain dengan peserta didik yang masih aktif serta data mengalami kesamaan (orang yang sama) maka diajurkan untuk menghubungi pihak satuan pendidikan yang bersangkutan.
  4. ApabilaNISN ganda dengan sekolah atau satuan pendidikan lain dengan peserta didik yang masih aktif namun data mirip (orang yang berbeda) dianjurkan untuk menghubungi satuan pendidikan tersebut. Lalu hubungi pihak verval PD untuk mengkonfirmasi dengan melampirkan scan ijazah serta SKHUN yang nantinya akan dikirim ke tIm Pusat, yang mana kemungkinan akan diberi NISN baru.
  5. Apabila mengalami NISN ganda namun peserta didik sdah tidak aktif maka silahkan menghubungi tim verval PD daerah setempat.
  6. Apabila mengalami NISN ganda dengan LKP maka dianjurkan untuk konfirmasi ke tim Varvel PD setempat yang mana akan disampaikan pada Tim Pusat.

Baca juga: Cara Cetak Kartu NISN

Cara Cek NISN Ganda

Untuk mengetahui apakah NISN mengalami kesamaan atau ganda mak kita bias mengecek NISN tersebut. Berikut merupakan langkah – langkah untuk mengetahui apakah NISN ganda atau tidak dan contoh mengatasinya:

  1. Silahkan buka link Verval PD melalui link vervalpd.data.kemendikbud.go.id
  2. Selanjutnya masuk dengan menggunakan akun yang telah didaftarkan melalui laman SDM
  3. Lalu klik menu Residu, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini



  1. Pada bagian yang ditandai dengan kotak hitam, itu merupakan data dengan status validasi ganda
  2. Selanjutnya klik icon di bagian kiri data tersebut untuk menampilkan rincian data peserta didik
  3. Lalu klik Tab Quality Control

  1. Gambar di atas merupakan salah satu contoh permasalahan kasus NISN ganda dengan keaktifan peserta didik aktif di dua satuan pendidikan yang berbeda
  2. Dalam mengatasi permasalahan no. 7, maka dianjurkan untuk mengkonfirmasi satuan pendidikan yang terkait dan meminta untuk mengeluarkan dta peserta didik tersebut, dilanjut dengan melakukan sinkronisasi
  3. Setelah itu diharuskan untuk menghubungi dinas setempat yang nantinya akan disampaikan pada Tim Pusat.

Baca juga: Cara Verval PTK Kemdikbud

 Kriteria NISN Valid

NISN peserta didik dapat dikatakan sebagai NISN yang valid apabila memuat unsur – unsur seperti NISN unik dan tunggal, NISN bukan atas nama siswa lain NISN terdaftar dalam program-program kementerian (BOS, UN, PIP, dll), dan NISN yang valid pasti terdaftar pada laman nisn.data.kemdikbud.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *