No Registrasi Akta Kelahiran Di Dapodik

Posted on

No Registrasi Akta Kelahiran Di Dapodik Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang Nomor Registrasi Akta Kelahiran yang ada di dapodik.



Dalam artikel ini kami juga akan menyajikan langkah – lagkah serta penjelasan tentang cara untuk menginput dan mengetahui letak dari nomor registrasi akta kelahiran yang ada di Dapodik yang dapat anda lihat pada artikel kami kali ini.

Pada Aplikasi Dapodik terdapat kolom yang perlu diisi, kolom tersebut adalah kolom Nomor Registrasi akta Lahir Peserta Didik. Sebagian peserta didik pasti masih bingung dimana letak dari nomor registrasi akta kelahiran dan bagaimana cara penginputannya.

Baca juga: Cara Tarik PTK Dapodik 2022

Pada akta kelahiran ada beberapa nomor yang dicantumkan, hal ini tentu membingungkan bagi peserta didik, orang tua atau wali, guru, dan yang lainnya .

Ketidak tahuan oleh pihak – pihak yang melakukan pengisian terhadap form di regisreasi di dapodik membuat operator menjadi kewalahan karena pada saat pengecekkan banyak yang menginput nomor registrasi kelahiran dengan nomor yang keliru.

Karena pada saat melakukan penginputan terdapat banyak sertifikat kelahiran dari peserta didik yang berbeda, solusi untuk para operator hanyalah membaca kembali petunjuk pengisian nomor sertifikat kelahiran lahir yang ada di panduan aplikasi dapodik yang lama.



Baca juga: Cara Download Prefill Dapodik

Agar tidak terjadi kesalahan lagi nantinya dalam penginputan data di Dapodik maka silahkan untuk menyimak penjelasan berikut ini.

Cara Mengetahui Letak dari Nomor Registrasi Akta Lahir

Perhatikan gambar dan penjelasan berikut untuk mengetahui letak dari nomor registrasi akta kelahiran untuk di input di Dapodik.

(1) Letak Nomor Registrasi pada Akta Kelahiran Model Lama

Nomor Registrasi Kelahiran model yang lama terletak pada bagian bawah “KUTIPAN AKTA KELAHIRAN”. Tepatnya berada setelah Nomor: dan/ atau No.

Nomor Registrasi kelahiran pada pola sertifikat kelahiran terbitan tahun 2004 di atas, format nomornya yaitu angka 4 digit/ 1 karakter Kapital / tahun penerbit. Misal: 2075/K/2004.

Akan tetapi format penulisan akta kelahiran atau sertifikat kelahiran model lama dari tahun ke tahun selalu mengalami perbedaan. Contoh format sertifikat kelahiran seperti: 5476/ 2006 (4 digit angkat / tahun terbit), 28/ 2007, 510/ TP / 2008, dan lain sebagainya.



Baca juga: Formulir Peserta Didik Dapodik Excel

(2) Letak Nomor Registrasi pada Akta Kelahiran Model Baru

Padaa letak nomor registrasi pada akta kelahiran model baru ini  terdapat beberapa versi antara lain sebagai berikut:

  • Versi pertama berdasarkan Revisi Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2006

Nomor Registrasi Akta Kelahiran model baru terletak pada setelah kalimat “Berdasarkan Akta Kelahiran Nomor”. Dengan pola di atas, nomornya 3578-LU-28112012-0018. Contoh lain: 98385/TP/2009, 19635/TP/2010, 9106/TP/2011, 1905-LT-27052011-0030, dan lain sebagainya.

 

Apabila akta anda memiliki nomor pendaftaran atau registrasi sertifikat kelahiran seperti atau sesuai dengan cara di atas maka sudah dipastikan akta anda benar. Hal ini dikarenakan sumbernya pun sudah sangat akurat.

 

  • Versi kedua berdasarkan Panduan Penggunaan Aplikasi Dapodik Versi 2016 yang Lama/ Sudah Tidak Berlaku

Untuk versi kedua ini sudah tidak berlaku lagi, karena ini merupakan panduan penggunaan aplikasi dapdik versi lama atau usang. Kami menyertakan versi ini hanya untuk informasi saja. Jadi bagi operator yang sebelumnya menggunakan versi lama, dianjurkan untuk menggunakan panduan penggunaan aplikasi dapodik versi baru.

Baca juga: Cara Tarik Data PD Dapodik 2022

Input Nomor Registrasi Akta Kelahiran Model lama dan Model baru di Aplikasi Dapodik

Berikut kami sajikan cara input nomor registrasi akta kelahiran pada Dapodik dengan uraian langkah – langkah berikut:

  1. Lakukan “Login” pada akun Dapodik
  2. Lalu klik bagian tombol “Peserta didik”
  3. Lanjut dengan klik “Nama Kolom Peserta Didik” yang akan diinputkan nomor sertifikat kelahirannya
  4. Setelah itu, klik “ubah”
  5. Cari kolom Nomor Registrasi Akta Lahir lalu klik
  6. Setelah itu, masukkan kolom pendaftaran sertifikat kelahiran dari peserta didik yang bersangkutan untuk diinput datanya. Misal, perhatikan gambar di bawah ini.

Pada saat melakukan penginputan nomor registrasi akta kelahiran harus dipastikan sudah sesuai dengan nomor yang tertera pada akta kelahiran peserta didik. Misalkan di sertifikat kelahiran, nomornya pakai tanda hubung dan garis miring, maka di penulisan di kolom no. pendaftaran sertifikat lahir pun harus sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *