Pakta Integritas Pengawas UNBK 2021/2022

Posted on

Pakta Integritas Pengawas UNBK 2021/2022 –  Pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) tahun ajaran 2021/2022 sebentar lagi akan dimulai. Berbagai persiapan pun telah dilakukan menjelang ujian nasional ini. Selain peserta didik yang harus belajar semakin giat untuk menghadapi ujian, para guru yang akan menjadi panitia dalam pelaksanaan UN pun juga harus mempersiapkan dirinya sebaik mungkin.



Persiapan yang dilakukan mencakup berbagai hal yang berhubungan dengan kesuksesan pelaksanaan ujian. Adapun salah satu administrasi yang penting untuk dipersiapkan oleh pania UN di sekolah adalah menyusun pakta integritas. Pakta integritas berisi mengenai pernyataan sikap dari semua pihak yang terkait dengan pelaksanaan UN dengan tujuan supaya saat menjalankan UN nantinya bisa berlangsung dengan penuh kredibelitas tinggi. Dengan demikian UN yang diadakan di sekolah nantinya dapat berjalan dnegan tertib, jujur, dan sesuai dengan aturan yang sudah diberlakukan oleh Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan file pakta integritas pengawas UNBK dalam format word. Namun sebelum bagikan file nya, sebaiknya Anda simak terlebih dahulu pembahasan mengenai tujuan dan manfaat pakta integritas berikut ini.

Baca juga: Download Soal USBN TIK SMP 2021

Pakta Integritas UNBK

Pengertian pakta integritas UN (Ujian Nasional) adalah suatu pernyataan yang berisi mengenai komitmen dan kesanggupan dari petugas ruang ujian nasional yang berbasis komputer, baik itu yang berperan sebagai Pengawas, Protokor, ataupun Teknisi, untuk menjalankan tugas sebagaimana perannya dalam ruangan UN ataupun UNBK. Perlu diketahui bahwa pakta integritas ujian nasional terutama bagi sekolah yang merupakan penyelenggara UNBK tahun pelajaran 2021/2022 ditandatangani secara langsung oleh petugas ruang UNBK.

  • Tujuan Pakta Integritas

Setiap satuan pendidikan melalui kepala sekolah diharuskan untuk membuat dan menandatangani pakta integritas dengan tujuan untuk membuktikan bahwa sekolah tersebut sudah menerapkan peraturan tentang UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer).



  • Manfaat Pakta Integritas

Adapun beberapa manfaat dari sebuah pakta integritas adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai bukti nyata bahwa petugas ruang ujian sudah menjalankan tugasnya dengan baik dan benar berdasarkan peraturan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) yang diterapkan oleh pemerintah.
  2. Digunakan sebagai arsip

Baca juga: Download Exambro Aplikasi Admin Dan Client UNBK

Format dan Contoh Pakta Integritas UNBK Tahun 2021/2022

Perlu diketahui bahwa bagian yang tertulis dalam lembar pakta integritas adalah sebagai berikut ini:

  1. Logo (Harus mencantumkan logo Tut Wuri Handayani dan BSNP)
  2. Judul (Pakta Integritas Petugas Ruang UNBK/Ujian Nasional Berbasis Komputer)
  3. Tahun Pelajaran yang berlaku sekarang ini
  4. Isi (Contoh isinya adalah “Saya yang bertanda tangan di bawah ini………..”, kemudian lanjutkan dengan menuliskan nama petugas dan jabatan, sedang bertugas di provinsi apa, nama kabupaten, nama sekolah atau madrasah, dan beberapa poin yang menyatakan kesanggupan dalam menjalankan tugas
  5. Tempat dan tanggal penulisan pakta integritas
  6. Tanda tangan dari petugas yang telah membuatnya

Untuk lebih jelasnya berikut ini kami juga akan memberikan contoh format pakta integritas terbaru :

PAKTA INTEGRITAS
KEPALA SEKOLAH/MADRASAH
DALAM PELAKSANAAN UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER
TAHUN PELAJARAN …./….
Dalam rangka pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun Pelajaran …………/………., saya Kepala Sekolah/Madrasah Menengah Pertama Ngasem Kediri.
dengan ini menyatakan bahwa saya:
  1. sanggup meningkatkan kualitas, kredibilitas, dan akuntabilitas pelaksanaan UNBK untuk meningkatkan mutu pendidikan;
  2. sanggup melaksanakan tugas sesuai Prosedur Operasional Standar (POS)  Penyelenggaraan UNBK menyukseskan pelaksanaan UNBK;
  3. sanggup menjaga keamanan dan kerahasiaan bahan UNBK; dan
  4. sanggup melaksanakan UNBK secara jujur.
Demikian pakta integritas ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun.
Apabila saya melanggar hal-hal yang telah dinyatakan dalam pakta integritas ini, saya bersedia dikenakan sangksi sesuai dengan hukum dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Kediri, ……………….
Kepala Sekolah
…………………..
NIP.
PAKTA INTEGRITAS
PETUGAS RUANG UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
TAHUN PELAJARAN ……./…………….
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama  : …………………………………………………….
Jabatan : Pengawas Ruangan
Bertugas di:
Provinsi : ………………………………………………………………………………………..
Kabupaten/kota : ………………………………………………………………………………………..
Sekolah/Madrasah : ………………………………………………………………………………………..
Dengan ini menyatakan:
  1. Berkomitmen untuk melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional secara jujur agar hasilnya kredibel demi meningkatkan mutu pendidikan nasional.
  2. Sanggup untuk melakukan pekerjaan sebagai Pengawas Ujian Sekolah Berstandar Nasional berlangsung sesuai dengan ketentuan pada POS USBN.
  3. Sanggup untuk tidak membantu peserta ujian mengerjakan soal ujian, memberi kunci jawaban kepada peserta ujian, maupun memberi kesempatan peserta ujian untuk bekerja sama dalam mengerjakan soal ujian.
  4. Apabila saya melanggar hal-hal yang telah saya nyatakan dalam Pakta Integritas ini, saya bersedia dikenakan sanksi moral, sanksi administratif, dan dituntut sesuai dengan hukum dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

                                                                                                                                                  ……………………, ………………………..
                                                                                                                                                     Pengawas Ruangan USBN,

Baca juga: Cara Verval PTK Kemdikbud

Download Pakta Integritas UNBK Tahun Pelajaran 2021/2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *