Pangkat Golongan PNS Guru Terbaru

Posted on

Golongan PNS Guru – Seperti yang diketahui, profesi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau sekarang lebih dikenal dengan istilah Aparatur Sipil Negara (ASN) mempunyai beberapa tingkat atau jenjang kepangkatan. Dan tingkat ini harus diketahui oleh semua orang yang berstatus PNS.



Hal ini juga berlaku untuk guru PNS. Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami membahas lebih jauh seputar jenjang pangkat, golongan dan ruang bagi PNS yang berstatus sebagai guru. Sebagai informasi, berikut adalah urutan jenjang pangkat golongan dan ruang bagi seorang PNS. Urutan jenjang pangkat golongan dan ruang PNS diurutkan mulai dari yang paling rendah hingga paling tinggi.

guru pns

GOLONGAN I ( Juru )
NO JENIS PANGKAT GOLONGAN RUANG
1 Juru Muda I a
2 Juru Muda Tingkat I I b
3 Juru I c
4 Juru Tingkat I I d
GOLONGAN II ( Pengatur )
NO JENIS PANGKAT GOLONGAN RUANG
1 Pengatur Muda II a
2 Pengatur Muda Tingkat I II b
3 Pengatur II c
4 Pengatur Tingkat I II d
GOLONGAN III ( Penata )
NO JENIS PANGKAT GOLONGAN RUANG
1 Penata Muda III a
2 Penata Muda Tingkat I III b
3 Penata III c
4 Penata Tingkat I III d
GOLONGAN IV ( Pembina )
NO JENIS PANGKAT GOLONGAN RUANG
1 Pembina IV a
2 Pembina Tingkat I IV b
3 Pembina Utama Muda IV c
4 Pembina UtamaMadya IV d
5 Pembina Utama IV e

Di samping urutan jenjang kepangkatan, golongan maupun ruang, juga ada urutan penyesuaian jenjang kepangkatan guru PNS yang berlaku saat ini. Anda bisa menggunakan informasi ini sebagai pedoman untuk mendapatkan informasi mengenai identitas kepangkatan dan jenjang jabatan guru yang sudah menjadi Pegawai Negeri Sipil.

Baca juga: Tunjangan Profesi Guru

Dalam peraturan yang berlaku, jabatan guru PNS sering disebut dengan jabatan fungsional guru. Hal ini berdasarkan Permen-PANRB Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya pada pasal 2.

Maka dari itu Jabatan Fungsional Guru adalah jabatan tingkat keahlian termasuk dalam tingkat pendidikan taman kanak-kanak, dasar, lanjutan maupun khusus. Awalnya rekrutmen guru PNS ada yang masuk ke dalam golongan II. Akan tetapi saat ini guru yang baru saja memperoleh status PNS setidaknya sudah masuk ke golongan III/A. Berikut adalah urutan jenjang kepangkatan guru PNS untuk memperjelas penjelasan di atas.

golongan guru pns



GOLONGAN/RUANG JENJANG PANGKAT JENJANG JABATAN DULU JENJANG JABATAN SEKARANG
II/a Pengatur Muda Guru Pratama
II/b Pengatur Muda TK. I Guru Pratama Tk I
II/c Pengatur Guru Muda
II/d Pengatur Tk I Guru Muda Tk I
III/a Penata Muda Guru Pertama Guru Madya
III/b Penata Muda Tk I Guru Pertama Guru Madya Tk I
III/c Penata Guru Muda Guru Dewasa
III/d Penata Tk I Guru Muda Guru Dewasa Tk I
IV/a Pembina Guru Madya Guru Pembina
IV/b Pembina Tk.I Guru Madya Guru Pembina Tk I
IV/c Pembina Utama Muda Guru Madya Guru Utama Madya
IV/d Pembina Utama Madya Guru Utama Guru Utama Madya
IV/e Pembina Utama Guru Utama Guru Utama

Penjelasan Kepangkatan Guru PNS

Setelah mengetahui bagaimana pangkat golongan guru PNS, berikutnya kita juga perlu mengetahui penjelasan masing-masing jabatan. Sebab masing-masing pangkat untuk guru PNS ini mempunyai ketentuan dan tugas tertentu yang harus dipahami.

Pengatur

PNS dengan golongan II/a – II/d memiliki pangkat yang disebut dengan istilah Pengatur. Jenjang pangkat yang akan dilalui mulai dari Pengatur Muda, Pengatur Muda tingkat I, Pengatur, sampai Pengatur tingkat I. Orang yang memperoleh pangkat ini adalah PNS yang telah menempuh pendidikan formal SMA sampai D3 atau sederajat.

Pekerjaan pada tingkat ini sebenarnya sudah terkait dengan keterampilan yang dimiliki seseorang dalam bidang ilmu tertentu. Hanya saja masih sangat teknis. Artinya Pengatur adalah orang-orang yang menjalankan realisasi suatu kegiatan yang konsepnya sudah ditentukan oleh instansinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *