Penjelasan Lengkap Apa Itu Pasar Monopoli

Posted on

Pasar Monopoli – Berbicara tentang fungsi pasar maka tidak akan ada habisnya, mulai dari pembahasan fungsi pasar, peranan pasar, asal mula pasar dan lainnya. Pasar sendiri merupakan  sebuah tempat sakral di dunia perekonomian yang menjadi icon dari semua kegiatan dan aktivitas perekonomian.



Hal tersebut dikarenakan di dalam pasarlah semua pihak baik itu pemerintahan ataupun masyarakat biasa melaksanakan kegiatan ekonomi yang merupakan salah satu kebutuhan dalam hidupnya.  Dengan adanya sebuah kebutuhan inilah kemudian pasar menjelma menjadi sebuah tempat yang mampu menjadi tempat untuk mencari dan mewujudkan suatu tujuan dengan berbagai jenis yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Pada pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang salah satu jenis pasar, dimana banyak jenis yang muncul menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada pada waktu itu. Ada banyak sekali jenis pasar yaitu pasar monopoli, struktur pasar oligopoli, monopsoni, dan lainnya. Akan tetapi, kali ini kami hanya akan membahas tentang pasar monopoli.

Perlu anda ketahui bahwa pasar monopoli termasuk ke dalam jenis pasar persaingan tidak sempurna, yang dimana terdapat sebuah kejanggalan dan katidaksesuaian dari pelaksanaanya. Tetapi terlepas dari semua itu, setiap jenis pasar mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri.

pengertian pasar monopoli

Pasar monopoli adalah sebuah pasar yang terjadi dan terbentuk pada saat kondisi seluruh penawaran terhadap sejenis produk entah itu barang ataupun jasa dalam pasar yang dikuasai oleh seorang penjual atau beberapa penjual tertentu.

Kata monopoli sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu monos yang memiliki arti satu dan polis yang artinya penjual. Jadi dapat diartikan pasar monopoli merupakan pasar yang dimana hanya ada satu penjual atau satu pihak yang menguasai pasar dan mendominasi faktor penawaran uang yang ada, pada dasarnya hanya ada satu kekuatan yang ada di pasar.



Kekuasaan ini semakin diperkuat dengan tidak adanya produk entah itu barang dan jasa yang menyerupai dan dapat menggantikan produk penguasa tersebut. Sehingga kekuatan tersebut akan semakin kokoh.

Pasar monopoli dapat terbentuk karena beberapa faktor, diantaranya :

  • Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan monopoli mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri yang tidak akan bisa dicari ataupun dimiliki oleh perusahan lainnya.
  • Perusahaan monopoli mempunyai banyak dana, oleh karena itulah mereka mampu menikmati skala perekonomian bahkan sampai tingkatan tertinggi.
  • Perusahaan monopoli memperoleh perlindungan dari pemerintah dengan melalui Undang-undang sehingga praktek monopoli akan bergerak lebih leluasa.

Tiga hal inilah yang menjadi faktor terbentuknya pasar monopoli, berikutnya kita akan membahas jenis-jenis pasar monopoli.

Baca juga: Bentuk Bentuk Pasar

monopoli pasar

Jenis Pasar Monopoli

Adapun beberapa jenis pasar monopoli berdasarkan penyebabnya adalah sebagai berikut :

  1. Monopoli Alamiah

Sesuai dengan namanya, monopoli ini akan muncul secara alami dan diakibatkan oleh sesuatu yang juga alami. Monopoli ini dapat terjadi karena suatu pihak mempunyai keadaan dan situasi alam yang khas serta tidak dimiliki oleh pihak yang lainnya.



Seperti misalnya tanah yang subur, mempunyai iklim yang sejuk dan sangat cocok untuk segala jenis makhluk hidup, atau mempunyai sumber tambang yang cukup baik. Monopoli alamiah ini hanya dimiliki oleh beberapa daerah atau daerah yang tertentu.

Contoh : Papua yang mempunyai monopoli di bidang emas, dimana mereka mengeksplore emas yang dimiliki. Selain itu, Tulungagung yang mempunyai marmer yang sangat unik dan tidak dapat ditiru oleh pihak lainnya. Ada juga Kalimantan yang terkenal karena rotannya mempunyai kualitas terbaik, Batu dengan buah apelnya dan masih banyak lagi contoh lainnya.

  1. Monopoli Masyarakat

Berbeda dengan jenis monopoli ilmiah yang berdasarkan atas kondisi alam yang dimiliki oleh suatu daerah tertentu. Monopoli masyarakat ini bisa terjadi tergantung dengan kondisi masyarakat yaitu pada saat masyarakat memberikan sebuah kepercayaan secara penuh dan khusus terhadap sebuah produk.

Jadi ketika masyarakat sudah merasa cocok dan sesuai dengan produk tertentu, maka itulah yang mampu menguasai pasar, karena masyarakat akan menjadi berlangganan dan tidak akan berpindah ke pihak lainnya.

Contoh : Merk sepatu D mempunyai kualitas yang baik, enak saat dipakai, dan elastis, hal inilah yang membuat masyarakat memberikan kepercayaannya pada produk tersebut sehingga mereka tidak akan pindah ke merk yang lainnya. Sehingga produk sepatu tersebut akan memonopoli semua produk yang ada.

  1. Monopoli Undang-undang

Jenis menopoli selanjutnya adalah monopoli undang-undang. Sesuai dengan namanya, monopoli undang-undang ini bisa terjadi dan terbentuk karena adanya dukungan dari kebijakan atau pemerintahan sebuah negara dalam bentuk undang-undang. Adapun beberapa bentuk monopoli undang-undang adalah sebagai berikut :

  • Monopoli negara

Monopoli negara muncul karena untuk melindungi aset-aset yang berharga dan menyangkut hajat hidup orang banyak  dan juga memberikan pelayanan terhadap kepentingan umum. Hal ini diwujudkan oleh pemerintah dengan membangun sebuah perusahaan besar guna melayani masyarakat dalam kepentingannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *