Penjelasan Lengkap Apa Itu Pasar Monopoli

Posted on

Hak cipta umumnya diberikan kepada beberapa bidang seperti ilmu pengetahuan, kesastraan, kesenian dan lainya. Hak cipta mempunyai masa berlaku, yaitu untuk bukuk sampai 50 tahun setelah penulisnya meninggal, untuk program komputer hak cipta yang berlaku selama 25 tahun semenjak pencipta program menerima hak tersebut.



Hal itulah yang membuat karya seseorang tidak akan diciplak atau diperbanyak oleh pihak yang lainnya tanpa izin dari pihak yang terkait.

  • Hak paten

Hampir sama dengan hak cipta, hak paten adalah hak khusus yang diberikan kepada para penemu sebuah teknologi yang baru baik itu berbentuk proses produksi, hasil produksi maupun penyempurnaan dari dua hal tersebut.

Hak paten memiliki fungsi untuk dapat melindungi hasil penemuan seseorang dari pihak lain yang tidak memiliki tanggung jawab dengan mengemban misi untuk meniru atau memperbanyak penemuan orang lain tanpa izin.  Contoh dari hak paten adalah hak perlindungan yang dimiliki oleh perusahaan Microsoft atau teknologi canggihnya khususnya dalam software.

  • Hak merk

Hak merk merupakan  suatu tanda yang diberikan guna memberikan tanda atau nama kepada suatu barang  entah itu barang atau jasa yang memiliki tujuan untuk membedakan dirinya dengan merek yang lainnya.

Hak merek dapat diberikan ketika suatu merek sudah mendaftarkan dirinya ke Direktorat Jenderal Paten, Merk dan Hak Cipta. Dengan demikian, hal tersebut tidak akan bisa ditiru dan tidak boleh ditiru oleh pihak lain.

pasar monopoli



  1. Monopoli karena kemampuan efisiensi

Dalam hal produksi salah satu aspek yang dibutuhkan adalah efisiensi, disini efisiensi diartikan sebagai kemampuan suatu perusahaan untuk memproduksi suatu produk yang bagus dengan dana rendah. Dan tidak semua perusahaan bisa meniru teknik dan cara modern yang diterapkan oleh perusahaan tersebut.

Jadi perusahaan ini akan terlindungi dari perusahaan pesaing lainnya dan hal tersebut akan membuat perusahaan ini memonopoli pasar.

  1. Monopoli karena penguasaan bahan baku

Suatu perusahaan yang memiliki sumber daya sendiri atau bahan baku sendiri akan mengalami perkembangan pesat. Selain bisa menjadi importir bagi perusahaan lain, perusahaan ini juga bisa memproduksi dengan dana yang lebih murah karena bisa menggunakan bahan baku yang mereka miliki sendiri. Jadi perusahaan ini akan sulit disaingi oleh perusahaan lain.

  1. Monopoli karena penguasaan teknologi dan tenaga ahli

Teknologi dan tenaga ahli merupakan aset penting bagi suatu perusahaan. Karena dengan dua aspek tersebut maka proses produksi akan berlangsung secara maksimal dan efisien, maka secara otomatis perusahaan ini akan menjadi perusahaan yang mampu memonopoli perusahaan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.