Penjelasan Lengkap Apa Itu Pasar Monopsoni

Posted on

Pasar Monopsoni – Apabila membahas tentang peran pasar dalam kehidupan sehari-hari maka tak akan ada habisnya, terlebih lagi  saat membahas tentang jenis jenis pasar. Seiring dengan keadaan dan situasi perekonomian serta keinginan masyarakat maka timbulah beberapa bentuk pasar yang secara umum terbagi menjadi dua jenis yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.



Pengertian pasar persaingan sempurna adalah pasar yang didalamnya ada suatu keseimbangan antar semua pihak dengan peraturan dan kebijakan yang menguntungkan bagi semua pihak atau bisa dibilang jenis pasar ini merupakan pasar yang ideal. Sementara pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar yang didalamya terdapat suatu ketimpangan ada yang dirugikan dan ada pula yang diuntungkan, disamping itu ada banyak sekali pro dan kontra dalam pasar jenis ini.

Pasar persaingan tidak sempurna kemudian dibagi lagi menjadi beberapa bagian yaitu pasar monopoli, struktur pasar oligopoli, pasar monopsoni, dan pasar oligopsoni. Namun dalam ulasan kali ini kita hanya akan membahas tentang pasar monopsoni.

monopsoni

Pasar monopsoni merupakan jenis pasar yang dimana terdapat satu pembeli yang menguasai pasar, hal ini tentu berbeda dengan pasar monopoli karena dalam pasar monopoli  yang menguasai pasar ialah penjual satu penjual. Jadi, pada intinya pasar monopsoni adalah kebalikan dari pasar monopoli. Pasar monopsoni mempunyai ciri khas yaitu satu pembeli yang menguasai dan banyak  sekali penjual dalam pasar tersebut.

Hal ini akan membuat penjual sangat bergantung pada satu pembeli tersebut dengan banyak alasan diantaranya keadaan dan situasi pasar yang memang tidak adanya pembeli yang berantusias, tempat kecil yang sulit untuk dijangkau, biaya operasioal yang sangat tinggi dan masih banyak lagi hal lainnya. Sehingga para penjual dengan terpaksa akan menjual hasil produksinya pada pembeli yang menguasi pasar tersebut.

Baca juga: Pengertian Pasar Lengkap

Untuk memudahkan anda dalam mempelajari pasar monopsoni, berikut ini kami akan bagikan beberapa contoh pasar monopsoni. Sebagai contoh, dalam sebuah pasar sayuran yang berada di daerah terpencil mereka akan mengalami kesulitan dalam menjual dan mendistribusikannya ke tempat atau pasar lainnya yang banyak pembelinya, kondisi seperti inilah yang membuat para penjual tersebut menjualnya pada satu pembeli pedagang borongan, dengan demikian maka pedagang satu tersebut akan menguasai pembeli sayuran di daerah terpencil tersebut.



Contoh yang lain adalah suatu peternakan susu sapi perah yang berada di daerah yang sangat sulit dijangkau dan hanya bisa menjual susunya ke koperasi terdekat. Dengan begitu koperasi tersebut dapat menguasai pembelian susu perah karena hanya koperasi tersebutlah yang mempuyai fasilitas lengkap untuk dapat mengolah susu sapai dan dana yang cukup. Alasan inilah yang menjadikan koperasi tersebut menjadi satu-satunya pembeli susu sapi perah.

pasar monopsoni

Ciri Ciri Pasar Monopsoni

Selain memberikan contoh, pembahasan berikutnya kami akan ulas tentang ciri-ciri yang dimiliki oleh pasar monopsoni. Adapun ciri-ciri pasar monopsoni adalah sebagai berikut :

  1. Hanya terdapat satu pembeli

Satu pembeli yang terdapat dalam pasar merupakan ciri khas yang dimiliki oleh pasar monopsoni. Dengan demikian hal yang sangat diuntungkan dan memperoleh hasil lebih banyak adalah pembeli dan bukan penjual. Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Dalam hal ini para penjual harus mau menerima apapun itu keputusan dari sang pembeli karena hanya pihak tersebutlah yang mampu dan mau membeli hasil produk mereka, maka tak jarang jika harga yang diberikan sangat murah sehingga semua penjual akan memperoleh keuntungan yang tidak terlalu banyak.

Disamping itu, pembeli yang berkuasa ini bisa menjadi pihak yang memperoleh keuntungan banyak ini dikarenakan mereka mengambil dari para penjual dengan harga yang sangat murah lalu didistribusikan ke tempat lainnya atau dijual dengan harga yang lebih mahal ke pihak lain. Hal inilah yang menjadi ciri khas yang dimiliki oleh pasar monopsoni.



  1. Harga sesuai dengan keinginan pembeli

Pembeli mempunyai kekuasaan penuh atas segala aktivitas jual beli yang terjadi pasar monopsoni, khususnya pada penentuan harga. Yang menentukan harga adalah pembeli yang berkuasa tersebut, ini terjadi pada saat penjual dihargai murah tetapi mereka tetap harus menerima karena jika saja protes ataupun tidak terima maka mereka nantinya akan mengalami kesulitan untuk mencari pembeli lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *