Penjelasan Lengkap Apa Itu Pasar Monopsoni

Posted on

pasar monopsoni



Ciri Ciri Pasar Monopsoni

Selain memberikan contoh, pembahasan berikutnya kami akan ulas tentang ciri-ciri yang dimiliki oleh pasar monopsoni. Adapun ciri-ciri pasar monopsoni adalah sebagai berikut :

  1. Hanya terdapat satu pembeli

Satu pembeli yang terdapat dalam pasar merupakan ciri khas yang dimiliki oleh pasar monopsoni. Dengan demikian hal yang sangat diuntungkan dan memperoleh hasil lebih banyak adalah pembeli dan bukan penjual. Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Dalam hal ini para penjual harus mau menerima apapun itu keputusan dari sang pembeli karena hanya pihak tersebutlah yang mampu dan mau membeli hasil produk mereka, maka tak jarang jika harga yang diberikan sangat murah sehingga semua penjual akan memperoleh keuntungan yang tidak terlalu banyak.

Disamping itu, pembeli yang berkuasa ini bisa menjadi pihak yang memperoleh keuntungan banyak ini dikarenakan mereka mengambil dari para penjual dengan harga yang sangat murah lalu didistribusikan ke tempat lainnya atau dijual dengan harga yang lebih mahal ke pihak lain. Hal inilah yang menjadi ciri khas yang dimiliki oleh pasar monopsoni.

  1. Harga sesuai dengan keinginan pembeli

Pembeli mempunyai kekuasaan penuh atas segala aktivitas jual beli yang terjadi pasar monopsoni, khususnya pada penentuan harga. Yang menentukan harga adalah pembeli yang berkuasa tersebut, ini terjadi pada saat penjual dihargai murah tetapi mereka tetap harus menerima karena jika saja protes ataupun tidak terima maka mereka nantinya akan mengalami kesulitan untuk mencari pembeli lagi.

Walaupun pembeli memiliki kebebasan untuk menentukan harga tetapi tetap ada ketentuannya, mereka tidak bisa seenaknya sendiri  tapi harus melalui pertimbangan seperti misalnya menyesuaikan dengan harga pasar, memperhatikan nilai dolar dan lain sebagainya. Yang menjadi poin penting disini ialah pembentukan harga akan sangat ditentukan oleh kehadiran dari sang pembeli.



  1. Produk yang diperjual belikan barang mentah

Sebagian besar produk yang diperjual belikan dalam pasar jenis ini adalah produk mentah, ini dikarenakan proses kegiatan ekonomi di pasar monopsoni semacam distribusi. Pembeli akan membeli produk dari penjual dan kemudian menjualny lagi ke pihak lain.

Memang ada juga  produk yang sudah jadi dan si pembeli hanya tinggal menyalurkan, tetapi kebanyakan produk yang akan diberi dari penjual adalah barang mentah yang kemudian diproses ulang dan disempurnakan untuk menjadi barang matang yang sudah siap untuk dipakai oleh konsumen.

  1. Pendapatan tidak merata

Untuk persoalan pendapatan masyarakatnya tentu saja tidak merata dengan keberadaan pasar monopsoni, sebab bisa dibilang yang kaya juga akan semakin kaya dan yang miskin juga akan semakin miskin. Mengapa hal seperti ini bisa terjadi?

Leave a Reply

Your email address will not be published.