Penjelasan Lengkap Apa Itu Pasar Monopsoni

Posted on

Hal ini dikarenakan pihak penjual tidak dapat berbuat banyak dan tidak dapat menuntut kepada pembeli untuk membeli produknya dengan harga yang mahal sebab memang sangat sulit sekali mencari pembeli yang mau membeli hasil produksinya.



Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa pendapatan dalam pasar monopsoni berat sebelah, sebab para penjual hanya berpangku tangan pada pembeli yang berkuasa tersebut, yang bisa mempunyi kenaikan pendapatan ialah pembeli tersebut.

  1. Sering terjadi perselisihan

Dalam pasar monopsoni seringkali adanya perselisihan antara pembeli dan penjual, hal ini terjadi pada saat harga yang ditetapkan oleh pembeli tidk sesuai dengan harapan penjual, maka disini seringkali terjadi persoalan diantara keduanya. Hal ini juga bisa terjadi karena kegelisahan penjual yang harus bekerja lebih keras dengn harga bahan dasar yang selalu naik tetapi harga terkadang tidak sesuai dengan harapan sang penjual.

Disamping itu, ternyata peran orang ketiga sangat diperlukan dalam persoalan ini, dalam pasar monopsoni sering terjadi perselisihan karena tidak adanya pihak ketiga seperti layaknya pemerintah yang dapat mengantur penentuan harga hasil produksi supaya saling menguntungkan, tetapi seperti yang kita tahu sendiri bahwa dalam pasar monopsoni ini tidak ada pihak lain selain penjual dan pembeli yang berkuasa jadi potensi munculnya perselisihan sangat besar.

Diatas adalah beberapa ciri khusus yang dimiliki oleh pasar monopsoni. Dari kelima ciri ciri tersebut dapat kita simpulkan bahwa pasar monopsoni merupakan jenis pasar yang hanya mempuyai satu pembeli dan menjadi penguasa pasa dengan kuasa untuk dapat menentukan harga  dan di sisi lain ada banyak penjual entah itu dalam satu bidang atau beberapa bidang yang berbeda.

pengertian monopsoni

Terlepas dari semua itu, hal yang paling penting untuk selalu anda ingat bahwa pasar monopsion termasuk ke dalam jenis pasar persaingan tidak sempurna maka sama seperti pasar lainnya yaitu mempunyai kekurangan dan kelebihan. Adapun beberapa kelebihan yang dimiliki oleh pasar monopsoni adalah sebagai berikut :



Kelebihan Pasar Monopsoni

  1. Kualitas dan mutu barang atau hasil produksi terjamin.

Dalam pasar monopsoni kualitas dan mutu produk terjamin dan terjaga, hal ini dikarenakan pembeli yang menguasai pasar hanya mau hasil produksi atau barang yang dibeli memiliki kualitas yang bagus, ketika kualitas barang tersebut menurun atau tidak memnuhi kualitas maka pembeli akan enggan membeli barang tersebut.

Secara otomatis ketika pembeli yang berkuasa tidak membeli sang penjual tersebut akan mengalami kebangkrutan. Inilah yang membuat para penjual harus bersusah payah dan konsisten dalam menjaga kualitas dan mutu dari produk yang mereka lakukan.

  1. Kreatifitas dan inovasi para penjual akan terasah

Ketika ada tuntutan kualitas dan mutu barang harus terjamin maka para penjual di pasar monopsoni ini selalu berupaya mencari sebuah alternatif yang tepat untuk memproduksi suatu barang yang berkualitas dengan pengeluaran yang minim agar mendapatkan hasil yang maksimal atau untung yang memadai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.