Penjelasan Lengkap Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Posted on

Pasar Persaingan Tidak Sempurna – Pasar menjadi sebuah tempat atau wadah yang sangat penting dalam dunia  perekonomian, ini dikarenakan dalam pasarlah akan terjadi transaksi  jual beli antara penjual dan pembeli.



Pasar mempunyai dua bentuk yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. Mengapa dua nama tersebut yang digunakan, karena di dalam sebuah pasar pastinya akan terjadi suatu persaingan antara satu penjual (produsen) dengan penjual lainnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa ada persaingan secara sehat dan ada juga yang curang, karena itula nama persaingan sempurna dan tidak sempurna digunakan.

persaingan pasar tidak sempurna

Dalam pembahasan sebelumnya kita telah menjelaskan bahwa pengertian pasar persaingan sempurna adalah pasar yang terorganisir secara sempurna tanpa adanya hal-hal yang berbau negatif. Sedangkan pengertian pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar yang tidak mempunyai pengodiniran yang sempurna. Namun dalam pembahasan kali ini kita hanya akan membahas mengenai pasar persaingan tidak sempurna.

Perlu diketahui bahwa pasar persaingan tidak sempurna merupakan suatu bentuk pasar yang tidak teroganisir secara sempurna atau yang biasa disebut sebagai bentuk pasar yang kehilangan satu atau bahkan lebih ciri-ciri yang dimiliki oleh pasar persaingan sempurna.

Sebab, dalam pasar persaingan tidak sempurna ini peran dari pembeli dan penjual hilang sehingga mereka tidak mempunyai keleluasaan dalam menetapkan atau menentukan harga dari suatu produk. Pasar persaingan tidak sempurna mempunyai beberapa ciri khusus, yaitu sebagai berikut “



  • Jumlah penjual yang ada dalam pasar persaingan tidak sempurna sangatlah terbatas.
  • Jumlah pembeli di dalam pasar sangat banyak.
  • Sangat sulit untuk masuk bebas ke dalam pasar, ini dikarenakan banyak sekali hambatan dan gangguan didalamnya.
  • Produk yang telah beredar di pasar atau yang diperjualbelikan sifatnya homogen (sejenis) serta tidak adanya produk pengganti atau subsidi.
  • Pihak yang berkuasa bebas dan leluasa untuk memainkan harga, sementara pihak lain hanya bisa mengikuti ketetapan yang ada.

Dalam pasar persaingan tidak sempurna ada lima bentuk pasar, antara lain yaitu pasar monopoli, pasar monopolistik, pasar oligopoli, pasar monopsoni dan pasar oligopsoni. Nah, berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

Pasar Monopoli

Monopoli berasal dari bahasa Yunani yaitu monos dan polist, monos memiliki arti satu dan polist berarti penjual, jadi arti dari monopoli adalah satu penjual. Pada intinya pasar monopoli merupakan suatu kondisi pasar yang dimana hanya ada satu kekuatan atau satu penjual saja yang memiliki kuasa dan mampu menjadi penentu harga dan untuk yang lainnya bisa dikatakan sebagai penguasa penawaran tanpa adanya satu pihak yang mampu untuk menyainginya.

Penguasa pasar ini memang sengaja mengahasilkan dan menjual produk yang tidak mempunyai pengganti atau substitusi yang dekat. Pasar monopoli dapat dibedakan menjadi dua macam yakni monopoli by law dan monopoli by nature. Monopoli by low adalah pasar monopoli yang dikuasai oleh negara berupa cabang-cabang produk yang menguasai hajat hidup banyak orang.

penjelasan pasar persaingan tidak sempurna

Sementara monopolu by nature adalah pasar monopoli yang muncul secara alami melalui dukungan dari kondisi geografisnya. Beberapa contoh pasar monopoli adalah Perusahaan Listrik Negara (PLN), PDAM, PT. KAI dan masih banyak lagi lainnya. Adapun ciri pasar monopoli adalah sebagai berikut :

  • Hanya ada satu pihak dalam industri

Dalam pasar monopoli hanya ada satu perusahaan saja yang memiliki kuasa, dalam satu industri hanya ada satu badan yang berkuasa dan bekerja. Maka dari itu, produk entah itu barang atau jasa hanya dihasilkan oleh perusahaan ini bukan dari pihak luar atau pihak lainnya.



  • Tidak terdapat produk pengganti

Perusahaan di dalamnya hanya akan menghasilkan satu jenis produk saja, dengan demkian tidak akan ada produk yang mampu menggantikannya. Produk itu benar-benar menjadi satu-satunya yang ada di pasar dan tidak ada produk penggantinya, jadi mau tidak mau para konsumen harus memilih produk tersebut, ini dikarenakan tidak ada alternatif yang lainnya. Sebagai contohnya adalah aliran listrik yang tidak dapat digantikan oleh produk yang mirip dengannya.

  • Sulit untuk masuk ke dalam pasar

Untuk bisa memasuki pasar monopoli merupakan hal yang sangat sulit. Hal ini dikarenakan penguasa yang ada di dalamnya akan selalu berupaya  untuk menghalangi atau membentengi kekuasaan yang dimilikinya dari pendatang baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *