Perangkat Pembelajaran KTSP SD

Posted on

Perangkat Pembelajaran KTSP SD/MI – Seorang guru bisa dikatakan baik apabila memiliki kemampuan profesional dan kepribadian dan sosial yang baik. Ada empat kompetensi guru yang wajib dimiliki oleh seorang pengajar, yakni kemampuan : kepribadian, profesional, kependidikan, dan sosial.



Keempat kemampuan ini biasa digunakan untuk mengukur produktivitas guru yang akan dinilai oleh kepala sekolah, rekan sesama guru, peserta didik dan orang tua peserta didik. Apabila kinerja guru baik, maka produk atau output seorang siswa atau peserta didik yang akan dihasilkannya tentu juga akan baik. Produktivitas kinerja guru sangat dipengaruhi oleh kompetensi guru yang bersangkuta karena kinerja seorang guru akan mencerminkan kinerja siswa yang ia didik.

Tugas utama dari seorang guru adalah mengajar dan mendidik peserta didik di sekolah sampai mereka dapat mencapai kesuksesan yang mutlak sebagai penerus bangsa. Untuk dapat melaksanakan tugas sebagai pendidik maka seorang guru perlu menyiapkan senjata agar misi dalam mendidik siswa tercapai. Apakah senjata itu? Senjata itu disebut dengan perangkat pembelajaran.

Perangkat Pembelajaran KTSP SD

Perangkat pembelajaran adalah sebuah hal yang harus dipersiapkan oleh seorang guru sebelum akan melaksanakan pembelajaran. Perangkat adalah alat atau perlengkapan, sedangkan pembelajaran merupakan suatu proses atau cara untuk menjadikan orang belajar.

Perangkat pembelajaran terdiri dari beberapa program seperti program semester, program tahunan, perhitungan minggu efektif, pemetaan sk-kd, silabus dan rencana pembelajaran pendidikan (RPP).

Baca juga : Cara Membuat Indikator Belajar

Pada umumnya perangkat pembelajaran ini akan digunakan guru sebagai paduan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas dan perangkat pembelajaran ini dibuat untuk satu semester atau satu tahun pelajaran. Perangkat pembelajaran biasanya akan dibuat sebelum memasuki semester baru. Biasanya para guru akan memanfaatkan waktu libur sekolah untuk menyiapkan perangkat pembelajaran.



Bukanlah hal yang sangat melelahkan bagi para guru saat hari aktif sekolah mereka disibukkan dengan mendidik siswa, memberikan ilmu pengetahuan, memberikan pendidikan  moril dan kemudian mereka masih sangat sibuk di hari libur untuk menyiapkan kembali perangkat pembelajaran untuk semester baru. Jadi kapan guru memiliki kesempatan untuk menikmati waktu istirahat dan berlibur?

Oleh karena itu kami disini ingin mencoba untuk membantu meringankan sedikit beban para guru dengan cara membagikan perangkat pembelajaran SD KTSP yakni RPP, Silabus, Prota, Promes SD KTSP Lengkap Kelas 1, 2, 3,4, 5, dan 6 Tahun 2016/2017 yang siap editu supaya para guru mempunyai waktu untuk bersantai pada hari libur sekolah. Perangkat pembelajaran yang sudah kami siapkan ini berupa program semester, program tahunan, pemetaan SK-KD, silabus dan rencana pelaksanan pembelajaran (RPP) SD KTSP untuk semua kelas semester 1 dan 2.

Leave a Reply

Your email address will not be published.