Mencari NISN Berdasarkan Nama Siswa

Cara Mencari NISN Dengan Nama Siswa – Setiap siswa yang bersekolah di Indonesia pasti memiliki nomor induk khusus yang diberi nama Nomor Induk Siswa Nasional atau disingkat NISN. NISN adalah sebuah layanan sistem yang bertujuan untuk mengelola nomor induk siswa secara nasional.

NISN ini dikelola oleh Pusat Data dan Statistika Kemendiknas. Nomor Induk Siswa Nasional ini menjadi salah satu program Dapodik atau Data Pokok Pendidikan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Seiring berjalannya waktu, NISN mengalami perkembangan sehingga semakin modern dan praktis. Saat ini pengelolaan NISN sudah memanfaatkan sistem komputerisasi daring.

Pengelolaan dan pengecekan NISN ditangani langsung oleh site mini terpusat dengan skala nasional sesuai dengan standar pengkodean yang sudah ditentukan. Nantinya setiap siswa yang terdaftar dalam layanan NISN akan mendapatkan kode pengenal identitas siswa yang terdiri dari 10 digit angka unik.

nisn online

Nomor tersebut dikatakan unik karena 3 digit angka pertama merupakan tahun lahir siswa yang bersangkutan. Sedangkan 7 digit angka selanjutnya merupakan kode unik. Penentuan dan pemberian kode tersebut dilakukan secara otomatis dengan memakai mesin komputer yang telah ada di pusat layanan NISN. Nomor Induk ini berlaku selamanya, sebab untuk membedakan antara siswa satu dengan siswa lainnya.

Pemberian kode pengenal identitas siswa dilakukan berdasarkan masukan atau pengajuan sumber data siswa. Akan tetapi sumber data siswa yang diserahkan harus sudah melewati verifikasi masing-masing sekolah dan Dinas Pendidikan secara online.

Hasil dari pemberian kode identifikasi sistem NISN itu selanjutnya ditampilkan secara terbuka dengan batasan tertentu lewat situs NISN. Tujuannya supaya kegiatan cek NISN tidak disalahgunakan oleh orang yang tak bertanggungjawab.

Kita bisa mencari NISN secara online tanpa perlu ke sekolah terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengakses situs yang telah disediakan oleh Kemendikbud pada tautan referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk melihat NISN beserta data-data siswa yang bersangkutan. Yakni mencarinya berdasarkan NISN dan berdasarkan nama. Apabila Anda tidak mengetahui NISN namun mengetahui nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir dan nama ibu maka Anda bisa memanfaatkan cara kedua. Berikut akan kami jelaskan selengkapnya.

Cara Mencari NISN Online Berdasarkan Nama

cara cari nisn

Jika ingin mencari NISN berdasarkan nama, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu. Seperti yang disinggung di atas, apabila ingin menggunakan opsi ini Anda harus tahu nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir dan nama ibu siswa yang bersangkutan. Jika sudah berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

  1. Buka situs resmi NISN online pada https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/. Setelah halaman muncul, pilih menu atau opsi “Pencarian Nama” yang ada di pojok kanan atas layar. Atau Anda juga bisa mengakses https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/index.php/Cindex/formcaribynama.
  2. Maka akan muncul halaman NISN Online Pencarian Nama. Isi form yang dibutuhkan dan pastikan tidak ada yang salah ketik. Kesalahan penulisan bisa membuat pencarian gagal atau data tidak ditemukan.
  3. Jangan lupa mengisi kode Captcha sesuai dengan yang tertulis di atas kolom kode Captcha.

Mengatasi Permasalahan NISN Online

Adakalanya kita menjumpai beberapa masalah saat ingin mengecek NISN online atau hal-hal lain yang berhubungan dengan NISN. Berikut adalah beberapa permasalahan seputar NISN online beserta solusinya.

Lupa NISN

Apabila anak Anda lupa NISN miliknya atau lupa dengan NISN seorang siswa, Anda bisa melakukan pengecekan NISN dengan mengecek menu data siswa atau lewat situs NISN resmi. Anda bisa memanfaatkan cara di atas jika tidak hafal atau lupa NISN yang dimiliki.

Belum Memiliki NISN

Jika belum mempunyai NISN, ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan. Berikut adalah cara mengurus NISN siswa:

  • Yang pertama Anda terlebih dahulu akan diarahkan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu sesuai dengan prosedur yang sebelumnya.
  • Kedua, jika siswa tidak ditemukan, maka Anda bisa mengunduh formulir peserta didik (F-PD) serta formulir A.1 untuk pengajuan nomor induk siswa nasional baru pada situs resmi NISN kemudian memilih menu formulir pengajuan.
  • Selanjutnya, Anda perlu mencetak formulir-formulir tersebut.
  • Kemudian ketika formulir telah tercetak, maka Anda dianjurkan untuk mengisi formulir-formulir tersebut secara manual.
  • Jika sudah, serahkan hasil formulir yang sudah diisi tersebut kepada operator atau staff sekolah dimana Anda berasal
  • Yang terakhir pihak sekolah akan mengirim formulir A.1 tersebut ke PSPD melalui email : [email protected] untuk selanjutnya akan diberikan nomor NISN untuk Anda.

cek nisn

Memperbaiki Biodata NISN

Ada pula yang menjumpai masalah biodata pada NISN online yang tidak sesuai. Kesalahan ini masih bisa dikoreksi. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan:

  • Yang pertama download formulir A3 untuk pengajuan perbaikan biodata di situs NISN resmi dan terletak pada formulir pengajuan.
  • Kemudian cetak formulir A3 tersebut
  • Jika sudah, silahkan isi formulir tersebut secara manual dan dengan data yang sebenar-benarnya.
  • Lalu Anda tinggal menyerahkan dokumen berupa formulir A3 tersebut kepada operator NISN di tingkat sekolah dimana NISN tersebut diterbitkan.
  • Nantinya, pihak sekolah akan mengirimkan formulir yang sudah diperbaiki tadi melalui email pdsp.

Baca juga: Cara Mencari NISN Berdasarkan Nama Sekolah

Tidak Mendapat NISN dari Sekolah Sebelumnya

Jika seorang siswa pindah ke sekolah baru dan harus menyerahkan nomor NISN sedangkan ia belum mendapatkannya dari sekolah sebelumnya, ada beberapa solusi yang bisa dicoba. Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan:

  • Yang pertama Anda akan dianjurkan terlebih dahulu untuk melaksanakan solusi seperti permasalahan yang tertera pada poin 1 di atas.
  • Jika permasalahan belum juga ditemukan, maka Anda perlu mencoba opsi kedua yakni dengan mendownload atau mengunduh formulir peserta didik (F-PD) dan mengambil form formulir A.1. formulir tersebut berguna untuk pengajuan nomor induk siswa baru di website resmi NISN bagian formulir pengajuan.
  • Jika sudah, Anda tetap harus mencetak formulir-formulir tersebut.
  • Jika sudah tercetak, Anda masih ditugaskan untuk mengisi formulir tersebut dengan benar yang ditulis secara manual.
  • Kemudian serahkan formulir tersebut kepada staff NISN/npsn yang ada di sekolah asal Anda.
  • Seperti biasa, pihak sekolah yang akan mengirim formulir tersebut ke pdsp melalui email agar Anda bisa mendapatkan NISN.

Kartu NISN Hilang atau Data Keliru

Apabila Anda menjumpai kesalahan pada NISN atau bahkan kartu NISN rusak maupun hilang, Anda perlu melaporkan hal tersebut ke staf operator di bagian NISN/NPSN di sekolah yang menerbitkan NISN tersebut. Nantinya staf operator yang bersangkutan akan memberikan solusi untuk permasalahan Anda.

Memiliki 2 NISN

Anda juga bisa menjumpai masalah seorang siswa yang mempunyai 2 NISN. Untuk permasalahan ini NISN yang digunakan sebaiknya yang sudah digunakan sebagai alat administrasi dan validasi di sekolah.

Atau Anda bisa memilih NISN dengan kode paling kecil. Sesudah itu NISN yang sudah dipakai harus segera dilaporkan kepada staf operator NISN/NPSN sekolah asal supaya segera dihapus.

nisn siswa

Manfaat NISN Online

NISN online dibuat karena beberapa tujuan. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari adanya NISN online.

  1. Berguna untuk memverifikasi setiap siswa/peserta didik yang berada di seluruh sekolah di Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  2. Digunakan sebagai pusat pelayanan pada sistem pengelolaan NIS online untuk unit-unit kerja Kementerian Pendidikan nasional. Kemudian dinas Pendidikan daerah bahkan sampai dengan sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel. Namun tetap berbasis pada teknologi informasi dan komunikasi yang terbaru
  3. Bermanfaat sebagai sistem pendukung dari program dapodik dalam proses pengembangan serta penerapan program perencanaan Pendidikan. Bukan hanya pada penerapan program nya saja namun juga statistik Pendidikan serta program Pendidikan yang lain. Baik yang berada di tingkat pusat, provinsi, kota atau kabupaten bahkan sampai sekolah. Seperti ujian nasional, bantuan operasional sekolah, pangkalan data serta informasi Pendidikan, sistem informasi manajemen sekolah sampai dengan program beasiswa PIP.

Fungsi NISN

NISN mempunyai fungsi yang sangat penting selain sebagai identitas yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya. Apa saja fungsi NISN ini? Berikut pembahasan singkat seputar fungsi NISN.

nisn daring

Melihat Perkembangan Siswa

Lewat Nomor Induk Siswa Nasional, perkembangan dari riwayat pendidikan seorang siswa bisa dipantau dengan mudah. Informasi yang termuat mencakup perubahan data yang terjadi seperti proses mutasi, tingkat kelulusan atau bahkan data siswa yang putus sekolah.

Oleh karenanya dengan menggunakan NISN pihak yang berkepentingan bisa mengetahui siapa saja yang berhenti sekolah setelah lulus dari SD atau SMP. Di samping itu hal tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai langkah untuk memberantas masalah anak putus sekolah.

Memudahkan Siswa Berpendidikan Non Formal Melanjutkan ke Perguruan Tinggi

NISN menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi siswa non formal. Tanpa adanya NISN siswa yang memiliki latar belakang pendidikan non formal akan mengalami sedikit kesulitan ketika ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Oleh karena itu dengan adanya NISN ini mereka akan lebih mudah untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Nomor Tetap Seumur Hidup

NISN merupakan nomor tetap seumur hidup. Dengan kata lain siswa tidak perlu mengganti nomor induknya setiap kali ganti jenjang pendidikan. Nomor induk ini bisa dipakai sampai siswa menyelesaikan seluruh pendidikan. Maka dari itu saat siswa naik ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, Nomor Induk Siswa Nasional tidak mengalami perubahan.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan seputar cara mencari NISN berdasarkan nama siswa. Semoga apa yang kami sampaikan di atas bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment