×

Mencari NISN Berdasarkan Nama Siswa

Posted on

nisn siswa

Manfaat NISN Online

NISN online dibuat karena beberapa tujuan. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari adanya NISN online.

  1. Berguna untuk memverifikasi setiap siswa/peserta didik yang berada di seluruh sekolah di Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  2. Digunakan sebagai pusat pelayanan pada sistem pengelolaan NIS online untuk unit-unit kerja Kementerian Pendidikan nasional. Kemudian dinas Pendidikan daerah bahkan sampai dengan sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel. Namun tetap berbasis pada teknologi informasi dan komunikasi yang terbaru
  3. Bermanfaat sebagai sistem pendukung dari program dapodik dalam proses pengembangan serta penerapan program perencanaan Pendidikan. Bukan hanya pada penerapan program nya saja namun juga statistik Pendidikan serta program Pendidikan yang lain. Baik yang berada di tingkat pusat, provinsi, kota atau kabupaten bahkan sampai sekolah. Seperti ujian nasional, bantuan operasional sekolah, pangkalan data serta informasi Pendidikan, sistem informasi manajemen sekolah sampai dengan program beasiswa PIP.

Fungsi NISN

NISN mempunyai fungsi yang sangat penting selain sebagai identitas yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya. Apa saja fungsi NISN ini? Berikut pembahasan singkat seputar fungsi NISN.



nisn daring

Melihat Perkembangan Siswa

Lewat Nomor Induk Siswa Nasional, perkembangan dari riwayat pendidikan seorang siswa bisa dipantau dengan mudah. Informasi yang termuat mencakup perubahan data yang terjadi seperti proses mutasi, tingkat kelulusan atau bahkan data siswa yang putus sekolah.

Oleh karenanya dengan menggunakan NISN pihak yang berkepentingan bisa mengetahui siapa saja yang berhenti sekolah setelah lulus dari SD atau SMP. Di samping itu hal tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai langkah untuk memberantas masalah anak putus sekolah.

Memudahkan Siswa Berpendidikan Non Formal Melanjutkan ke Perguruan Tinggi

NISN menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi siswa non formal. Tanpa adanya NISN siswa yang memiliki latar belakang pendidikan non formal akan mengalami sedikit kesulitan ketika ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Oleh karena itu dengan adanya NISN ini mereka akan lebih mudah untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Nomor Tetap Seumur Hidup

NISN merupakan nomor tetap seumur hidup. Dengan kata lain siswa tidak perlu mengganti nomor induknya setiap kali ganti jenjang pendidikan. Nomor induk ini bisa dipakai sampai siswa menyelesaikan seluruh pendidikan. Maka dari itu saat siswa naik ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, Nomor Induk Siswa Nasional tidak mengalami perubahan.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan seputar cara mencari NISN berdasarkan nama siswa. Semoga apa yang kami sampaikan di atas bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *