Cara Pendaftaran Inpassing Online Terbaru Tahun 2022

Posted on

Cara Pendaftaran Inpassing Online  Pada artikel kali ini kami akan memberikan ringkasan informasi yang membahas tentang tata cara pendaftaran inpassing online terbaru tahun 2022.



Pada artikel ini juga akan memberikan uraian langkah – langkah serta penjelasan tentang cara untuk melakukan pendaftaran inpassing online terbaru tahun 2022 yang dapat anda lihat pada artikel kami kali ini.

Baca juga: SK Inpassing Kemenag Guru Non PNS

Namun sebelum masuk ke tahap cara untuk melakukan pendaftaran inpassing online terbaru 2022, ada baiknya jika kita memahami terlebih dahulu apa itu program guru inpassing.

Mengenal Program Guru Inpassing

Prorgram guru inpassing merupakan program yang dibuat oleh dinas pendidikan dengan tujuan untuk menyetarakan jabatan guru non PNS dengan guru PNS dengan melihat kualifikasi akademik, masa kerja, serta sertifikat pendidik yang dimiliki.

Bagi seorang pendidik atau guru yang mendapatkan inpassing maka tunjangan yang didapatkan akan setara atau sama dengan guru yang sudah PNS. Tunjangan yang didapat dibedakan berdasarkan golongan guru masing – masing yakin dengan mengacu pada perhitungan angka kredit jabatan yang dimiliki serta pangkat guru selama aktif dalam kegiatan mengajar.

Baca juga: Cara Cek Info GTK 2022 BSU Guru Honorer

Program guru inpassing ini dilaksanakan setiap tahun dengan waktu yang tidak ditentukan. Hal ini menyebabkan guru dituntut untuk aktif mencari informasi terbaru seputar program inpassing guru agar dapat mengetahui kapan jadwal dilaksnakannya serta syarat dan mekanisme pelaksanaan program inpassing guru.



Lalu bagimana cara untuk melakukan pendaftaran program inpassing guru secara online? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Cara Mendapatkan Nomor UKG Bagi Guru Baru

Cara Pendaftaran Online Program Inpassing Guru

Sebelum melakukan pendaftaran online pada program inpassing guru, silahkan perhatikan petunjuk singkat.

Petunjuk Singkat:

  1. Silahkan menyiapkan berkas – berkas yang disyaratkan untuk mengikuti Inpassing yang sekarang menjadi GBPNS atau Kesetaraan Jabatan dan Pangkat. Masukkan dalam map berwarna merah untuk jenjang SD dan map berwarna biru untuk jenjang SMP. Satu map hanya diisi oleh satu orang pengusul saja.
  2. Cetak LIP atau Lembar Indentitas Pengusul dalam info PTK lalu tempelkan pada bagian depan atau cover map.
  3. Masukkan map ke dalam amplop tertutup dan kirim ke alamat di bawah ini:

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

u.p. Direktur Pembinaan PTK Dikdas,



Ditjen Dikas Kemdikbud

PO BOX 1316 JKS 12013

Dengan mencantumkan kode L.I.P pada pojok kanan atas amplop.

Baca juga: Tugas Tambahan Guru Sesuai Dapodik

Berikut cara melakukan pendaftaran online dengan uraian langkah – langkah berikut ini:

(1) Langkah Pertama

Harus benar – benar dipastikan bahwa yang mendaftar adalah guru bukan PNS atau GBPNS yang telah memenuhi syarat Dapodikdas dan akan diberi nomor urut yang nantinya akan diumumkan melalui laman https://gtk.kemdikbud.go.id/

(2) Langkah Kedua

Bagi bapak atau ibu guru yang namanya telah diumumkan di tahap 1, maka bisa mempersiapkan berkas persyaratan administrasi yang akan dilaksanakan setelahnya.

(3) Langkah Ketiga

Dalam melaksanakan pendaftaran program inpassing online, kepala sekolah memiliki tugas untuk memeriksa kembali kelengkapan dan keabsahan berkas persyaratan guru bukan PNS atau dengan membuatkan surat pengantar. Alalu apabila berkas sudah diverifikasi kepala sekolah bertugas untuk mengirimkannnya kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

(4) Langkah Keempat

Apabila ada GBPNS yang bertugas atau mengajar di luar negeri maka berkas administrasi dan keabsahan dapat dikirim oleh kepala sekolah kepada Kepala Perwakilan Republik Indonesia yang berada di luar negeri.

(5) Langkah Kelima

Saat mengirimkan berkas administrasi harus diberi lampiran berupa lembar identitas dari pengusul kesetaraan jabatan serta pangkat GBPNS. Lampiran tersebut dapat dicetak melalui lembar transkrip data. Info tentang GTK atau nomor induk pendidik dan tenaga kependidikan dapat diakses dengan IP adress 223.27.144.195: 8081 atau 223.27.144.195: 8082 atau 223.27.144.195: 8083 dan lain sebagainya.

(6) Langkah Keenam

Langkah terakhir adalah Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar melakukan verifikasi tentang kelengkapan serta keabsahan berkas persyaratan yang dikirim oleh kepala sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.