Macam Macam Pendekatan Pembelajaran

Posted on

Macam Macam Pendekatan Pembelajaran – Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai pendekatan pembelajaran. Perlu diketahui bahwa setidaknya ada 10 jenis pendekatan pembelajaran yang bisa diterapkan oleh guru atau pengajar saat proses belajar mengajar. Macam-macam pendekatan pembelajaran ini bisa kita pelajari dan dicari mana yang cocok dengan situasi di kelas. Ada pula beberapa contoh pendekatan pembelajaran yang diaplikasikan pada pendekatan pembelajaran kurikulum 2013.



Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas pendekatan dalam pembelajaran. Akan tetapi terlebih dahulu kita ketahui apa itu pendekatan Pembelajaran.

Pengertian Pendekatan Pembelajaran

Pendekatan pembelajaran adalah suatu titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan mengenai terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum. Di dalamnya mewadahi, menginspirasi, menguatkan serta melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu.

Secara umum pembelajaran terbagi ke dalam dua jenis pendekatan. Antara lain pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered approach) dan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru atau teacher centered approach).

 

Pendekatan pembelajaran juga bisa diartikan sebagai jalan yang akan ditempuh oleh guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pendekatan pembelajaran juga merupakan aktivitas guru dalam memilih kegiatan pembelajaran. Yakni sistem untuk memudahkan pelaksanaan proses pembelajaran dan membelajarkan siswa untuk membantu dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.



Baca juga : Media Pembelajaran Matematika

Tidak hanya itu, pendekatan pembelajaran juga bermanfaat untuk mempermudah sekaligus memperjelas para guru dalam memberikan pelayanan belajar. Pendekatan pembelajaran juga memudahkan siswa untuk memahami materi yang disampaikan guru, dengan memelihara suasana belajar yang menyenangkan.

Contoh Pendekatan Pembelajaran

Sudah disinggung di atas bahwa pendekatan pembelajaran dibagi menjadi 10 macam. Berikut adalah daftarnya :

  • Pendekatan Kontekstual / Contextual Teaching and Learning (CTL)
  • Pendekatan Kontruktivisme
  • Pendekatan Deduktif
  • Pendekatan Induktif
  • Pendekatan Konsep
  • Pendekatan Proses
  • Pendekatan Open – Ended
  • Pendekatan Saintific
  • Pendekatan Realistik
  • Pendekatan Sains, Teknologi dan Masyarakat

Berikut akan kami jelaskan lebih lanjut. Mulai dari proses pendekatannya hingga penjelasannya.

Pendekatan Kontekstual

Contextual Teaching and Learning (CTL) atau pendekatan kontekstual adalah konsep belajar yang membantu guru untuk menghubungkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa, serta mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga maupun masyarakat.

Dalam konteks ini siswa perlu memahami apa itu belajar, manfaat, dalam status apa mereka dan bagaimana mencapainya. Dengan demikian siswa nantinya akan menyadari bahwa yang mereka pelajari akan berguna untuk kehidupannya nanti. Selain itu juga membuat mereka memposisikan sebagai diri sendiri yang membutuhkan bekal yang bermanfaat untuk hidupnya nanti dan akan berusaha untuk mencapainya.

Pendekatan kontekstual dilakukan dengan melibatkan komponen-komponen pembelajaran yang efektif. Antara lain konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian sebenarnya.



Pendekatan Konstruktivisme

Pendekatan konstruktivisme adalah pendekatan dalam pembelajaran yang lebih menekankan pada tingkat kreativitas siswa dalam menyalurkan ide-ide baru yang bisa diperlukan bagi pengembangan diri siswa yang didasarkan pada pengetahuan.

Pendekatan konstruktivisme pada dasarnya sangat penting dalam peningkatan dan pengembangan pengetahuan yang dimiliki oleh siswa, yang berupa keterampilan dasar yang dibutuhkan dalam pengembangan diri siswa. Baik di dalam lingkungan sekolah maupun dalam lingkungan masyarakat.

Peran guru dalam pendekatan konstruktivisme sebatas pembimbing dan pengajar dalam kegiatan pembelajaran. Maka dari itu guru lebih mengutamakan keaktifan siswa. Selain itu guru juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyalurkan ide-ide baru yang sesuai dengan materi yang disajikan untuk meningkatkan kemampuan siswa.

Pada intinya pendekatan konstruktivisme lebih mengutamakan pengalaman langsung dan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Konstruktivisme menekankan kontribusi pembelajar dalam memberikan arti, serta belajar sesuatu lewat aktivitas individu dan sosial.

Pendekatan Deduktif

Deductive approach atau pendekatan deduktif adalah pendekatan yang memakai logika untuk menarik satu atau lebih kesimpulan (conclusion) berdasarkan suatu premis yang diberikan. Dalam sistem deduktif yang kompleks, peneliti bisa mengambil lebih dari satu kesimpulan. Metode ini sering digambarkan sebagai pengambilan kesimpulan dari sesuatu yang umum ke sesuatu yang khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *