Macam Macam Pendekatan Pembelajaran

Posted on

Pendekatan ilmiah atau Scientific Approach dalam pembelajaran seluruh mata pelajaran mencakup menggali informasi lewat pengamatan, bertanya, percobaan, lalu mengolah data atau informasi, menyajikan data atau informasi, dilanjutkan dengan menganalisis, menalar lalu menyimpulkan dan menciptakan.



Untuk mata pelajaran, materi atau situasi tertentu pendekatan ilmiah ini tidak selalu tepat jika diaplikasikan secara prosedural. Pada kondisi seperti itu proses pembelajaran tentu saja harus tetap menerapkan nilai-nilai atau sifat-sifat ilmiah untuk menghindari nilai-nilai atau sifat-sifat non ilmiah.

Pendekatan Realistik

Pendekatan realistik adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang berusaha menempatkan pendidikan pada hakiki dasar pendidikan itu sendiri. Menurut pendapat lain pendekatan realistik adalah pendekatan yang memakai masalah situasi dunia nyata atau suatu konsep sebagai titik tolak dalam belajar matematika.

Dalam pembelajaran ini, strategi-strategi informasi siswa berkembang saat mereka menyelesaikan masalah pada situasi-situasi biasa yang sudah dikenal. Keadaan ini dijadikan sebagai titik awal pembelajaran pendekatan realistik atau Realistic Mathematic Education (RME).

Pada pendekatan realistik ini guru berperan sebagai fasilitator, moderator atau evaluator. Sedangkan murid berpikir, mengkomunikasikan argumennya, mengklasifikasikan jawaban mereka dan melatih untuk saling menghargai strategi atau pendapat orang lain.

Pendekatan Sains, Teknologi dan Masyarakat

Pendekatan ini adalah gabungan antara pendekatan konsep, keterampilan proses, inkuiri dan diskoveri maupun pendekatan lingkungan. Sains Teknologi Masyarakat (STM) adalah pendekatan terpadu antara teknologi dan isu yang ada di masyarakat.



Tujuan pendekatan ini untuk membuat peserta didik mempunyai cukup bekal pengetahuan. Sehingga dapat mengambil keputusan penting mengenai masalah-masalah dalam masyarakat dan mengambil tindakan sehubungan dengan keputusan yang sudah diambil.

Filosofi yang mendasari pendekatan ini adalah pendekatan konstruktivisme. Yakni peserta didik membuat sendiri konsep-konsep di dalam struktur kognitifnya berdasarkan apa yang sudah mereka ketahui.

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai penjelasan tentang pendekatan pembelajaran. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.