×

Pengembangan Profesionalisme Guru

Posted on

Pengembangan Profesi Guru – Guru mempunyai peran penting dalam menghadirkan sumber daya manusia yang berkualitas. Oleh karenanya profesionalitas guru harus diawasi dan ditingkatkan supaya tetap berkompeten dalam menjawab kebutuhan masyarakat luat.

Menariknya masalah profesionalisme guru telah menjadi salah satu rekomendasi dari Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional klaster pendidikan. Disebutkan bahwa guru yang berkualitas setidaknya mempunyai empat kriteria utama, antara lain kemampuan profesional (professional capacity), upaya profesional (professional effort), waktu yang dicurahkan untuk kegiatan profesional (time devotion), dan imbalan atas hasil kerjanya (professional rent).

Ada banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengembangkan profesionalisme guru. Seperti peningkatan kualifikasi pendidikan, pelatihan-pelatihan hingga workshop-workshop. Selain itu pemerintah juga mengadakan program sertifikasi guru dan peningkatan kesejahteraan guru.



profeisonalisme guru

Tujuan Pengembangan Profesionalisme Guru

Pengembangan profesionalisme guru ditujukan untuk memenuhi tiga kebutuhan. Pertama kebutuhan sosial untuk meningkatkan kemampuan sistem pendidikan yang efisien dan manusiawi dan melakukan adaptasi untuk menyusun kebutuhan-kebutuhan sosial.

Berikutnya adalah kebutuhan untuk menemukan cara-cara untuk membantu staf pendidikan dalam rangka mengembangkan pribadinya secara luas. Sehingga tenaga pendidik bisa mengembangkan potensi sosial dan potensi akademik generasi muda dalam interaksinya dengan alam lingkungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *