Apa Itu Agama : Pengertian Secara Umum

Posted on

Bangsa Arab tidak semua terdiri oleh orang-orang Islam, tapi juga ada orang Kristen dan orang Yahudi. Beberapa buktinya adalah adanya perabadan Nabath yang didirikan oleh bangsa Arab beragama Kristen.



Ketiga agama di atas mempunyai latar belakang yang serupa dan bisa dibuktikan dari kitab agama Islam, kitab agama Kristen (Perjanjian Lama), ditulis dalam suatu rumpunan yang sama, yakni dari bahasa Semit. Salah satu isi perjanjian lama adalah kata “Tuhan” yang mempuyai arti sama dengan kata “Allah” yang dimaksud oleh kaum muslim.

Agama islam, Kristen dan Yahudi mempunyai gagasan dasar yang serupa, yaitu percaya kepada satu Tuhan (Monoteisme). Bangsa Semit memiliki pandangan yang linier terhadap sejarah, seperti garis lurus dimana garis tersebut merupakan lambang terciptanya dunia yang menjadi awal dari kehidupan dan kiamat sebagai akhir dari kehidupan.

Zaman sekarang kota Jerusalem menjadi kota yang penting bagi ketiga agama terebut. Hal ini juga menjadi bukti bahwa ketiga agama tersebut berasal dari asal yang sama. Di Jerusalem terdapat berbagai Sinagog (Yahudi), Masjid (Islam) dan juga Gereja (Kristen). (gpe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *