Apa Itu Analisis : Pengertian Menurut Para Ahli

Posted on

Analisis Menurut Para Ahli – Bagi Anda yang pernah atau sedang mengenyang dunia perkuliahan tentunya sudah tidak asing dengan istilah analisis. Hanya saja masih ada yang belum mengetahui apa itu analisis. Maka dari itu pada artikel ini kami akan menyampaikan materi seputar pengertian analisis.



Tentu saja tidak hanya sebatas membahas definisi analisis dan pengertian analisis menurut para ahli saja, namun juga mengupas fungsi dan tujuan analisis maupun penggunaan analisis dalam bisnis, bahasa hingga ilmu kesehatan.

Pengertian Analisis

Analisis adalah aktivitas yang terdiri dari sejumlah kegiatan, seperti membedakan, mengurai, memilah sesuatu untuk dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu dan setelahnya dicari kaitannya serta ditafsirkan maknanya.

Di samping itu definisi analisis juga bisa diuraikan sebagai usaha dalam mengamati sesuatu secara mendetail dengan cara menguraikan komponen-komponen pembentuknya atau menyusun komponen tersebut untuk dikaji lebih lanjut.

Selain itu juga ada yang mengartikan analisis sebagai kemampuan dalam memecahkan maupun menguraikan suatu materi atau informasi menjadi komponen-komponen yang lebih kecil. Dengan begitu informasi tersebut lebih mudah dijelaskan dan dimengerti.

Analisis banyak dipakai dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Mulai dari manajemen, ekonomi bisnis, akuntansi, pengetahuan sosial, ilmu bahasa, pengetahuan alam, dan bidang ilmu lainnya.

pengertian analisis

Baca juga: Contoh Analisis Jurnal

Pengertian Analisis Menurut Para Ahli

Beberapa ahli mengemukakan pendapat mengenai pengertian analisis. Pendapat-pendapat ini berbeda-beda namun tetap mempunyai makna yang serupa. Berikut pendapat ahli seputar definisi analisis.



Komaruddin

Komaruddin menyampaikan pendapat bahwa analisis merupakan aktivitas berpikir untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi komponen-komponen kecil, sehingga bisa mengenal tanda-tanda komponen, hubungan masing-masing komponen, dan fungsi setiap komponen dalam satu keseluruhan yang terpadu.

Wiradi

Pengertian analisis menurut Wiradi adalah aktivitas yang memuat kegiatan memilah, mengurai dan membedakan sesuatu yang kemudian dikelompokkan dan digolongkan menurut kriteria tertentu lalu dicari makna dan kaitannya masing-masing.

Dwi Prastowo Darminto

Pengertian analisis menurut pendapat Dwi Prastowo Darminto adalah penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri, serta hubungan antar bagian untuk mendapatkan pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan.



Robert J. Schreiter

Robert J. Schreiter memiliki pendapat bahwa analisis adalah “membaca” teks yang melokalisasikan berbagai tanda dan menempatkan tanda-tanda tersebut dalam interaksi yang dinamis, dan pesan-pesan yang disampaikan.

Minto Rahayu

Definisi analisis menurut Minto Rahayu adalah sebuah cara dalam membagi suatu subjek ke dalam komponen-komponen, mencakup melepaskan, menanggalkan, menguraikan sesuatu yang terikat padu.

Husein Umar

Analisis merupakan suatu proses kerja dari rangkaian tahapan pekerjaan sebelum riset, didokumentasikan dengan tahapan pembuatan laporan.

Efrey Liker

Menurut Efrey Liker analisis merupakan aktivitas dalam mengumpulkan bukti, guna menemukan sumber suatu masalah, yaitu akarnya.

Harahap

Menurut Harahap, analisis adalah memecahkan atau menguraikan suatu unit menjadi berbagai unit terkecil.

Gorys Keraf

Analisis menurut Gorys Keraf adalah sebuah proses untuk memecahkan sesuatu ke dalam bagian-bagian yang saling berkaitan satu sama lainnya.

Hanif Al Fatta

Analisis merupakan tahap awal dalam pengembangan sistem tahap fundamental yang sangat menentukan kualitas sistem informasi yang dikembangkan.

Peter Salim dan Yenni Salim

Dalam Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer karangan Peter Salim dan Yenni Salim (2002) mengartikan analisis sebagai berikut:

  • Analisis adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa (perbuatan, karangan dan sebagainya) untuk memperoleh fakta yang tepat (asal usul, sebab, penyebab sebenarnya, dan sebagainya).
  • Analisis merupakan penguraian pokok persoalan atas bagian-bagian, penelaahan bagian-bagian tersebut dan hubungan antar bagian untuk mendapatkan pengertian yang tepat dengan pemahaman secara keseluruhan.
  • Analisis merupakan penjabaran atau pembentangan sesuatu hal, dan sebagainya setelah ditelaah secara saksama.
  • Analisis adalah proses pemecahan masalah yang diawali dengan hipotesis (dugaan, dan sebagainya) hingga terbukti kebenarannya melalui beberapa kepastian (pengamatan, percobaan, dan sebagainya).
  • Analisis adalah proses pemecahan masalah (melalui akal) ke dalam bagian-bagiannya berdasarkan metode yang konsisten guna mencapai pengertian tentang prinsip-prinsip dasarnya.

Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (1996:779)

Analisis diartikan sebagai penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan, atau perbuatan) yang bertujuan untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab musabab, duduk perkaranya).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *