Apa Itu Analisis : Pengertian Menurut Para Ahli

Posted on

pengertian analisis

Menurut Harahap, analisis adalah memecahkan atau menguraikan suatu unit menjadi berbagai unit terkecil.

Gorys Keraf



Analisis menurut Gorys Keraf adalah sebuah proses untuk memecahkan sesuatu ke dalam bagian-bagian yang saling berkaitan satu sama lainnya.

Hanif Al Fatta

Analisis merupakan tahap awal dalam pengembangan sistem tahap fundamental yang sangat menentukan kualitas sistem informasi yang dikembangkan.

Peter Salim dan Yenni Salim

Dalam Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer karangan Peter Salim dan Yenni Salim (2002) mengartikan analisis sebagai berikut:

  • Analisis adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa (perbuatan, karangan dan sebagainya) untuk memperoleh fakta yang tepat (asal usul, sebab, penyebab sebenarnya, dan sebagainya).
  • Analisis merupakan penguraian pokok persoalan atas bagian-bagian, penelaahan bagian-bagian tersebut dan hubungan antar bagian untuk mendapatkan pengertian yang tepat dengan pemahaman secara keseluruhan.
  • Analisis merupakan penjabaran atau pembentangan sesuatu hal, dan sebagainya setelah ditelaah secara saksama.
  • Analisis adalah proses pemecahan masalah yang diawali dengan hipotesis (dugaan, dan sebagainya) hingga terbukti kebenarannya melalui beberapa kepastian (pengamatan, percobaan, dan sebagainya).
  • Analisis adalah proses pemecahan masalah (melalui akal) ke dalam bagian-bagiannya berdasarkan metode yang konsisten guna mencapai pengertian tentang prinsip-prinsip dasarnya.

Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (1996:779)

Analisis diartikan sebagai penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan, atau perbuatan) yang bertujuan untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab musabab, duduk perkaranya).

Kamus Akuntansi (2000:48)

Menurut kamus akutansi, analisis adalah melakukan evaluasi terhadap kondisi dari pos-pos atau ayat-ayat yang berkaitan dengan akuntansi dan alasan yang memungkinkan tentang perbedaan yang muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *