Apa Itu Aplikasi : Pengertian, Manfaat, Fungsi

Posted on

Aplikasi Adalah – Dalam dunia IT kita mengenal istilah aplikasi. Biasanya istilah merujuk pada program komputer atau smartphone. Akan tetapi sebenarnya arti aplikasi bisa lebih luas lagi. Bahkan ada sejarah panjang di balik aplikasi yang kita kenal saat ini.



Maka dari itu pada pembahasan ini kami akan membahas lebih jauh mengenai pengertian aplikasi. Tidak hanya sebatas pengertian umum dan definisi aplikasi menurut para ahli saja, namun juga akan dibahas sejarah aplikasi, fungsi aplikasi hingga jenis aplikasi yang lazim kita temui. Berikut pembahasan selengkapnya.

aplikasi adalah

Pengertian Aplikasi

Aplikasi merupakan suatu komponen penting dalam sebuah perangkat seperti komputer atau smartphone. Aplikasi bisa dikatakan merupakan software yang menjadi bagian daripada komputer maupun ponsel pintar yang kita pakai setia hari.

Di zaman modern seperti sekarang ini aplikasi menjadi bagian terpenting dalam perangkat tersebut. Aplikasi ini mempunyai peran penting di berbagai bidang. Mulai dari pendidikan, hiburan, bisnis dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, sebagian aplikasi juga bisa didapat dengan biaya murah, bahkan juga gratis.

Jika melihat definisinya, aplikasi adalah program siap pakai yang bisa dipakai untuk menjalankan suatu perintah dengan tujuan mendapatkan hasil yang akurat sesuai dengan tujuan pembuatan aplikasi tersebut. Selain itu aplikasi juga bisa diartikan sebagai pemecahan masalah yang memakai salah satu teknik pemrosesan data aplikasi yang mengacu pada sebuah komputansi yang diinginkan atau diharapkan ataupun pemrosesan data yang diharapkan.

Aplikasi berasal dari bahasa Inggris, ‘application’ yang merupakan kata benda dari ‘apply’ yang berarti pengolah. Secara istilah aplikasi komputer adalah suatu subkelas perangkat lunak yang memakai kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.

Dalam pengembangannya aplikasi dibedakan menjadi beberapa macam, yakni aplikasi desktop, aplikasi web dan aplikasi mobile. Aplikasi desktop merupakan aplikasi yang hanya bisa dijalankan pada komputer atau PC atau notebook.



Lalu aplikasi web merupakan suatu aplikasi yang hanya bisa dijalankan bila ada koneksi internet. Aplikasi ini dijalankan dengan bantuan browser atau aplikasi lain yang akan terhubung ke internet.

Sedangkan aplikasi mobile adalah aplikasi yang bisa dijalankan di perangkat mobile seperti smartphone atau ponsel pintar.

Kualitas dari sebuah aplikasi ditentukan dari beberapa faktor. Seperti bagaimana aplikasi tersebut bisa memenuhi kebutuhan penggunanya, respon instruksi dengan cepat, bisa berjalan di berbagai platform dan kebutuhan resource seperti prosesor, memori dan juga media penyimpanan yang rendah.

Selain definisi di atas, ada juga pengertian lain dari aplikasi. Yakni suatu perintah yang dieksekusi dalam memberikan petunjuk kerja dan fungsi yang diinginkan. Dimana struktur data tersebut memungkinkan program untuk memanipulasi informasi secara proporsional dan dokumen yang menggambarkan operasi dan kegunaan program.

Leave a Reply

Your email address will not be published.