Apa Itu Aplikasi : Pengertian, Manfaat, Fungsi

Posted on

pengertian aplikasi

Sedangkan aplikasi mobile adalah aplikasi yang bisa dijalankan di perangkat mobile seperti smartphone atau ponsel pintar.

Kualitas dari sebuah aplikasi ditentukan dari beberapa faktor. Seperti bagaimana aplikasi tersebut bisa memenuhi kebutuhan penggunanya, respon instruksi dengan cepat, bisa berjalan di berbagai platform dan kebutuhan resource seperti prosesor, memori dan juga media penyimpanan yang rendah.



Selain definisi di atas, ada juga pengertian lain dari aplikasi. Yakni suatu perintah yang dieksekusi dalam memberikan petunjuk kerja dan fungsi yang diinginkan. Dimana struktur data tersebut memungkinkan program untuk memanipulasi informasi secara proporsional dan dokumen yang menggambarkan operasi dan kegunaan program.

Beberapa contoh aplikasi atau software adalah program pengolah gambar, pengolah kata, lembar kerja, pemutar media dan lain sebagainya. Suatu aplikasi yang terdiri dari beberapa aplikasi disebut paket atau suite aplikasi (application suite).

Contohnya seperti Microsoft Office dan OpenOffice.org. Kedua aplikasi ini menggabungkan aplikasi pengolah kata, lembar kerja, pembuat lembar presentasi dan beberapa aplikasi lainnya dalam satu paket.

Biasanya aplikasi-aplikasi yang ditawarkan dalam satu paket mempunyai tampilan antarmuka yang mirip sehingga memudahkan pengguna untuk mengoperasikan aplikasi tersebut.

Baca juga: Aplikasi Kartu Pelajar

Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

Ada beberapa ahli yang mengemukakan pengertian aplikasi menurut para ahli. Anda bisa jadikan pendapat ini sebagai referensi untuk memperdalam ilmu mengenai arti aplikasi.

  • Jogiyanto

Aplikasi menurut Jogiyanto adalah penggunaan dalam suatu komputer, instruksi (instruction) atau pernyataan (statement) yang dibuat sedemikian rupa sehingga komputer dapat memproses input menjadi output.

  • Kamus Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Dalam KBBI, aplikasi diartikan sebagai penerapan dari rancang sistem untuk mengolah data yang menggunakan aturan atau ketentuan bahasa pemrograman tertentu. Selain itu aplikasi juga diartikan sebagai suatu program komputer yang dibuat untuk mengerjakan dan melaksanakan tugas khusus dari user (pengguna).

  • Wikipedia

Dalam situs Wikipedia, aplikasi merupakan suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.

  • Rachmad Hakim S.

Aplikasi adalah perangkat lunak yang dipakai untuk tujuan tertentu, seperti mengolah dokumen, mengatur Windows, permainan (game) dan sebagainya.

  • Harip Santoso

Aplikasi merupakan suatu kelompok file (form, class, report) yang tujuannya adalah untuk melakukan aktivitas tertentu yang saling terkait, misalnya aplikasi payroll, aplikasi fixed asset, dll.

  • Ibisa

Aplikasi adalah alat bantu untuk mempermudah dan mempercepat proses pekerjaan, bukan sebagai beban bagi penggunanya.

  • Hengky W. Pramana

Aplikasi adalah suatu unit perangkat lunak yang dibuat untuk melayani kebutuhan akan beberapa aktivitas, seperti sistem perniagaan, game atau permainan, pelayanan masyarakat, periklanan, atau semua proses yang hampir dilakukan manusia.

  • Hendrayudi

Aplikasi adalah kumpulan perintah program yang dibuat untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu.

  • Yuhefizar

Aplikasi adalah program yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam menjalankan pekerjaan tertentu.

  • Eko. I & Djokopran

Aplikasi adalah proses atau prosedur aliran data dalam infrastruktur teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan oleh para pengambil keputusan yang sesuai dengan jenjang dan kebutuhan (relevan).

  • Ali Zaki dan Smitdey Comunity

Aplikasi merupakan komponen yang bermanfaat sebagai media untuk menjalankan pengolahan data maupun berbagai kegiatan lainnya, seperti pembuatan atau pengolahan dokumen atau file.

  • Sri Widianti

Aplikasi adalah sebuah software atau perangkat lunak yang berfungsi sebagai front end pada sebuah sistem yang digunakan untuk mengolah berbagai macam data sehingga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat untuk penggunanya dan juga sistem yang berkaitan.

sejarah aplikasi

Baca juga: Perbedaan Software Dan Aplikasi

Sejarah Aplikasi

Aplikasi yang kita jumpai saat ini sebenarnya menyimpan sejarah yang panjang. Di awal kehadirannya aplikasi merupakan sebuah program sederhana, hingga pada akhirnya menjelma seperti yang kita ketahui saat ini.

Aplikasi sebenarnya bersumber dari Aljabar Booelan. Booelan memakai kode binary digit (bit) yang terdiri dari dua angka, yakni on yang berarti benar dan off yang brarti salah. Pemakaian kode binary digit ini membuat masyarakat pada saat itu menyusun beberapa kelompok bit yang terdiri dari 4 bit (nible), 8 bit (byte), 2 byte (word) dan 32 bit (double word).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *