Apa Itu Aplikasi : Pengertian, Manfaat, Fungsi

Posted on

pengertian aplikasi

Kelompok-kelompok tersebut membantu software komputer pada bermacam kegiatan. Seperti merakit beberapa kode menjadi struktur instruksi. Struktur instruksinya seperti operasi logika, penyimpanan, transfer hingga membentuk kode baru yang disebut sebagai Assembler. Kode itulah yang menjadi cikal bakal untuk membuat berbagai jenis aplikasi yang bisa dipakai untuk mempermudah kegiatan manusia.

Di dalam sejarahnya, aplikasi mengalami beberapa evolusi. Pertama adalah Era Pioner. Pada awalnya perangkat lunak terdiri dari sambungan kabel antar bagian di komputer, cara lain untuk mengakses komputer dengan punched card (kartu yang dilubangi). Pemakaian komputer dilakukan dalam suatu program dengan sebuah mesin dan tujuan tertentu secara langsung.



Pada masa tersebut perangkat lunak menjadi satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Yang dihasilkan dari penggunaan komputer yang dilakukan secara langsung adalah print out. Proses yang dilakukan komputer terdiri dari sejumlah baris instruksi yang berurutan.

Era selanjutnya adalah Era Stabil, dimana penggunaan komputer berkembang lebih pesat, khususnya pada perusahaan dan industri. Beberapa baris perintah dijalankan secara multitasking atau serempak. Dalam era ini dikenal dengan sistem basis data yang menjadi pemisah antara data dengan program.

Pada era ini aplikasi komputer sudah mengalami kemajuan yang cukup pesat. Baris-baris perintah aplikasi komputer yang dioperasikan oleh komputer tidak lagi satu per satu, namun sudah bisa melakukan banyak proses secara bersamaan atau multi tasking. Aplikasi pada era stabil juga dapat menyelesaikan banyak pengguna atau multi user dan cepat atau langsung (real time).

Setelah Era Stabil ada Era Mikro. Dalam era ini perangkat lunak dibedakan menjadi beberapa macam. seperti aplikasi sistem (Windows, Machintosh, Lunux dan lain-lain), software aplikasi (Ms. Office, Corel, Adobe, dan sebagainya), serta bahasa pemrograman atau language software (Assembler, Delphi, Visual Basic dan lain-lain).

Era terakhir adalah Era Modern. Di mana pada era ini tidak hanya terciptanya suatu super computer yang memiliki 25 prosesor saja, namun juga perangkat lunak yang tersebar merata di berbagai tempat. Kini PC dapat disinkronkan dengan perangkat genggam. Beberapa aplikasi juga bisa dioperasikan di ponsel dengan sistem operasi Android, iOS dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *