Apa Itu Artikel : Pengertian, Jenis Dan Contoh

Posted on

Penulis artikel bisa dibagi menjadi beberapa macam. antara lain penulis artikel buku, artikel berita, artikel marketing, penulis artikel online, artikel narasi hingga penulis artikel naskah.



Ciri-Ciri Artikel

Artikel harus memiliki beberapa unsur, meliputi kata, kalimat, gaya bahasa dan isi. Unsur-unsur yang ada akan membentuk karakteristik artikel. Ada beberapa ciri-ciri artikel yang bisa kita amati, antara lain:

  • Isi artikel harus berdasarkan pada fakta yang benar-benar terjadi dan dapat dipertanggungjawabkan.
  • Menggunakan metode penulisan yang tepat dan sistematis agar informasi mudah diterima oleh pembaca.
  • Memiliki sifat faktual dan informatif berdasarkan riset dan hasil penelitian yang telah dilakukan.
  • Bahasa dan kata yang digunakan bersifat resmi dan baku.
  • Dapat mengandung opini dan analisa pemikiran, namun tetap harus dilandasi data dan teori yang valid.
  • Menggunakan ragam kalimat yang lugas, logis,¬†denotatif dan efektif.

jenis artikel

Jenis Artikel

Seperti yang disinggung di atas, artikel terbagi menjadi 5 jenis. Diantaranya narasi, deskripsi, persuasi, argumentasi dan eksposisi. Untuk lebih jelasnya berikut adalah penjelasan masing-masing jenis artikel tersebut.

  • Narasi

Artikel narasi merupakan jenis artikel yang isinya menceritakan tentang rangkaian peristiwa secara sistematis, mulai dari awal, tengah hingga akhir. Di dalam narasi terdapat tokoh, konflik dan juga penyelesaian. Contoh dari artikel narasi adalah autobiografi, biografi dan kisah pengalaman.

  • Deskripsi

Sesuai dengan namanya, artikel deskripsi adalah jenis artikel berupa karangan yang menggambarkan mengenai suatu hal kepada pembaca, sehingga pembaca seolah-olah bisa merasakan, melihat dan mendengar isi dari deskripsi tersebut.

  • Eksposisi

Artikel eksposisi merupakan jenis artikel yang isinya menjelaskan atau memberikan informasi tentang suatu topik yang tujuannya untuk menambah wawasan pembacanya. Artikel eksposisi umumnya dilengkapi dengan gambar, grafik dan informasi pendukung lainnya.

  • Argumentasi

Artikel argumentasi merupakan suatu karangan yang dibuat untuk membuktikan kebenaran mengenai suatu pendapat dengan menyajikan fakta atau data sebagai alasan. Di dalam artikel ini umumnya terdapat unsur opini dan data, serta fakta yang menjadi pendukung opini.



  • Persuasi

Artikel persuasi merupakan artikel yang isinya bertujuan untuk mempengaruhi pembaca, sehingga bersedia melakukan sesuatu yang disarankan oleh penulis dalam karangannya. Artikel ini biasanya digunakan dalam kampanye-kampanye. Contohnya kampanye anti narkoba yang berisi mengenai bahaya narkoba.

Struktur Artikel

Artikel memiliki struktur yang baku. Seperti pembukaan, leher artikel, tubuh atau isi artikel dan juga penutup artikel. Masing-masing bagian ini memuat karakteristik atau ketentuan yang berbeda-beda.

  • Pembukaan Artikel

Dalam menulis pertama pastinya kita perlu membuat alinea pertama. Dalam pembuka artikel harus terdiri dari prolog, lead dan intro. Bagian pembukaan ini bisa berisi mengenai uraian, kutipan, rangkaian kejadian ataupun peristiwa yang akan dibahas dalam isi artikel.

  • Leher Artikel

Sesudah pembukaan, berikutnya ada leher artikel. Di bagian ini menjelaskan hubungan dari pembuka, yakni isi materi yang akan dijadikan dalam artikel. Bagian ini menjadi penghubung antara kepala dan isi artikel.

  • Tubuh/Isi Artikel

Isi artikel menjadi bagian yang sangat penting dalam proses penulisan. Sebab dalam bagian ini penulis menguraikan seluruh permasalahan atau juga sering disebut dengan istilah eksplanasi. Pengungkapan permasalahan ini jangan sampai keluar dari topik dan harus fokus atau tetap pada tujuan.

  • Penutup Artikel

Setelah seluruh materi tertulis dan seluruh masalah selesai dijelaskan, maka bagian terakhir adalah penutup. Dalam bagian ini biasanya terdiri dari kalimat pengunci, yakni rangkuman dari semua materi dan pembahasan secara singkat dan jelas.



manfaat artikel

Tujuan dan Manfaat Artikel

Artikel dibuat bukan tanpa tujuan dan manfaat. Pembuatan dan publikasi artikel memberikan manfaat tertentu bagi penulis dan juga pembacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.